Review Languinis – Serunya Bermain Puzzle Olah Kata Bersama Suku Aztec

Game Review - achmadfaizal - May 21, 2015

  1. Tổng

    9.5/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com – Tilting Point Spotlight tahu benar game mobile apa yang sedang digandrungi banyak orang. Languinis adalah perpaduan antara game match 3 puzzle dan word game unik yang pernah ada. Yuk, bantu para suku Aztec ini membebaskan teman-temannya dari kurungan Phoenix!

    [​IMG]

    Sejak hebohnya game geser-geser permen lucu Candy Crush Saga di mobile, tidak sedikit developer yang beralih untuk menciptakan game-game match 3 puzzle dengan tema makanan yang manis-manis. Dengan angan-angan untuk menyaingi popularitas game milik King tersebut, tapi tetap saja game permen yang original tidak bisa digeser posisinya dari jejeran peringkat teratas. Selain terlihat menyenangkan, game puzzle seperti ini memang mudah untuk dipahami banyak kalangan masyarakat, baik tua-muda, kaya-miskin, pria-wanita, pasti pernah penasaran untuk mengunduh game tersebut di smartphone-nya.

    Berbicara soal game puzzle, Tilting Point Spotlight juga memiliki suguhan unik berupa game puzzle yang berbeda dari yang sudah ada, Languinis . Jika dilihat dari judul game-nya, sudah bisa ditebak bahwa game gratis ini ada kaitannya dengan bahasa (Language) yang berarti ada hubungannya dengan word game atau game olah kata . Untuk impresi awalnya, saya terkesima dengan animasi dan efek suara setiap saat saya mendapatkan match baik di puzzle maupun membentuk sebuah kata. Lebih lengkapnya, masih ada banyak fitur menarik lainnya yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu simak di artikel ulasan kali ini.


    Kombinasi word game dan match 3 puzzle yang indah
    Ttidak sama seperti word game yang bergameplay seperti Bookworm , di sini kamu harus emblem-emblem puzzle-nya terlebih dahulu untuk membuka emblem-emblem huruf. Sistem match 3 puzzle-nya sama saja seperti pada umumnya, kamu bisa mencetak match dengan cara menggeser sebuah emblem agar membentuk sedikitnya 3 pasang emblem yang berjejer. Bisa 4 hingga 5 emblem sekaligus juga untuk menciptakan combo puzzle dengan animasi yang indah dan skor yang lebih tinggi tentunya.

    [​IMG]

    Setelah berbagai huruf muncul, saatnya kamu memutar otak untuk membuat sebuah kata dari kosakata bahasa Inggris. Untuk membuat sebuah kata di Languinis tidak harus dibentuk dari emblem-emblem huruf yang saling berseberangan. Cukup sentuh kata-kata mana saja yang ingin kamu pergunakan secara berurutan kemudian klik tombol centang hijau untuk mengumpulkan kosakata yang kamu inginkan. Jika ejaan kamu tepat, maka emblem huruf akan hancur dan skor bertambah. Namun jika sebaliknya, maka kesempatan bermainmu (turns) akan berkurang satu.

    Kombinasi kedua unsur gameplay di dalam game ini sangat unik dan indah. Terutama buat kamu yang menyukai game dengan banyak unsur animasi dan efek suara yang gemerlap, kamu pasti bisa mudah terhibur. Apalagi jika kamu menggunakan perangkat iOS seperti iPhone 4 ke atas atau iPad 3/iPad Mini 2 ke atas yang berteknologi Retina display, ada edisi visual khusus dari game ini yang akan terunduh secara otomatis. Dan hasilnya, penampilan game ini terlihat semakin indah berkat visual 3 dimensinya yang lebih halus dan mendetail.

    [​IMG]
    Animasi listrik super dahsyat!


