Review Sproggiwood - Bermodalkan Garpu Rumput, Siap Menaklukkan Dunia!

Game Review - achmadfaizal - Jun 4, 2015

  1. Tổng

    8.7/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Apa kamu sedang bosan dengan game RPG yang gitu-gitu aja? Kamu wajib coba mainkan Sproggiwood, sebuah game portingan PC bergaya roguelike dengan kisah humor yang akan buat kamu ketagihan. Jangan kaget saat pertama bertemu Sproggi!

    [​IMG]

    Game mobile dengan gaya roguelike akhir-akhir ini memang sudah jarang ditemui. Sekalinya ada, nampaknya tidak terlalu banyak peminatnya seperti game RPG , puzzle, dan arcade. Dan berbicara soal game roguelike, game terakhir yang sempat kami ulas dan cukup mengesankan adalah Pixel Dungeon dari Watabou. Dengan gaya retro pun rasanya tidak masalah bagi game tersebut untuk menunjukkan segudang fiturnya yang beragam dan menyenangkan. Namun sayangnya masih jarang sekali kami bisa temukan dan masih jarang juga developer game mobile masa kini yang ingin menciptakan game bergaya roguelike.

    Untungnya Freehold Games , developer independen asal South Bend, Amerika Serikat, berbaik hati memporting game roguelike andalannya Sproggiwood untuk platform mobile. Sebelumnya game ini telah lebih awal dirilis di PC pada tahun 2014 lalu. Dengan banyak respo positif dan permintaan fans agar game ini bisa dimainkan di smartphone, alhasil game ini sekarang sudah bisa kita mainkan baik di Android dan iOS .

    [​IMG]

    Seperti yang telah dikabarkan teman saya Ghifari pada bulan Mei lalu, Sproggiwood terinspirasi dari kisah mitologi Finlandia yang digambarkan dengan ciri khas desain alam, karakter, dan objek-objek lain di dalamnya. Di sini kamu akan berperan sebagai seorang petani, petani yang hidup dengan damai dan biasa-biasa saja hingga akhirnya kamu akan menemui seekor domba yang bisa berbicara. Ya, berbicara. Tenang saja, bukan pertanda kiamat kok, si domba yang berbicara ini hanyalah sebuah samaran yang berhasil membuat kesan humor di sepanjang kisah game kedepannya.

    Dari mulai sebelum bermain menyentuh gameplay-nya secara langsung saja saya sudah cukup terpikat dengan game ini. Apalagi setelah mendengar kabar bahwa game ini juga mendapatkan predikat ‘Game of the Week’ dari TouchArcade, rasanya sayang sekali jika tidak saya ulas lebih lanjut lagi biar kamu juga ikut suka dengan kisah Sproggi .

    Kembali mengenai cerita petani dan si domba berbicara, ternyata si domba adalah Sproggi yang menyamar. Sproggi sendiri sebenarnya adalah sesosok dewa… dewa penghancur! Jadi kurang-lebih sebenarnya kamu telah ditipu oleh Sproggi untuk mengikuti segala hal yan diperintahkannya. Tapi ia juga malah menjadi pemandu utamamu di dalam game. Meskipun dewa penghancur kedengarannya menyeramkan, tapi justru sosok Sproggi sangat menggemaskan! Twist dalam sebuah plot game seperti ini rasanya jarang sekali bisa kita temukan di game mobile lainnya.

    Langsung saja menuju gameplay-nya, Sproggiwood adalah jenis game yang akan mudah kamu pelajari cara bermainnya dalam waktu yang singkat. Cukup dengan menggunakan sistem kontrol berupa virtual joystick di kanan bawah layar, kamu bisa menggerakkan si petani ke kanan, kiri, atas, bawah, atau diam untuk mengabiskan giliran bergerak tanpa melakukan apapun dengan tombol jam pasir. Oh ya, buat kamu yang belum familiar dengan game roguelike, konsep utamanya adalah turn-based, segala aktifitas yang kamu lakukan akan bergiliran satu kali dengan pergerakan yang dilakukan musuh di sekitarmu. Jadi sangat penting bagi kamu untuk berpikir matang sebelum mulai melangkah saat giliranmu tiba.

