Ternyata Nintendo dan DeNA Sudah Berdiskusi Sejak 2010!

Game News - naruto - Mar 27, 2015

  1. Playtoko.com – Dan mereka baru berkolaborasi 5 tahun kemudian? Ya, mungkin ini memang khas Nintendo yang butuh waktu untuk memutuskan kerja samanya dengan DeNA, jadi kita tunggu saja apa mobile game pertama yang bakal mereka rilis.

    [​IMG]

    Seperti yang sudah diulas dalam artikel sebelumnya, Nintendo memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan DeNA . Kerja sama ini akan menghasilkan game-game franchise Nintendo untuk perangkat mobile, sekaligus mengembangkan program keanggotaan baru. Ini terobosan yang signifikan, mengingat Nintendo adalah salah satu perusahaan game terbesar yang masih belum menoleh ke pasar perangkat mobile. Yah, setidaknya jika dibandingkan dengan SEGA atau Square Enix.

    Beberapa saat setelah konferensi pers tersebut, sebuah ringkasan salindia (slide presentasi) diunggah ke halaman situs investor Nintendo, dan ini mengungkapkan bagaimana kerja sama antara Nintendo dan DeNA akhirnya terjalin.

    Presiden Nintendo, Satoru Iwata mengungkapkan bahwa ia pertama kali bertemu dengan CEO DeNA, Isao Moriyasu pada 2010, yang mana kemudian dilanjutkan dengan pengajuan proposal dari Moriyasu mengenai penggunaan franchise Nintendo untuk perangkat mobile. Antusiasme Moriyasu pada kerja sama ini membuat Nintendo mengadakan diskusi lanjutan semenjak pertemuan pertama mereka.

    [​IMG]
    Tantangan yang dihadapi Nintendo dan DeNA dalam mengembangkan game mobile

    “Jika melihat ke belakang, saya menyadari kalau suatu potensi besar dapat tercipta dengan menyinergikan kekuatan dua perusahaan ini, selagi menghadapi gelombang perubahan,” ujar Iwata pada para analis dan media. “Sejak saat itu, selain diskusi saya dengan Mr. Moriyasu, para pihak dari kedua perusahaan juga turut mendiskusikan kemungkinan-kemungkinan ini.”

    Moriyasu menambahkan bahwa rencana spesifik mengenai kerja sama Nintendo dan DeNA baru dimulai musim panas tahun lalu.

    “Kami mengadakan beberapa pertemuan di mana saya menyampaikan beberapa hal pada orang-orang Nintendo secara langsung,” ujar Moriyasu. “Semakin banyak diskusi, semakin yakin saya bahwa kekuatan masing-masing perusahaan dapat melengkapi satu sama lain. Saya mulai membayangkan seberapa besar dampak yang bisa kita – sebagai satu tim – hasilkan secara global.”

    Salah satu alasan mengapa DeNA memilih bekerja sama dengan Nintendo adalah semakin banyaknya kompetensi dan persaingan dalam game mobile, sehingga semakin sulit pula sebuah game mobile dikenal oleh pengguna. Moriyasu mengatakan bahwa ia yakin kalau franchise yang dikenal merupakan cara yang paling efektif untuk membuat sebuah game melejit, sehingga kerja sama dengan Nintendo merupakan hal yang masuk akal.

    Nah, demikian kira-kira informasi yang perlu kamu tahu tentang latar belakang kerja sama Nintendo dan DeNA dalam mengembangkan game mobile. Rencananya, game mobile pertama mereka akan dirilis di musim gugur tahun ini. Nantikan kelanjutannya, ya!

    Baca juga artikel-artikel berikut:


    game mobile, game android, game iOS, Nintendo, DeNA, kerja sama

Share This Page