Cara Mudah Menjadikan MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal di Android

Game News - droidunj - May 2, 2017

  1. Tau gak sih, microSD ternyata bisa disulap jadi penyimpanan internal lho buat Android. Gimana caranya?

    [​IMG]

    Penting ga sih microSD untuk smartphone? emang sih harus diakui kartu memori bisa jadi juru selamat untuk pengguna smartphone yang kkapasitas storage-nya pas-pasan. Berguna banget buat nyimpen foto, video dan lagu. namun sayang, cuma sedikit aplikasi yang bisa dipindah ke kartu memori. Tenangg aja gaes, kali ini mimin akan ngasi tau kamu giimana caranya menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan internal pada smartphone Android kesayangan kamu. Yuk simak!

    Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

    Kalo smartphone kamu udah menjalankan Android Marshmallow 6.0, kamu bisa kok mengubah kartu memori sebagai penyimpanan internal. Ini caranya!

    [​IMG]


    Fitur Adoptable Storage

    Fitur keren ini bisa kamu manfaatkan di Android Marshmallow 6..0 dimana kamu bisa mengubah fungsi kartu memori menjadi penyimpanan internal. Sebelomnya emang udah ada sejummlah metode untuk melakukan tugas serupa.. Tapi gak mudah untuk diterapkan.

    Kartu Micro SD Lambat

    Beberapa vendor smartphone menolak untuk menyematkan slot microSD dengan dalih kartu memori itu llambat.. Sehngga bakal menurunkan user experience.

    Tapii hal ini ada benernya juga, makanya pastiin kartu microSD yang kamu pake itu berkualitas. Gak cuma besar kapasitasnya tapi juga perhatiin kecepata baca dan tulisnya.

    Pastiin juga asli, ada harga ada rupa. Kalo kamu pake kartu microSD yang abal, pastiin performa smartphone kamu menurun dari waktu ke waktu.

    Selain itu, menjadikan kartu microSD sebagai memori internal juga artinya kamu tidak bisa sembarangan mencopotnya lagi. Harus melalui prosedur yang ada, jika tidak media penyimpanan kamu bisa saja rusak.


    Cara Menjadikan MicroSD Sebagai Memori Internal

    Udah siapin kartu SD yang berkualitas? Pastiin kamu udah backup datt2 kamu di dalamnya karena prosesnya akan memformat kartu SD.

    Namun... meskipun adoptable storage ini adalah fitur bawaan Android Marshmallow 6.0, produsen hape bisa aja menonaktifkan fitur tsb lho. nah begini caranya.

    • Masukkan kartu microSD ke dalam smartphone Android kamu.
    • Setelah terdeteksi, buka "Settings". [​IMG]
    • Scroll ke bawah dan klik Storage [​IMG]
    • Pilih kartu microSD kamu dan klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar. Lalu, klik "Storage settings".
    • Lanjutt, pilih Format as Internal [​IMG]
    • Kamu bakal diberi peringatan dan konfirmasi dengan klik "Erase & Format" dan klik OK untuk melanjutkan. [​IMG]
    Nah begitulah cara jadiin kartu memori sebagai penyimpanan internal android kamu. Kini memori penyimpanan internal kamu nambah dan jadi makin leluasa menginstalasi berbagai aplkasi dan game.

    Kamu bisa menjadikan kartu microSD sebagai media penyimpanan portable dengan mengikuti langkah di atas. Bedanya, pilih opsi "Format as portable". Selamat mencoba ya.


Share This Page