Clash of Clans vs. DomiNations: Mana yang Lebih Keren?

Game News - achmadfaizal - Apr 21, 2015

  1. Playtoko.com - Game MMO Strategi seperti Clash of Clans terbukti laku keras di kalangan mobile gamer. Bagaimana jika ada pesaing baru yang berpotensi kuat seperti DomiNations? Perdebatan seru antara Fantasi vs. Realita!

    [​IMG]
    Fantasi vs. Realita?

    Pola pasar game mobile beberapa tahun belakangan ini memang susah-susah gampang untuk ditebak. Kalau dilihat dari segi ketersediaannya, sudah jelas game free-to-play atau game gratis dengan penawaran konten berbayar di dalam game masih jauh mengungguli pangsa game mobile berbayar. Kemudian jika dilihat dari segi ukuran, game yang tergolong berukuran lebih kecil (< 100MB-an) biasanya cenderung lebih diminati daripada yang lebih besar dari ukuran tersebut.

    Tapi kalau hanya dilihat dari patokan-patokan itu saja rasanya belum cukup. Bagaimana dengan gameplay-nya? Kualitas grafis dan suaranya? Dan apakah komunitasnya kira-kira akan berkembang dengan baik?

    Seru banget rasanya memperdebatkan hal ini apalagi jika kita membandingkan dua game mobile dengan jenis yang serupa tapi tak sama, yaitu Clash of Clans (CoC), yang tidak pernah turun dari peringkat nomor satu, dan DomiNations (DN), si pendatang baru dengan rasa yang serupa.


    Grafis dan desain
    Biasanya kita akan membandingkan 2 hal dengan apa yang kita lihat langsung dengan kedua mata kita, maka sama juga dengan kasus ini, mari kita lihat dari segi desain dan grafisnya.

    Keduanya masing-masing memiliki tingkat kualitas grafis yang setara, kemasan 3 dimensi dengan detil sprite yang terlihat seperti 2 dimensi sehingga hanya menghasilkan kualitas setara standard definition. Sejauh ini tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah.

    Kemudian mari kita berlanjut ke sisi desainnya. Seperti yang telah sama-sama kita ketahui, di Clash of Clans semua bangunan dan pasukan memiliki desain yang sama. Hal yang akan membedakan dari satu pemain dengan pemain lainnya disebabkan karena level yang berbeda. Sedangkan DomiNations yang memiliki akar warisan dari game Civilization dan Age of Empires memiliki desain yang lebih beragam berkat konten-konten di bawah ini:
    • World Wonders, atau dengan kata lain bangunan ‘keajaiban dunia’ yang bisa dipilih setiap kali berubah zaman dari hasil upgrade Town Center. Bisa dipilih satu dari empat pilihan dan nantinya bangunan ini akan mempengaruhi performa permainanmu (bonus damage dari serangan pasukan, atau bonus hasil loot yang lebih melimpah, dll.);
    • 7 Bangsa yang bisa dipilih dan tidak bisa diubah lagi. Setelah terbangun menjadi satu bangsa, maka desain keseluruhan base kamu akan berubah dan juga akan mendapatkan keuntungan tersendiri (seperti World Wonders);
    • Jalanan adalah satu-satunya jenis tata desa yang tidak dimiliki Clash of Clans. Tentunya pembangunan jalanan membuat kesan yang lebih hidup dan realistis di DomiNations.

    Sisanya untuk nama bangunan dan kegunaannya kurang-lebih sama, hanya nama dan, tentunya, desainnya yang berbeda. Semuanya kembali ke pilihan dan seleramu sendiri, apa kamu lebih suka desain game penuh fantasi (CoC) atau yang lebih realistis seperti penggambaran sejarah (DN)?

    [​IMG]
    Desain base yang sudah tidak asing lagi di matamu


    Gameplay saat menyerang
    Hal selanjutnya yang saya rasa perlu dibandingkan adalah bagaimana masing-masing game mobile bergenre strategi ini merancang gameplay utamanya yang kedua, yaitu saat menyerang. Gameplay utama yang pertama tentunya adalah dalam sistem penataan base sebagai basis pertahanan untuk gameplay MMO strategi seperti ini. Dan jika kita lihat dan rasakan, keduanya sama saja, tidak ada bedanya. Namun beberapa orang berpendapat bahwa DN lah yang mengikuti jejak CoC. Well, terlepas dari anggapan tersebut, saya rasa sudah sewajarnya kemasan game MMO strategi dibuat seperti itu.

