Malware Gooigan Hantui Smartphone Android! Inilah Cara Mengatasinya

Game News - droidunj - Dec 13, 2016

  1. Jangan sampe smartphone android kamu terinfeksi malware bahaya ini! Gimana cara ngeceknya?

    [​IMG]

    Masalah keamanan kembali menghantui perangkat Android. Pengguna smartphone Android kudu ati-ati nih! Katanya, ada sejumlah aplikasi berbahaya yang isinya malware dan siap mencuri data-data penting yang tersimpan di smartphone android kamu.

    Malware jenis baru ini ditemukan di Android oleh firma keamanan Check Point dan mereka menyebutkan kalo sebanyak 1.3 juta akun Google udah terinfeksi malware yang bernama Gooligan. Terus, gimana dong cara ngecek akun Google dan cara mengetahui apakah akun Google kamu udah di-hack atau enggak.

    [​IMG]

    Dilansir dari CNet tercatat 1,3 juta akun Google yang telah di-hack, 57 persen korbannya adalah pengguna Android di Asia. Diikuti Amerika sebanyak 19 persen, 15 persen di Afrika, dan 9 persen di Eropa.

    Menurut Check Point, malware Gooligan ini mulai menyebar sejak Agustus 2016 lalu. Rata-rata menginfeksi 13.000 perangkat Android per hari.

    [​IMG]

    target maware ini adalah smartphone yang masih jalankan sistem operasi Android versi lama kayak Jelly Bean, KitKat dan Lollipop. Sementara Marshmallow dan Nougat terbilang aman.

    Malware Gooligan ini menyebar lewat aplikasi yang berada di toko aplikasi gak resmi alias di luar Google Play Store. So, ati2 yah dalam menginstall aplikasi dan pastikan kamu download dari toko aplikasi yang resmii, dalam hal ini adalah Google Play Store.

    [​IMG]

    Malware ini dapat menginfeksi dan mengumpulkan data-data dari smartphone milik pengguna denganmelakukan suau aktivitas yang disebut rootkit.Setelah terinfeksi, akun milik pengguna beserta data dan email bakal mudah dicuri. Gak sampe situ aja, Gooligan akan masukkan semacam kode ke dalam aplikasi. Ngerii bangget kan?

    Mengingat sebagian besar akun yang diretas berasal dari Asia, sangat wajar jika kamu merasa khawatir dengan keamanan akun Google kamu.

    Nah, kamu bisa memastikan sendiri dan mengecek apakah akun Google kamu kena hack atau tidak. Bagaimana caranya?
    • Pastikan akun Google kamu aman atau tidak di halaman pengecekan malware Gooligan yang disediakan oleh Check Point.
    [​IMG]
    • Masukin alamat email kamu di kolom yangg tersedia, terus klik Check
    [​IMG]
    • Gak perlu waktu yang lama, hasilnya bakal langsung keluar.
    Selain itu, masih ada cara lain yakni dengan memastikan kamu tidak menginstal aplikasi yang telah terinfeksi malware Gooligan. Silakan buka Settings > App di smartphone kamu dan lihat apakah daftar aplikasi di bawah ini terinstal?

    [​IMG]

    Gimana, gampang banget ka? Sekarang coba cek kembalii smartphone Android kamu apalajh udah terinfeksi malware Gooligan ini. Jika emang udah, segera lah pasang anti malware supaya data-data kamu tetap aman.


Share This Page