Lima Cara Mudah untuk Meingkatkan Akurasi GPS Smartphone Android

Game News - droidunj - Sep 21, 2016

  1. GPS Androidmu sering error? Ga akurat? jangan buru2 dijual deh, yuk lakukan cara-cara ini untuk meperbaikinya

    [​IMG]


    Teknologi GPS alias Global Positioning System kini udah sangat mudah digunakan. GPS kini udah terpasang di hampir semua smartphone dengan sistem operasi Anndroid. Namun yang terkadang menjadi permasalahan adalah GPS pada smartphone tidak begitu akurat. Banyak hal yang menjadi penyebabnya seperti hardware, cuaca dan juga software.

    Nah pada artikel ini mimiin akan bagikan cara mudah untuk mencegah GPS yang error pada smartphone android sekaligus meningkatkan akurasi GPS. Yuk simak langkah-langkahna di sini!


    1. Cek Lokasimu

    Cara pertaama yg paling mudah untuk mengetahui seberapa akurat GPS smartphone adalah dengan mengecek lokasimu. Buka aplikasi lokasi seperti Google Maps atau aplikasi navigasi lain, lihat deh apakah smartphonemu menunjukkan lokasi yang tepat atau ngaco. Kalo benar, smartphone kamu udah menunjukkan lokasi yang akurat, tapi kalo enggak kamu bisa nyobain cara lain di bawah ini ya!

    2. Pastikan untuk Mengaktifkan Opsi High Accuracy pada Pengaturan Lokasi

    [​IMG]

    Jika cara pertama gagal, kamu bisa beralih ke cara ini yaitu dengan mengaktifkan settingan higc acuracy. Kamu bisa mencari pengaturan ini di opsi lokasi attau gunakan search box dengan keyword location atau lokasi, tergantung smartphone kamu.

    Nah kalo opsi ini udah diaktifkan, kamu bisa cek kembali Google Maps untuk membuktikan keakuratan GPS. Masih belum? lanjut ke cara yang ke-3 yah!

    3. Kalibrasi Ulang Kompas Smartphone-mu

    [​IMG]
    Walaupun GPS menunjukkan lokasi kamu, tapi bisa saja GPS kamu tidak menunjukkan posisi yang tepat. Hal ini bisa membuat kamu kesal jika sedang menggunakan navigasi atau sedang bermain Pokémon GO yang membutuhkan posisi yang akurat. Untuk mendapatkan posisi yang akurat caranya sangat mudah, kamu hanya butuh aplikasi kompas yang dapat di-download di Google Play Store, salah satu aplikasinya adalah GPS Status. Kamu bisa download di sini

    4. Refresh GPS-mu

    [​IMG]

    Cara2 tadi masih gagal untuk meningkatkan akurasi GPS-mu? Coba deh refresh data GPS amu. Gunakan aplikasi GPS status lalu klik hamburger menu dan pilih "diagnose sensor" kemudian GPS sensor. Nanti akan muncul pop up dan klik reset untuk membersihkan data cache GPS mulai dari awal.

    Nah sekarang smaartphone kamu harusnya udah bisa mengunci satelit lebih cepat dari lokasi kamu dengan lebih akurat. Lakukan cara pertama utuk membuktikan apakah kinerja GPS mu udah cukup akurat.

    5. Telusuri Apa Ada yang Memblokir Smartphone Kamu

    Kalo 4 cara di atas blum juga berhasil, berarti ada faktor lain dari luar yang gak memungkinkan smartphone kamu untuk mendapatkan sinyal GPS. atau bisa jadi ada benda logam yang sifatnya bisa memblokir berbagai jenis sinyal.

    Tapi, jika tiba-tiba smartphone kamu tidak dapat mengunci sinyal GPS setelah melakukan cara di atas, kamu harus wipe data pada smartphone. Atau jika kamu menggunakan custom ROM, update ke versi paling baru atau pilih ROM lain.

    Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki GPS smartphone yang kurang akurat sekaligus meningkatkan akurasinya. Mudah2an bisa memberikan solusi ya, jangan lupa share cara ini ke teman-teman juga. Atau kalo ada tambahan, kamu bisa kasih komentar di kolom bawah.


Share This Page