Review Marvel Future Fight – Sang Ultron Pun Menjadi Teman

Game News - achmadfaizal - May 5, 2015

  1. Tổng

    9/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Kamu sudah nonton Avengers: Age of Ultron belum? Kalau belum buruan deh nonton lalu download Marvel Future Fight di smartphone dan tablet kesayanganmu. Siapa tahu kamu bisa dapatkan Ultron sebagai teman di dalam tim!

    [​IMG]

    Rasanya sudah cukup banyak judul game mobile ber-franchise Marvel yang telah beredar baik untuk perangkat Android maupun iOS . Namun dari sekian game yang sudah ada, ada yang benar-benar disukai dan ada juga yang ditinggal sama sekali. Mungkin penyebab utamanya adalah soal gameplay, karena pada dasarnya hampir setiap publisher yang merilis game Marvel memiliki konten superheroes Marvel yang tidak berbeda jauh satu sama lain.

    Lihat saja Marvel Contest of Champions , Marvel Puzzle Quest , dan Marvel Pinball yang jelas banyak didownload dan masih banyak diminati sampai saat ini. Ketiganya kurang-lebih memiliki konten Marvel yang serupa dan kualitas audiovisualnya cukup mumpuni, hanya saja gameplay-nya yang jelas berbeda. Yang satu merupakan game fighting, lalu game puzzle, dan satunya lagi game arcade. Masing-masing dari ketiga judul tersebut seolah-olah telah menguasai porsinya dengan baik.

    Menyusul film Avengers: Age of Ultron yang baru saja rilis minggu lalu, Netmarble cukup pintar mengambil porsi lain dalam bentuk game action RPG . Yakni, Marvel Future Fight , sebuah game mobile gratis yang akan saya ulas kali ini. Melihat sejarahnya di industri game mobile, publisher asal Korea Selatan ini memang tergolong jenius dalam menciptakan game yang trending dan banyak diminati gamer dari kalangan manapun. Kamu pasti masih suka bermain LINE Let’s Get Rich, kan? Kita bisa lihat sendiri hebatnya Netmarble menghadirkan game mobile yang ngetren di Indonesia dan wilayah lainnya.


    Game mobile Marvel yang terbaik sejauh ini
    Impresi awal yang saya rasakan sejak game mobile ini soft-launch adalah… LUAR BIASA! Saya tidak mengira bahwa Netmarble yang biasanya menghadirkan game bertema lucu-lucu ternyata juga bisa membuat game yang berkesan lebih ‘serius’. Apalagi saat memasuki tutorial game, pemain sudah disuguhkan dengan karakter Thor dan dua superheroes lainnya yang masih tergolong jarang diajak ke dalam game Marvel, Black Panther dan Bullseye. Seketika, animasi serangan, percikan, dan petir dari Mjolnir milik Thor berhasil membenamkan perhatian saya ke dalam game ini.

    [​IMG]

    Hingga akhirnya para tim Avengers terbentuk dan pemain berkesempatan untuk menggunakan Iron-Man, Black Widow, dan Captain America. Mengingat animo salahsatu seri komik Marvel terlaris ini yang memang sedang marak di seluruh dunia, wajar saja jika lagi-lagi kita bertemu mereka di game ber-franchise Marvel.

    Fleksibilitas dua pilihan kontrol di dalam Marvel Future Fight juga menjadi kekuatan lebih sebagai alternatif antara hardcore dan non-hardcore gamer. Kalau saya sih jelas memilih sistem kontrol gamepad virtual agar unsur action di dalam game RPG ini lebih terasa.

    [​IMG]

    Padahal gameplay-nya bagi saya standar saja, kamu harus mengalahkan semua musuh yang kamu temui di sebuah stage dari awal hingga akhirnya bertemu mini-boss dalam alur jalan yang linear. Akan tetapi konten dari Marvel yang diaplikasikan pada desain stage, objek, karakter musuh, musik sebagai backsound, dan skill yang dimiliki masing-masing superheroes memberikan nilai lebih terhadap game gratis ini.


    Unsur RPG dan IAP yang cukup rumit
    Kalau hanya disebutkan bergenre RPG, mungkin kamu akan malas dan berpikir bahwa nantinya Hulk dan Hawkeye baru dapat menyerang musuh di hadapannya saat gilirannya tiba, tidak selincah seperti pada filmnya, atau yang disebut dengan istilah turn-based. Padahal tidak demikian. Unsur RPG di dalam game mobile ini sebagian besar meliputi kemasan perkembangan masing-masing superheroes mulai dari upgrade Rank, Master, Gear, Skill, dan ISO-8.