    Mungkin kamu tidak akan suka dengan roguelike yang sangat kental turn-based nya, tapi tenang saja, game mobile ini sama sekali tidak akan membuatmu merasa kaku saat berkelana. Animasi gerakan karakternya terasa halus, tidak ada glitch, dan efek suara saat bermain juga terasa harmonis dengan segala gerakan yang terjadi pada satu waktu. Saya cukup salut dengan usaha Freehold Games dalam memporting game PC yang berkualitas ini dan tetap menjaga kualitasnya dalam kemasan mobile.

    [​IMG]

    Sebelum mulai berkelana, pasti akan ada dialog yang terjadi melibatkan Sproggi untuk menjelaskan hal apa yang sedang terjadi dan hal apa yang harus kamu lakukan pada misi selanjutnya. Semuanya tidak disampaikan dengan serius, banyak sekali esensi humor di dalamnya. Nah, di dalam stage, kamu akan selalu bermain dari level 0, dan kamu akan menemukan beragam equipment yang bisa kamu segera pakai atau kamu buang begitu saja. Jenis-jenis musuhnya juga sangat beragam. Musuh yang paling dasar adalah monster berbentuk kubus yang nantinya akan hadir dengan berbagai jenis elemen yang berbeda. Ada monster yang akan meledak dan ada juga yang bisa membelah diri jika HP-nya nol.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Sproggiwood dengan genre utama RPG tentunya memiliki sistem perkembangan karakter yang kompleks juga. Namun berbeda dengan game RPG pada umumnya (dan game-game roguelike lainnya), sistem perkembangan karakter yang selalu dimulai dari nol entah mengapa membuat saya ingin terus bermain dari satu stage menuju stage lainnya sesegera mungkin. Rasa seru tersebut sebenarnya juga didukung dengan equipment baru yang memiliki efek unik yang seringkali saya temukan. Padahal mungkin saja beberapa di antara kamu ada yang kurang suka dengan sistem reset level dari stage-ke-stage seperti ini. Tapi percaya deh, unsur taktik dengan penggunaan efek senjata dan pakaian seperti akan membuatmu ketagihan.

    [​IMG]

    Oh iya, di dalam game ini juga ada sistem class yang bisa kamu dapat setelah menyelesaikan misi-misi tertentu. Ada enam class yang tersedia, dan saya pribadi sangat menyukai class Archer. Masing-masing class tentunya memiliki status, atribut, dan skill yang berbeda. Tidak ada yang lebih kuat dan tidak ada yang lebih lemah, tiap class memiliki keunikan tersendiri dan bisa kamu sesuaikan dengan kenyamanan dan gaya bermainmu sendiri. Bahkan hanya dengan class Farmer (petani) saja saya yakin kamu bisa menamatkan game ini dengan mudah.

    Untuk mendapatkan class lainnya kamu harus menyelesaikan misi-misi yang tersedia, dan setelah misi selesai kamu akan diberikan kesempatan untuk membangun sebuah bangunan baru yang berisikan class karakter baru di dalamnya. Ya, di Sproggiwood juga ada unsur sandbox di mana kamu bisa membangun bentuk desamu sendiri seperti yang kamu inginkan. Satu hal yang paling saya suka dari mode sandbox desanya ini adalah di mana kamu tidak memerlukan biaya sepeserpun untuk membangun jalanan, pohon, jembatan, dan objek-objek lainnya untuk memperindah desa.

    [​IMG]

    Kesimpulannya, Sproggiwood adalah game RPG bergaya roguelike terlengkap yang sangat menyenangkan. Saya bisa akui mengapa media ternama seperti TouchArcade saja bisa memberikan predikat game terbaik selama sepekan, Playtoko pun mengakui hal yang sama. Hanya saja mungkin kamu akan merasa keberatan dengan harga yang dibanderol sebesar Rp 131ribu untuk game ini, tapi jika melihat kualitasnya secara keseluruhan, saya rasa harga seperti itu adalah harga yang pantas untuk dibayarkan. Jadi, apa kamu siap berpetualang di dunia Sproggi dengan bermodalkan garpu rumput saja?

    Baca juga:



    sproggiwood, roguelike, sproggi, pc, android, ios, game android, game ios, game iphone, game ipad, game mobile, game premium, rpg, taktik, freehold games, pixel dungeon

Share This Page