    Santai tapi bisa bikin galau
    Tidak ada pengaturan tingkat kesulitan di dalam game ini, tapi untungnya game puzzle ini tergolong sebagai game yang santai, guys. Kamu tidak akan menemukan mode permainan di mana kamu akan diburu-buru dengan waktu hitungan mundur menuju nol. Hanya saja kamu akan selalu memiliki kesempatan bermain atau turns yang terbatas. Sederhananya, jika turns kamu habis maka kamu kalah.

    [​IMG]
    Galau... harus dimulai dari mana

    ‘Ke-santai-an’ Languinis justu malah bikin saya galau. Galau apakah saya harus terus-menerus mencetak match emblem puzzle atau lebih baik membentuk kata dengan huruf-huruf seadanya. Masalahnya jika saya terus membuat match puzzle malah nantinya akan ada terlalu banyak pilihan huruf yang muncul dan hal ini justru membuat saya semakin pusing dan bingung mau membuat kata apa, seberapa panjangnya, dan dimulai dari huruf apa. Sedangkan saat jumlah huruf terbatas dan tidak ada ide untuk membuat sebuah kosakata, saya kembali teringat dengan kegalauan yang pertama.

    Well, sebenarnya problema pribadi yang saya hadapi bisa diatasi dengan cara membuka kamus atau kumpulan kosakata bahasa Inggris. Tapi jika terlalu malas untuk membukanya, ya mau tidak mau kembali bergalau ria.


    Suku Aztec yang gaul dan sangat menghibur
    Kembali mengenai aspek yang menghibur dari game gratis ini, masih banyak fitur menarik lainnya yang tidak kalah menghibur. Fitur pertama yang sangat bermanfaat adalah fitur power-ups. Power-ups di Languinis sangatlah berharga apalagi di saat-saat genting dimana turns kamu sudah mau habis dan kamu merasa stuck karena tidak ada ide lagi harus membuat kosakata apa dengan huruf-huruf yang tersedia. Atau ketika kamu kekurangan satu huruf saja untuk membentuk sebuah kosakata yang super panjang, maka simpanlah Joker dan gunakan di saat kamu benar-benar membutuhkannya.

    [​IMG]
    Kosakata terpanjang yang pernah saya buat: Interweavements

    [​IMG]
    "Voila!"

    Selain itu, ada dua hal (yang sebenarnya bukan fitur) yang lebih berhasil menarik perhatian saya, yaitu ucapan para suku Aztec setiap kali berhasil membuat kosakata dan kosakata yang tidak formal. Ya, Languinis sebagai word game tidak sepenuhnya berpatok pada penggunaan kosakata yang formal kok, terkadang ada beberapa kosakata non-formal tenar yang bisa diterima, seperti Tix dari kata Ticket. Dan meskipun kedengarannya menjadi mirip seperti Candy Crush Saga, tapi memang pujian setiap kali kita berhasil membuat combo dengan skor tinggi terasa sangat menyenangkan. Sautan-sautan seperti “Ooh Lala!”, “Tombala!”, dan “Bombala!” membuat saya semakin suka dan ketagihan dengan game mobile ini.

    [​IMG]

    Saya dapat simpulkan bahwa Languinis adalah sebuah game puzzle yang santai, sangat menyenangkan, dan dapat melatih wawasan kosakata bahasa Inggris lebih luas lagi. Dan walaupun konsep dasarnya adalah match 3 puzzle, justru unsur word game-nya lebih dominan di dalam game ini. Selain itu meskipun ada penawaran IAP (in-app purchases) yang tergolong relative tidak terlalu mahal, saya yakin siapapun pasti bisa menyelesaikan (sejauh ini) 75 level dan menyelamatkan 15 orang suku Aztec yang dikurung oleh raja Phoenix dengan mudah dan full gratis!

    Baca juga:


    languinis, android, ios, game mobile, game gratis, tilting point spotlight, game android, game iphone, game ipad, puzzle, match 3 puzzle, word game, bookworm, olah kata, aztec, languinis

Share This Page