    Singkatnya, unsur RPG di dalam game ini cukup kompleks. Tiap superhero dapat dtingkatkan Rank-nya yang ditandai dengan jumlah bintang yang dimilikinya, atau Master yang ditandai dengan bertambahnya skill Leadership yang dapat berguna bagi anggota tim lainnya jika superhero tersebut berperan sebagai Leader. Ada juga upgrade pada sistem Gear atau seperti bagian-bagian tubuh/jubah/senjata yang dikenakan oleh sang superhero untuk meningkatkan status tertentu (ATK/DEF/HP). Lalu ada juga peningkatan untuk kekuatan Skill dan tidak ketinggalan pemasangan ISO-8, sebuah batu mulia yang dapat meningkatkan satu jenis kekuatan tertentu.

    [​IMG]

    Kompleksnya unsur RPG di dalam Marvel Future Fight juga didukung oleh rumitnya sistem IAP (in-app purchases) yang ditawarkan. Maklumlah, sebagai game gratis alias F2P (free-to-play) pasti ada banyak tawaran pembayaran di dalam game. Ada fitur Shop di mana kamu bisa membeli Gold, Crystal, Assemble Points dan Biometrics. Sangat ribet, karena walaupaun sudah ada banyak sistem mata uang seperti itu, tapi tetap saja untuk bisa mendapatkan superhero baru, kamu harus membeli Chest dengan isi superhero atau Gear yang acak. Tidak ketinggalan juga harga mata uang, khususnya Crystal, yang dibanderol dengan harga selangit mencapai Rp 1.199.000 untuk 5.500 Crystal.


    Bisa jadi game yang berumur panjang
    Yep, kejeniusan Netmarble dalam mengolah game mobile dapat kita acungi dua jempol lagi. Selain LINE Let’s Get Rich yang sampai saat ini tidak berhenti ramainya dan terus-menerus di-update (lihat update terbarunya di sini: Update Besar Line Let's Get Rich 12 Mei 2015), saya yakin Marvel Future Fight juga bisa memiliki umur yang panjang. Ada beberapa faktor pendukung di balik ide ini:

    • Pilihan karakter superheroes-nya banyak, kini saja sudah ada 35 pilihan lebih. Jika di-update masih memungkinkan pilihan-pilihan baru lainnya (hanya mungkin ukuran game akan menjadi lebih besar);
    • Ada 9 Chapter dengan 9 Stage di dalamnya, belum lagi pilihan Elite yang mengulang ke-81 Stage Normal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi. Ditambah lagi dengan misi Daily dan Villain Siege yang lebih beragam. Tidak ketinggalan juga Arena dimana kamu bisa bermain melawan adu kekuatan dengan pemain lainnya;
    • Animo masyarakat terhadap Marvel juga nampaknya tidak akan ada habisnya hingga 3 tahun mendatang. Judul film Avengers saja sudah menanti pada tahun 2018 nanti, belum lagi film dari superheros lainnya yang akan berdatangan satu-persatu seperti Antman, Deadpool, Black Panther, Captain Marvel, dll.
    [​IMG]

    Bahkan jika kamu sedang sibuk tapi kamu butuh grinding untuk meningkatkan level superheroes-mu, kamu bisa gunakan fitur Autoplay yang bisa digunakan pada Stage yang sudah kamu selesaikan sebelumnya. Hal apa lagi yang kurang dari game action RPG ini?

    [​IMG]

    Dapat disimpulkan bahwa Marvel Future Fight memang adalah game franchise Marvel untuk mobile terlengkap dan terbaik yang pernah ada. Tidak ada unsur paksaan bagi kamu untuk mendownload game ini, tapi rasanya sayang saja jika kamu kudet dan ketinggalan saingan dengan teman-temanmu yang sudah lebih jauh memainkannya. Kalau kamu bisa, coba dapatkan Uniform spesial dari film Avengers: Age of Ultron untuk semua superheroes dan pamerkan pada Playtoko!

    Baca juga:
    Download Marvel Future Fight, Android
    [​IMG]

    Download Marvel Future Fight, iOS
    [​IMG]


    marvel, marvel future fight, action, rpg, action rpg, game mobile, android, ios, game gratis, game android, game ios, netmarble, line let's get rich, marvel contest of champions, marvel pinball, marvel puzzle quest, marvel mighty heroes, ultron, vision

Share This Page