Cara Mudah Mencegah Ancaman Bug Meltdown dan Spectre di Android

Game News - droidunj - Jan 8, 2018

  1. Bugs Meltdown dan Spectre yg berbahaya ini mulai meyerang perangkat mobile, termasuk Android dan iOS. Gimana cara mengatasinya? Yuk simak caranya di sini!

    [​IMG]

    Isu keamanan privasi data emang lagi jadi perhatian banyak kalangan di dunia. Termasuk saat memasuki tahun 2018 ini, ditemukannya bug yang bisa berakibat fatal pada prosesor keluaran Intel, AMD dan ARM. Yaps, bug Meltdown dan Spectre ini ternyata bisa bocorin data yg tersimpan dalam program inti sistem operasi. Lalu gimana detail spesifik tentang kedua bugs berbahaya ini?

    Kemudian apakah ada cara mencegahnya? Simak selengkapnya pada artikel berikut.

    Waspada Bug Meltdown dan Spectre! Begini Cara Mencegahnya di Android

    Dilansir dari Reuters, bug Meltdown dan Spectre pertama kali diketahui oleh Daniel Gruss, ahli keamanan di Google. Diketahui juga kedua bug ini mengancam seluruh perangkat yang menggunakan chipset bahkan hingga dua dekade ke belakang.

    Apa Sebenarnya Bug Meltdown dan Spectre?

    [​IMG]

    Yaps, kedua bug ini emang dinilai berbahaya terutama untuk kemanan data dan juga privasi. e meltdown serang gadget berbasis Intel sementara bug Spectre akan serang prosesro apapun, mulai dari INtel, AMD dan ARM dalam 10 tahun terakhir ini.

    Terus apa bahayanya untuk perangkat android?? Yaps perangkat Android pada umumnya pake prossesor berbasis ARM sangat rentan terserang bug ini, terutama Spectre. Meskipun Google udah akali perangkatnya aman, tapi mereka belom bisa memastikan.

    Kabarnya yang rentan terinfeksi adalah Cortex A73 yang terdapat pada prosesor flagship Snapdragon 835. Hal yang sama kemungkinan juga terjadi pada Snapdragon 810 yang menggunakan Cortex A57 loh. Gimana cara mencegahnya?

    Inilah 3 Cara Mencegah Bug Meltdown dan Spectre di Android dengan Mudah

    Dilansir dari Gadgethacks, ada beberapa langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk mencegah bug Meltdown dan Specter di Android. Berikut 3 di antaranya.

    1. Selalu Update dan Install Patch Keamanan Terbaru

    [​IMG]

    Nah langkah paling mudah yang bisa kmau lakukan tentu untuk selalu update software di android dengan patch keamanan yg paling baru. Tiap brand smartphone tentu sediakan dalam jangka waktu tertentu. Nah untuk mellakukan ini, kamu bisa akses laman System Update pada menu Settings. Oiyaa kamu juga bisa ngecek ada nggaknya pe.embaruan pada aplikasi Updater yg tersedia.

    2. Hati-Hati Terhadap Aplikasi yang Kamu Install

    [​IMG]


    Kedua, kamu juga mesti hati2 terhadap apps yg kamu install di smartphone android. Pastiin juga kamu pake app yg tersedia resmi di Google Play Store Pasalnya Google sendiri telah menerapkan Google Play Protect untuk melindungi penggunanya. Walaupun begitu, kamu juga wajib memilah mana aplikasi yang asli dan palsu ya.

    3. Segera Ganti Perangkat Lawas

    [​IMG]


    And the last .... kalo kamu masih pake smartphone android lama ada baiknya untuk segera mengganti ke gadget yg lebih baru. Karena beberapa brand juga hentikan update untuk beberapa perangkat yg sudah cukup berumur. Nah dengan begini pun kamu nggak perlu mengkhawatirkan keamanan data dan privasi, karena masih mendapatkan update dan patch keamanan terbaru loh.


Share This Page