    Maka berlanjut pada gameplay saat menyerang, ada 2 hal yang perlu diperhatikan. Yakni pada saat menyerang base musuh di mode campaign dan pada saat menyerang pemain lain di mode multiplayer.

    Kalau di CoC, bisa dibilang musuh utamamu adalah para Goblin hijau. Dari stage awal pada mode permainan ini hingga stage akhir, hanya Goblin lah musuhmu. Tidak ada sisi alur kisah yang ditonjolkan di dalamnya. Sedangkan di DN, kamu akan mengikuti perjalanan sejarah (meskipun tidak ada narasi jalan cerita), tapi setidaknya ada nama-nama yang tidak asing di sejarah nyata kehidupan kita seperti Babylonia dan Ur yang bisa kita serang. Maka sama seperti segi desain, hal ini kembali ke selera kamu masing-masing lebih suka yang mana.

    Kemudian gameplay pada saat menyerang musuh, di CoC kamu tidak bisa mengarahkan arah jalan dan arah serang pasukanmu. Setelah melepaskan pasukan, maka mereka akan bergerak sesuka hati dengan karakteristik tersendiri (Giant yang cenderung menyerang bangunan pertahanan lebih dahulu, Wall Breaker yang sudah pasti mengincar tembok). Sebenarnya sama saja seperti DN, tapi di DN kamu memiliki kesempatan lebih untuk mengarahkan serangan mereka yang dapat digunakan berulang kali. Kurang-lebih sama seperti fungsi Flare di dalam game Boom Beach .

    Untuk pendapat pribadi, tentunya saya lebih menyukai gameplay DomiNations yang lebih beragam saat menyerang base lawan baik di mode campaign maupun multiplayer. Bagaimana pendapatmu dengan hal ini?

    [​IMG]
    Si lingkaran merah untuk mengarahkan serangan bisa digunakan lagi setelah menunggu beberapa detik


    Aktivitas lain di dalam game
    Last but not least, hal terakhir yang perlu dilirik adalah aktivitas lain yang dapat kita lakukan sebagai pemain yang sedang idle. Idle di sini maksudnya adalah hanya membuka game namun tidak berniat untuk menyerang pemain lain di mode multiplayer karena sayang jika harus menurunkan Shield (CoC) / Peace Treaty (DN).

    Di Clash of Clans, jika kamu beruntung dan jika kamu rajin membersihkan objek-objek pengganggu (batu, pohon, semak-semak), kamu bisa saja mendapatkan Gem Box gratisan yang berisikan sejumlah Gems dengan angka yang acak. Sedangkan di DomiNations, ada banyak hal lainnya yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

    • Berburu, bercocok tanam, bertambang untuk menambah pemasukan Gold dan Food dengan objek-objek yang tersedia (rusa, kelinci, tambang, pepohonan berbuah) saat kamu bermain. Dan tentunya hal ini kembali membuat game terasa lebih realistis;
    • Perluasan wilayah jika masih ada hutan belantara yang membatasi luasnya negerimu (base). Bahkan jika sudah menebang hutan, kamu bisa dapatkan objek produktif lebih banyak lagi.

    Mungkin kamu akan berpikir bahwa saya sudah biased atau lebih cenderung mengatakan bahwa DomiNations jauh lebih keren… tidak juga. Clash of Clans yang sudah lama bertahan lebih membuktikan bahwa kualitasnya tidak pernah memudar. Satu hal yang membuatnya begitu kuat, saya rasa, adalah berkat perkembangan komunitasnya yang stabil diikuti dengan pemainnya yang masih sangat loyal. Seluruh sistem sosial di CoC memang patut diacungi dua jempol dan wajar saja jika ditiru oleh developer lainnya.

    Namun saya rasa DomiNations pun belum kalah saing. Selain komunitasnya yang belum berkembang besar, ada satu hal yang perlu kamu ingat dari game ini, yaitu Zaman Luar Angkasa! Rasa penasaran seperti apa jadinya jika para pemain DN sudah banyak dan mencapai tahap zaman luar angkasa yang membuat saya tidak bisa meninggalkan game tersebut.

    Selagi menunggu waktu yang hanya dapat menjawab pertanyaan utama artikel ini, Clash of Clans atau DomiNations yang kamu rasa masih dapat bertahan hingga 3 tahun mendatang?

    Baca juga:


    dominations, clash of clans, strategi, mmo strategi, game mobile, android, ios, game android, game ios, game gratis, supercell, nexon, big huge games, boom beach, age of empires, civilization

Share This Page