8 Tips Mudah Mengatasi Kamera Error di Android

Tips Android/iOS - droidxperia - Oct 14, 2014


    [​IMG]

    Haloo pembacaa setia playtoko! Masih setia untuk #ngandroid? Kali ini saya akan kembali menebarkan tips maupun solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam sistem operasi Android , mulai dari yang simpel hingga kelas berat. Android memang sistem operasi mobile yang cuku sempurna dibandingkan para kompeitornya. Namun bukan berarti Android tak luput dari kekurangan. Beberapa bugs bawaan terkadang menggaggu penggunanya untuk memaksimalkan fungsi Android secara penuh.

    Permasalahan yang akan saya bahasi disini adaah notifikasi eror Camera Failed " error messagehandler.handlemessage(-1)" atau Peringatan! Kamera gagal, dst. Pernah mengalaminya? Menurut penelusuran saya selama ini, beberapa smartphone Android low-end sering mengalaminya. Namun bukan berarti smartphone android high-end bebas dari "penyakit" ini. Lalu dimanakah letak permasalahan utamanya? Saya pribadi belum bisa memastikan penyebab dari masalah ini, apakah dari software atau dari hardware (bisa jadi akibat salah satunya). Dan kenapa sering terjadi pada ponsel Samsung Galaxy? Menurut saya pribadi bukan karena cacat produk atau sebagainya karena hal ini juga terjadi pada ponsel Android merk lain. Alasan kenapa banyak pengguna Samsung yang melaporkan, menurut saya hanya karena populasi Android Samsung yang paling banyak.

    Beberapa point dibawah adalah cara mengatasinya dan berhasil bagi sebagian orang namun ada juga yang masih error. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dicoba, dimulai dari yang paling mudah terlebih dahulu.

    1. Coba Matikan Dulu Ponselnya..

    Terkadang masalah kamera error messagehandler.handlemessage(-1) bisa diatasi dengan hanya mematikan ponselnya terlebih dahulu. Ketika ponsel telah mati, coba lepas baterainya (kalau bisa dilepas) lalu tunggu selama dua menit, setelah itu baru nyalakan lagi ponselnya. Cara yang cukup simpel, bukan??

    2. Install Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

    Masalah ini bisa juga disebabkan oleh rusaknya aplikasi kamera bawaan. Untuk mengatasinya bisa dengan cara menginstall aplikasi kamera buatan pihak ketiga, misalnya Camera 360, Fx Cam, dll. Aplikasi ini bisa diunduh / di download melalui Google Play Store. Toh, aplikasi kamera dari pihak ketiga memiliki banyak fungsionalitas ketimbag aplikasi kamera bawaan.

    3. Tekan Kamera

    Munculnya tulisan error messagehandler.handlemessage(-1) disebabkan akibat ponsel terjatuh, bisa juga karena ponsel sering terguncang (misalnya sering diletakkan diatas dashboard mobil / di dalam tas) atau bisa juga karena sering tertekan misalnya akibat dimasukkan ke dalam kantong celana yang terlalu ketat.

    Akibatnya sensor kamera seperti terputus atau tidak terkoneksi dengan ponsel (permasalahan hardware). Untuk mengatasinya bisa dicoba dengan cara membuka casing belakang ponsel lalu coba tekan atau gerak-gerakkan lensa kameranya, tapi jangan terlalu keras karena bisa malah memperparah kondisi. Sudah ada yang mencoba cara ini dan berhasil. Sekarang giliran kamu yang membuktikannya..

    4. Hapus Isi Folder DCIM pada Memori Telepon dan SD Card

    [​IMG]

    Kamua bisa mencoba untuk menghapus semua isi folder DCIM pada memori telepon dan SD card. Ingat! sebelum dihapus, backup atau simpan dulu foto-foto yang penting di lokasi atau di folder yang lain. Setelah semuanya dihapus, buat folder baru dengan nama “Camera”. Untuk cara hapus dan membuat folder di Android bisa menggunakan aplikasi file manager.

    5. Factory Reset

    Factory Reset adalah menghapus semua data-data dan aplikasi yang tersimpan di telepon dan mengembalikan kondisi ponsel seperti ke awal lagi. Apabila permasalahan kamera rusaknya akibat software, maka biasanya bisa diatasi dengan Factory Reset. Untuk melakukan Factory Reset, kamu bisa buka menu Setting - Backup & Reset -Factory Data Reset.

    6. Wipe Cache dan Dalvik Cache
    Untuk melakukan wipe cache dan dalvik cache dilakukan melalui recovery mode. Recovery Mode bisa diakses dengan kombinasi tombol yang berbeda di tiap serinya. Googling aja dan sesuaikan dengan tipe gadget Android yang kamu pakai.
    7. Upgrade Firmware

    Udah Factory Reset dan WipeData/Cache, tapi eror messagehandler.handlemessage(-1) masih muncul? Coba untuk upgrade firmware (sistem operasi /pada Android sering disebut ROM) gadget ke versi yang lebih baru. Untuk cara upgrade firmwarenya bisa berbeda-beda tiap ponsel / tablet Android. Biasanya tutorial caranya bisa ditemukan di forum-forum Android.

    8. Bongkar Ponselnya

    Seperti disebutkan sebelumnya, kondisi ini bisa disebabkan akibat koneksi antara kamera dengan papan PCB ponsel yang bermasalah. Bila Anda memiliki kemampuan untuk membongkar ponsel, Anda bisa melepas lensa kameranya, membersihkannya lalu memasangnya lagi dan pastikan posisinya benar dan sejajar.

    Apabila semua cara diatas sudah dilakukan dan ternyata belum bisa mengatasi kamera yang rusak pada Android Anda, maka mau tidak mau Anda harus membawa ponselnya ke service center untuk diperiksa. Tapi nggak ada salahnya untuk mencoba 8 tips di atas kan? Semogaa berhasill!


    tips, mudah, mengatasi, kamera, error, failed, android, gadget, smartphone, reset, wipe cache, wipe data, servce, dcim, camera360

Share This Page