Review Dazzle - Dagelan Puzzle: Lebih Lucu dan Lebih Sulit dari 2048

Game Review - achmadfaizal - May 26, 2015

  1. Tổng

    7.7/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Playtoko.com – Kamu pasti tahu lawakan-lawakan yang menggelitik perut dari Dagelan, kan? Bagaimana jadinya kalau Mike dan teman-teman KomDag lainnya ada di dalam game, ya? Yuk, simak ulasan Dazzle – Dagelan Puzzle selengkapnya di sini!

    [​IMG]

    Setelah di awal tahun 2015 kemarin memamerkan hasil kolaborasinya dengan guyonan internasional 9GAG di dalam game Redhead Redemption (baca ulasan selengkapnya di sini: Review 9GAG Redhead Redemption - Game Casual Cute Kill Kini Terasa Lebih Menyenangkan dan Adiktif!), Touchten kembali merilis sebuah produk game mobile yang merupakan hasil kolaborasi juga dengan guyonan dalam negeri yang ngga kalah kocak, Dagelan , dengan judul Dazzle . Nama Dazzle merupakan singkatan dari Dagelan Puzzle , yang memang sesuai dengan judulnya, adalah sebuah game puzzle dengan konten karakter Dagelan yang ikonik di dalamnya.

    Mungkin jika melihat saja kamu akan bertanya-tanya, game puzzle seperti apa sih yang melibatkan para tokoh KomDag ( Komik Dagelan ) yang lucu ini? Setelah dilihat sekilas, dengan memperhatikan kisi-kisi yang tersusun dari kotak 4 x 4 pasti hal pertama yang terbersit adalah game puzzle fenomenal, 2048 . Ya, benar! Game terbaru dari Touchten ini memiliki gameplay yang terinspirasi dengan game 2048, namun tidak sepenuhnya menjiplak, ada beberapa hal yang diubah dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan pengalaman game puzzle yang berbeda.

    [​IMG]
    Mike dan Demi imut-imut! :3

    [​IMG]
    Pilih dulu mau pakai muka yang mana

    Konsep utama gameplay-nya masih sama, yaitu menumpuk kotak-kotak dengan angka – lebih tepatnya gambar muka tokoh KomDag – yang sama untuk mendapatkan angka yang baru, gambar yang baru, dan skor yang lebih tinggi. Sebelum mulai bermain, kamu dapat memilih dua gambar karakter yang ingin kamu pergunakan untuk bermain. Ada Mike, Demi, Sisi, Bimo, dan Dudu. Jika memilih Mike dan Sisi, maka kamu hanya akan bisa menggabungkan kotak Mike dengan kotak Mike, dan begitu juga antara kotak Sisi dan kotak Sisi.

    Satu hal yang membuat saya merasa sangat terhibur saat bermain Dazzle – Dagelan Puzzle adalah saat bunyi efek suara yang muncul setiap kali berhasil menumpukkan kotak dengan gambar yang sama. Masing-masing gambar/karakter memiliki efek suara yang berbeda satu sama lain, dan karakterisitik suaranya memang menggambarkan warna suara setiap tokoh KomDag ini. Musik yang digunakan sebagai backsound game gratis ini memang bersifat repetitive atau berulang-ulang, akan tetapi saya tidak mempermasalahkan hal ini karena pada dasarnya gameplay puzzle a la 2048 ini berhasil menyita suasana dan perhatian saya terhadap game secara keseluruhan.

    [​IMG]
    Sisi dan Mike yang sudah dewasa terlepas dari dunia sekolah dan perkuliahan (pojok kiri atas)

    Lebih uniknya lagi, karena bukan angka yang menjadi patokan utama pada kotak-kotak di dalam game puzzle ini, maka perubahan wujud gambar adalah tolak ukur progress kamu saat bermain. Digambarkan wajah masing-masing karakter sejak mereka masih bayi saat permainan dimulai dengan indikasi angka 1, kemudian 1 bertumpuk dengan 1 menghasilkan angka 2 dengan gambar wajah karakter yang mengenakan topi SD, plus efek suara anak kecil. Lalu berlanjut 2 dan 2 menjadi 3 dengan topi SMP, 4 dengan topi SMA, 5 dengan topi kelulusan Toga, dan seterusnya hingga mereka lebih dewasa. Tidak hanya pada gambar, bahkan efek suaranya juga ikut mengalami perubahan dari masa kanak-kanak hingga dewasa! Lucu banget!

    Oh ya, bahkan secara teknisnya, Dazzle juga memiliki mekanisme gameplay yang berbeda dengan 2048. Kalau di 2048, kamu hanya perlu geser ke empat arah, kanan, kiri, atas, bawah, di mana saja di layar smartphone, maka angka-angka yang sama akan saling bertambah. Bedanya, di Dagelan Puzzle kamu harus memilih satu kotak atau satu baris kotak tertentu untuk kamu geser agar bertambah dengan kotak lainnya. Dengan mekanisme ini maka pergeseran kotak semakin terperinci dan hasilnya game puzzle ini terasa semakin sulit dan menantang. Perlu perjuangan keras untuk bisa mencetak skor di atas 10ribu dalam sekali bermain.

    [​IMG]
    Nyesek moment...:'(

    Kalau kamu suka tantangan, berarti game gratis ini memang cocok buatmu. Apalagi kalau kamu yang hobinya berburu hadiah gratisan, Touchten punya segudang hadiah menarik buat kamu yang bisa mencetak skor dan point yang tinggi di dalam Dazzle – Dagelan Puzzle! Caranya gimana? Mudah banget kok, buka menu Leaderboard, lalu hubungkan game dengan akun Facebook kamu. Setelah terhubung, masukkan username dan password Touchten Platform kamu, jika belum punya, kamu bisa melakukan registrasi di dalam game.

    [​IMG]
    Mudah-mudahan saya yang menang! Hehe :p

    Saya rasa sangat penting sekali memiliki akun Touchten Platform karena setinggi apapun skor yang berhasil kamu cetak tidak akan terubah menjadi poin TP jika belum terhubung dengan akun Touchten platform. Kamu bisa lihat berbagai hadiah yang tersedia di dalam menu Hadiah, mulai dari Gratis Kaos Keren dengan 75 poin saja hingga hadiah jalan-jalan Trip Gratis ke Bromo hanya dengan 100 poin, guys! Rasanya juga tidak terlalu sulit untuk bisa mendapatkan 100 poin TP dalam waktu kurang dari seminggu, hanya saja hadiah-hadiah yang disediakan berupa undian. Ya coba saja tukarkan poin kamu, siapa tahu kamu beruntung.

    Saya dapat simpulkan Dazzle – Dagelan Puzzle sebagai game puzzle ringan yang menyenangkan, berumur panjang, dan cocok menjadi teman hiburan kapan saja dan di mana saja kamu mau mainkan. Selain ukuran game-nya yang kecil, kamu juga bisa mainkan game ini secara offline atau tanpa akses internet. Namun sisi kontradiktifnya adalah kamu mungkin akan cepat bosan kalau pada dasarnya kamu memang tidak terlalu menyukai game puzzle seperti 2048 atau Threes! .

    Selamat bermain dan semoga beruntung!

    Baca juga:



    touchten, puzzle, android, dagelan, dazzle, dazzle - dagelan puzzle, game android, game mobile, game gratis, 2048, threes!, komdag, komik dagelan

Share This Page