Perbandingan Fitur Android Oreo vs iOS 11 yang Perlu Kamu Tahu

Game News - droidunj - Aug 27, 2017

  1. Android Ore vs iOS 11, mana yang ebih baik dan banyak fitur? Yuk cari tahu di sini!

    [​IMG]

    Belum lama ini Google merilis resmi OS terbarunya tepatnya pada tanggal 21 Agustus atau tepat pada momen terjadinya gerhana matahari total di Amerika Serikat. Seperti yang udah dirummorkan sebelumnya, OS tersebut kemudian resmi diberi nama Android Oreo.

    Lalu gimana performa Android Oreo terbaru ini jika dibandingkan dengan rival beratnya, IOS 11? OS terbaru dari Apple ini emang udah rilis sejak Juni 2017 dan kini saatnnya head to head dengan Android Oreo.

    Okee ga perlu banyak basa basi lagi, ayook langsung aja kkita lihat gimana perbadingan Android Oreo dengan iOS 11. Cekidot!

    Fitur-fitur Baru

    [​IMG]

    Android Oreo ini punya banyak fitur baru unggulan, sebut aja picture-in-picture yang memungkinkan kamu untuk nonton video atau bernavigasi dengan Google Maps sambil tetep melakukan aktivitas laiinnya. Ada juga fitur auto selecting yang mana memudahkan kia untuk melakukan copy paste kata2 tertentu seperti nama, tempat dan nomor telepon.

    Sedangkan di iOS 11, fitur yg terkenal antara lain adalah Apple Pay yg memudahkan prosses transaksi pembayaran via iMessage. Gak cuma itu aja, fitur yg tersemat di iOS 11 juga memungkinkan penggunanya untuk audiio di beberapa perangkat speaker secara bersamaan.

    Jadi siapa pemenangnya? Untuk kategori ini, mimin milih Android Oreo sebagai pemenangnya. Dua. Fitur unggulan kayak PIP dan auto selection terasa lebih menjawab kebutuhan pengguna hape dibanding beberapa fitur baru unggulan yang ada di iOS 11.

    Voice Assitant

    Apple puya voice assistant yang terbilang populer. SIapa yang gak tau Siri? Nah kalo Google punya Android Assistant dan Google Now, Siri dapetin beberapa pengembangan salah satunya suara laki2 yang bisa bantu pengguna untuk mengetahui banyak informasi. Sementara Google Assistant punya mode baru yaitu Google Lens yg mana bisa identifikasi objek dan mengetik layaknya chat, bukan cuma sekedar bicara.

    Siapa pemenangnya di kategori ini? Mimin sih masih condong ke Android Oreo. Yaps, meski dari seg inovasi dua-duanya terbilang cukup imbangm tapi akurasi dan tingkat kecerdasasn Google masih belum bisa dikalahkan untuk saat ini.


    Aplikasi Perpesanan

    Ada penambahan fitur di iOS 11 yang memugkinkan penggunanya untuk gambar di iMessage. Gak cuma iu aja, penambahan fitur Apple Pay adalah suatu terobosan yang terbilang sukses dan disukai. Sementara di Android Oreo, gak ada perubbahan berarti pada layanan Android pada layanan Android Messages, hangout dan Allo.

    Jadi siapa pemenangnya? Kali ini mmin milih iOS 11 sebagai pemenangnya. Dalam OS-nya kali ini, Apple bener2 upayakan keamanan bagi para penggunanya dalam menggunakan layanan.

    Kecepatan

    Apple terkenal dengan semua produknya yang terkesan cepat dan jarang dapat keluhan perihal yg satu ini. Google sendiri yang OS-nya dipake sama berbagai produsen smartphone punya effort lebih tentunnya untuk mengupayakan OS-ya berfungsi dengan baik dan cepat di segala merk smartphone.

    So, siapa pemenangnya? Keduanya sama2 baik tapi mimin harus berikan apresiasi atas effort yg lebih dilakukan Google, Dengan kemampuan melayanin segala macam hape dengan cepat, Android Oreo kembali unggul di aspek yang satu ini.


    Desain

    Apple mendesain ulang lock screen, Control Center, tampilan Siri dan App Store pada iOS 11. Sedangkan Google terbilang hanya melakukan sedikit perombakan tampilan pada Android Oreo.

    Pemenang: Fakta di atas jelas membuat Jaka menjatuhkan pilihan pada iOS 11. Terlebih, tampilan baru pada Control Center terbukti sangat disenangi para penggunanya. Hal senada juga terjadi pada desain App Store.


    AR dan VR

    Untuk urusan Augmented Reality dan Virtual Reality, harus diakui kalo selama ini Google selalu berada di depan Apple. Punya Goofle Daydream untuk VR dan Tango untuk AR serta baru aja merilis headset terbaru, Google cukup unggul dari Apple yang sampe sekarang pun baru main di wilayah AR doang.


    Siapa yang menang? Mimin menjatuhkan pilhan pada Android Oreo untuk menangi duel pada aspek ini. Tapi Google sebenarnya puya kelemahan pada Tango yang dinilai masih lambat. Kalo Apple mampu bikin fitur AR yang lebih canggih, besar peluang untuk ngalahin saingannya ini.


Share This Page