Review Evoland - Game Yang Harus Dicoba Para Pecinta RPG

Game Review - adibasir - Feb 9, 2015

  1. Tổng

    9.7/10

    Graphic
    Sound
    Gameplay

    Playtoko.com - Akhirnya Evoland sudah dirilis dan akhirnya saya juga sudah memainkan. Bagaimana pendapat saya mengenai game ini? Simak ulasan saya!

    [​IMG]

    Beberapa hari yang lalu, saya menulis artikel mengenai game Evoland yang menurut saya sangat menarik karena konsepnya yang unik. Konsep unik yang dimaksud adalah cara game ini menunjukkan progress kita dalam bentuk tampilan dan audio game ini. Semakin jauh kita dalam game ini maka akan semakin terlihat seperti game modern dan fitur-fitur gamenya pun akan semakin banyak.

    Dalam Evoland kita memainkan karakter utama yang bernama Clink. Nama dari karakter ini sebenarnya dapat kita ganti tetapi saya membiarkan nama tersebut karena saya suka plesetan tersebut.

    Evoland dimulai dengan gaya super sederhana atau " kuno " dengan tampilan warna hitam putih dan kontrol dua arah yaitu kanan dan kiri. Bahkan efek suara dan musik background pun tidak ada. Mekanisme dan fitur-fitur dalam game ini hanya dapat terbuka dengan cara kita menemukan dan membuka peti-peti yang ada di game. Peti-peti tersebut tidak hanya memberikan fitur-fitur baru tetapi juga terkadang memberikan gaya-gaya tampilan yang lebih modern seperti pemberian warna dan efek suara secara sedikit demi sedikit.

    Sistem tersebut lah yang sangat diutamakan dari game ini dan menurut saya eksekusi yang diberikan oleh Shiro Games sangatlah sempurna. Cepat atau lambat, mau tidak mau kita akan mengetahui status proses kemajuan kita dari seberapa game kita saat ini terlihat modern. Dan hal ini yang membuat saya sangat penasaran dengan apa yang ada dalam isi peti yang saya temukan.

    Namun tidak hanya itu, Sistem tersebut juga dalam beberapa kali dipakai sebagai bagian dari mekanisme permainan, seperti misalkan ada beberapa bagian dari map yang hanya bisa dijangkau dengan grafik 2 Dimensi, maka kita harus menemukan bagaimana caranya agar dapat memanipulasi grafis untuk menemukan solusinya yang memberikan sedikit elemen puzzle dalam game ini.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    mode pertempuran dalam game ini terdapat dua macam yaitu real-time dan turn-based . Mode real-time action akan terpakai dalam map lokal dari suatu daerah dimana kita harus menebas monster-monster yang akan bergerak dalam waktu nyata tanpa giliran. Mode real-time ini biasa juga dipakai ketika kita berada di dalam dungeon. Satu lagi mode yang ada yaitu turn-based dimana party kita akan melawan monster-monster dengan memakai giliran layaknya game-game Final Fantasy lama. Layaknya game-game RPG , game ini pun memiliki NPC, kota dan merchant. Bahkan interaksi kita bersama para NPC juga terlihat berbeda semakin jauh kemajuan kita.

    Sayangnya ada satu hal yang saya sangat tidak suka dari game ini yaitu kontrolnya. Kontrol utama dalam game ini yaitu terdapat joystick kiri untuk menggerakkan karakter dan joystick kanan sebagai action button. Dalam mode real-time, joystick kanan akan digunakkan untuk menyerang dan berbicara dengan NPC. Tetapi permasalahan utamanya bukanlah pada action button tersebut, melainkan pada joystick kiri yang mengatur pergerakan karakter kita. Joystick kiri menurut saya terletak terlalu kebawah dan terlalu kecil sehingga sangat sulit untuk menentukan arah karakter kita, hal ini bisa sangat membuat saya kesal terutama apabila sedang melawan musuh atau sedang menghadapi rintangan dalam level tersebut. Sama sekali tidak ada dalam pengaturan game untuk mengubah atau memperbesar joystick seperti yang banyak di game lain maka bagi saya cukup mengesalkan.

    Dari segi tampilan, game ini benar-benar berhasil dalam memberikan apa yang para developer janjikan. Semua gaya tampilan yang dimaksud sangat menyerupai dengan game-game pada zamannya, dan ditambah juga dengan audio yang bagus maka dengan memainkan game ini saya yakin akan membawa perasaan nostalgia untuk para pecinta RPG-RPG lama.

    Pada kesimpulannya, meskipun saya sangat tidak suka dengan kontrol dari game ini, tetapi bagi saya, game ini tetap menjadi salah satu game mobile yang harus dicoba. Bukan karena ini adalah game RPG yang bagus, tetapi lebih untuk menunjukkan suatu macam kreatifitas yang luar biasa dari Shiro Studio untuk membawakan game yang berbeda dari yang lain dan berhasil dalam eksekusinya.


    Evoland
    [​IMG]

    Lihat juga:


    Review, Evoland, RPG, iOS, Android, indie, Turn-Based, Real Time, Action, Strategy, Puzzle, Jadul, Kuno, Old, Retro, 2D, 3D

Share This Page