Inilah Penyebab Kenapa Hape Android Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Game News - droidunj - Jun 8, 2017

  1. Hape Android kamu cepet panas? Yukk cari tau alasan kenapa bisa panas dan cara mengatasinya supaya gak cepat rusak!

    [​IMG]

    Overheat di hape Android adalah suatu kondisi dimana hape Android yang kamu miliki mengeluarkan panas berlebih sehingga bisa terasa pas digenggam. Nah hal kaya gni tuuh sering banget terjadi dan kayaknya hampir semua pengguna Android pernah merasakannya.

    Lalu, apa yang menyebabkan hape Android jadi overheat? Jadi ini beberapa hal yang menyebabkannya, cekidott!

    Penyebab Smartphone Android Menjadi Overheat

    1. Overcharging


    [​IMG]

    Overcharging bisa dibilang kondisi yg terjadi pada baterai hape kamu kalo kamu meninggalkan hape Android kalian dalam kondisi charging secara berlebihan

    Misalnya ppas nnggalin hape android kamu dalam kondisi charging sebelum tidur .Tentu hal ini akan bikin hape Android kamu menerima listrik yang berlebih dan akan merambat ke bagian smartphone yang terbuat dari bahan penghantar panas

    2. Bermain Game Berlebihan

    [​IMG]

    saat kamu lagi main game, tentu ada beberapa kompone dalam hape NAdroid kamu kayak CPU, GPU dan RAM yg akan bekerja secara bersamaan dengan porsi yg lebih besar. emang si kalo cuma beberapa menit aja, kamu ga akan begitu merasakan peningkatan panas. Tapi kalo udah main selama 1 jam atau lebih pasti kamu akan merasakan panas yg merambat di seluruh permukaan bodi


    3. Multitasking Aplikasi

    [​IMG]

    Selain main game, membuka beberapa aplikasi sekaligus terutama yg butuh online juga menjadi faktor lain yg menyebabkan hape Androd kamu jadi cepet panas. Kalo kegiatan main game akan memberikan beban lebih besar pada GPU sehingga menghasilkan panas berlebih,maka membuka berbagai aplikasi sekaliigus akan meemberikan beban kerja yg lebih besar pada CPU. Seperti yyg kita ketahui bersama, makin berat pekerjaan yg dilakukan suatu mesin, makin banyak juga panas yg dihasilkan.

    4. Virus dan Malware

    [​IMG]

    Ini juga bisa jadi salah satu penyebab hape Android kamu mengalami overheat. Hal ini karena keduanya akan terus menerus beroperasi tanpa kamu ketahui di background sistem hape Android kalian untuk akses berbagai informasi. Nah aktivitas yg dilakukan virus dan malware juga bakal ikut membebani kinerja CPU-nya sehingga menyebabkan panas berlebih.


    5. Menggunakan Smartphone Saat Charging

    [​IMG]

    Paling sering nih dilakukan, padahal efeknya buruk lho. Saat baterai di-charge dan terus menerima energi listrik, komponen dalam hape kalian seperti CPU juga akan ters menarik listrik dan baterai. Kondisi kayak gini justru menyebabkan CPU dan baterai megeluarkan panas yg lama2 akan numpuk dan menyebabkan overheat pada hape kalian.

    Cara Mengatasi Smartphone Android yang Overheat

    [​IMG]

    Sebenarnya cara mengatasi masalah-masalah di atas cukup mudah, kalian hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

    • Jangan meninggalkan smartphone kalian dalam keadaan charging ketika hendak tidur untuk mencegah overcharging.

    • Jika kalian senang bermain game, sebaiknya kalian bermain game selama 30-45 menit saja, kemudian setelah itu istirahatkan perangkat smartphone Android kalian selama setidaknya 30 menit, baru kemudian gunakan lagi.

    • Jangan terlalu banyak melakukan multitasking aplikasi, Jaka sarankan cukup 3 saja dalam satu waktu.

    • Gunakan aplikasi tambahan untuk mengatasi virus dan malware.

    • Pastikan kalian tidak menggunakan smartphone saat charging dan sebaiknya matikan perangkat kalian tersebut agar tidak ada komponen yang bekerja kecuali baterai yang menerima listrik.


Share This Page