Tencent Akan Beli Kepemilikan Developer Clash of Clans dengan Nilai Fantastis!

Game News - droidunj - Jun 18, 2016

  1. Rp 120 triliun buat beli perusahaan yang bikin COC? Worthed kah?

    [​IMG]


    Tencent, raksasa teknologi dari China, kabarnya akan membeli kepemilikan Supercell dari tangan Softbank! Yups, kalo transaksi ini beneran terjadi , maka nilai valuasi developer Clash of Clans ini kabarnya bakal mencapai lebih dari $9 miliar alias sekitar Rp 120 triliun. Aje gileeeee. Berita ini emang muncul ketika kabar bahwa Softban hendak melepas kepemilikan Supercell.

    Tencent emang keren banget dengan rencananya, dan kalo berhasil gaet Supercell maka mereka akan langsung meloncat menguuasai puncak industri game mobile. Siapa sih yang gak kenal Supercell dan game-gamenya yang bikin ketagihan anak muda jaman sekarang? Tahun 2015 aja mereka raup penghasilan kotor mencapai Rp 28 triliun. Gak kebayang deh kalo Tencent benar—benar memiliki perusahaan ini.

    [​IMG]

    Tapi di sini Tencent gak sendirian. Mereka juga akan mengajak beberapa investor, salah satunya Hillhouse Capital Group yang gak lain adalah investor di Tencent dan JD. Penggalangan dana investasi yang sedang dilakukan ini adalah salah satu sebab kenapa transaksi pembelian belum final.

    Tapii meskipun Supercell adalah developer game mobile terbesar di dunia, nilai investasi yang segede itu ternyata butuh waktu yang cukup lama buat balik modal. Kata analis WSJ, investasi Tencent dengan nilai Rp 120 trilun baru bisa balik modal setelah 12 tahun. Itu pun dengan asumsi kalo keuangan Supercell konstan dengan tahun-tahun sebelumnya. Nah kalo turun? Lama lagi..

    Bisa dibilang dapetin penghasilan yang konstan di platform mobile itu tantangan yang gak gampang. Akibatnya adalah retensi pemain game mobile yang susah dipertahankan. Ratusa game mobile diterbitkan developer tiap minggunya. Batasan main game mobile juga rendah karena sebagian besar game dapa diunduh secara gratis. Faktor-faktor itulah yang bikin gamer mobile sering gonta ganti game ujung2nya menghilangkan potensi perolehan pendapatan dari pembelian IAP.

    [​IMG]


    Penghasilan yang didapatkan Supercell berkurang dalam satu setengah tahun belakang. Sempat naik berkat rilisya Clash Royal, tapi keuangan mereka kembali normal saat ini. Meski turun, bukan berarti mereka menuju kebangkrutan. Enggak. CoC aja yang pertama rilis tahun 2012 masih jadi aplikasi dengan penghasilan terbesar saat ini. Mereka juga punya 100 juta pemain aktif yang tersebar di seluruh dunia. Apa kamu masih memainkannya?


Share This Page