Indie Corner, Kategori Baru di Google Play Store Khusus untuk Game Indie!

Game News - droidunj - May 30, 2016

  1. Frustasi game indie-mu gak pernah dilihat di Play Store? Google punya solusinya buat kamu!

    [​IMG]

    Kamu seorang developer game mobile dan karyamu belum banyak yang tahu? Seorang developer new comer seperti kamu ada banyak di dunia ini dan mempunyai satu masalah utama yang sama setelah mereka berhasil menyelesaikan game buatannya dan merilis game tersebut ke pasar aplikasi yaitu discoverability. Apa itu? Yaitu kemudahan untuk ditemukan gamer. Nah kalo dev indie gak punya biaya marketing yang jor-joran apalagi gamenya gak terlalu viral, maka game tersebut bakal terus tenggelam tertindih aplikasi dan game yang lebih baru lagi. Pasti itu akan terjadi karena setiap harinya mungkin bakal ada puluhan bahka ratusan aplikasi terbaru yang masuk di Play Store.

    Memahami hal itu dan sering dkeluhkan bagi developer baru, Google kini punya solusinya. Bulan Mei ini mereka luncurka satu kategoori baru di Play Store dengan judul Indie Comer. Yap, sesuai namanya, Indie Comer adalah kategoori baru yang akan menampung dan mempromosikan game-game yang dikembangkan oleh developer indie. Harapannya, game-game inovatif dari para aliran indie gak langsung tenggelam padahal karya-karya mereka ada yang bagus dan bukan tidak mungkin dilewatkan oleh para gamer sejati yang bosan dengan genre game casual yang terlalu biasa untuk sekarang ini.

    [​IMG]


    Google baru saja mengmumkan kategori ini di ajang Google I/O pada awal Mei lalu. Lalu, apa yang masuk kategori indie menurut Google? Perusahaan pembuat game tersebut harus kecil, kata Joshua Cruz, seorang juru bicara dari Google Play. Tim developer indie terdiri dair 15 orang dan tipe game tersbeut haruslah kreatif dengan gaya yang berbeda. Apa kamu masuk kriteria?

    Gak sembarangan kan untuk bisa masuk kategori Indie Corner ini? Google juga sudah menyiapkan satu form khusus yang bisa digunakan utnuk mendaftarkan game indie-nya tersebut. Syarat lainnya adalah game tersebut gak boleh dirilis di Play Store lebih lambat dibandingkan platform lain semisal iOS. Stau lagi, kamu juga harus siap megintegrasikakan beberapa servis dari Google Play kayak Google Play Games dan Player Analytics.

    [​IMG]

    Lalu apa kategori Indie Corner ini hanya menampilkan game baru aja? Gak juga! Ada kok game yang udah riiis di Play Store duluan dan ikut nampang di kategori ini. Syaratnya? Game tersebut dapat rating yag tinggi atau sama dengan 3.9 dari para pemain. Nah gimana, apa tim developer dan game mobilemu sudah memenuhi persyaratan dari Google ini? Kalo IYA, langsung aja daftarkan game kamu lewat Google Form. Silakan kunjungi laman berikut ini


Share This Page