5 Aplikasi Navigasi Gratis Sebagai Alternatif Pengganti Google Maps

Tips Android/iOS - achmadfaizal - Feb 26, 2015

  1. Playtoko.com - Kamu masih sering terjebak macet saat di perjalanan pulang menuju rumah? Mungkin kamu harus lebih rajin-rajin mengakses keadaan lalu lintas ibukota secara langsung dengan 5 pilihan aplikasi navigasi gratis untuk Android berikut ini.

    [​IMG]

    Zaman modern sekarang ini, apalagi jika tinggal dan kerja di Jakarta/Jabodetabek, rasanya sangat penting sekali untuk memiliki sebuah smartphone dengan teknologi gps yang aktif untuk memantau keadaan lalu lintas yang sedang terjadi secara langsung. Atau setidaknya dapat berfungsi sebagai panduan di saat kamu tersesat jika melewati jalan baru karena kamu lebih memilih untuk mengambil jalan alternatif untu pulang ke rumah.

    Nah bagi para pengguna smartphone Android , beruntunglah karena kamu sudah memiliki aplikasi tercanggih, Google Maps , sebagai navigasi andalan dalam genggaman. Akan tetapi bukan berarti hanya aplikasi dari Google tersebut yang bisa kamu pakai karena terkadang ada beberapa fitur yang tidak ditawarkan pada aplikasi tersebut. Masih ada beberapa aplikasi navigasi yang ngga kalah canggih, gratis, dan bisa kamu andalkan yang sudah tersedia di Google Play. Berikut ini sudah saya rangkumkan 5 aplikasi navigasi buat kamu pembaca setia Playtoko.


    1. WAZE
    [​IMG]

    Saya rasa aplikasi aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua, Waze! Kecanggihan yang tidak ditawarkan oleh Google Maps dan hanya bisa kamu temukan di aplikasi ini adalah sistem mekanisme sharing antar penggunanya, menjadikannya sebagai media sosial yang paling aktif dalam permasalahan lalu lintas. Kamu bisa melihat laporan secara langsung seperti kemacetan, kecelakaan, hingga posisi patroli polisi di aplikasi gratis ini. Pokoknya udah ngga zamannya lagi deh kalau kamu ngga tahu keadaan jalanan ibukota.

    Download Waze
    [​IMG]
    2. HERE Maps
    [​IMG]

    Aplikasi navigasi selanjutnya yang bisa kamu andalkan sebagai alternatif adalah HERE Maps. Produk aplikasi dari Nokia ini adalah aplikasi navigasi bawaan yang awalnya hanya tersedia untuk Nokia dan smartphone berbasis sistem operasi Windows Phone lainnya hingga kini sudah tersedia untuk perangkat Android. Kelebihan aplikasi ini terdapat pada fitur rincian bangunan yang nampak 3 dimensi dan dapat kamu perbesar untuk melihat tempat-tempat umum yang bisa kamu kunjungi di dalamnya. Contohnya seperti sebuah pusat perbelanjaan/mall, dengan aplikasi ini kamu bisa melihat ada toko, restoran, dan fasilitas umum apa saja yang tersedia di dalamnya. Praktis banget, kan?
    Download HERE Maps
    [​IMG]
    3. MapQuest
    [​IMG]

    Untuk pilihan selanjutnya ada MapQuest yang dapat kamu andalkan. MapQuest dahulu awalnya seringkali dianggap sebagai platform navigasi terpercaya yang kini sepenuhnya digantikan oleh Google Maps, namun kenyataannya produk aplikasinya untuk Android ini masih hidup dan cukup laris di download oleh berjuta-juta pengguna Android. Tampilannya yang sederhana dan kemampuannya memberikan jalan alternatif dalam proses perjalanan langkah-demi-langkah menjadikannya keistimewaan tersendiri dan membuatnya terasa lebih ringan untuk dioperasikan pada smartphone non-high end.

    Download MapQuest
    [​IMG]

    4. MAPS.ME
    [​IMG]

    Kamu sedang terburu-buru membutuhkan navigasi gps tapi tidak mendapatkan sinyal atau akses internet di smartphone kamu? Ngga masalah bro, kalau kasus seperti ini sebaiknya kamu gunakan MAPS.ME. Aplikasi navigasi gratis ini memiliki keistimewaan database yang cukup luas hingga 365 negara, termasuk Indonesia, sehingga kita bisa selalu mengakses peta dan navigasi arah jalan secara offline. Memang sih kalau tanpa akses internet kita tidak akan bisa melihat keadaan jalan secara langsung seperti kemacetan lalu lintas. Tapi aplikasi mana lagi yang bisa menyelamatkanmu di saat tersendat akibat sinyal yang buruk?

    Download MAPS.ME
    [​IMG]
    5. Indonesia Map
    [​IMG]

    Dan yang ke-5, ada aplikasi spesial buat kamu yang lebih merasa nyaman jika menggunakan bahasa Indonesia, yaitu Indonesia Map. Dengan aplikasi ini, selain kemasannya yang mudah dipahami dengan bahasa Indonesia, kamu juga dapat melihat konten-konten yang terperinci seperti pusat pertokoan, restoran, dan kebutuhan lainnya di area yang sedang kamu cari. Bahkan kamu juga bisa melihat laporan pantauan lalu lintas secara langsung dari beberapa cctv yang tersebar di berbagai penjuru ibukota Jakarta. Kurang apa lagi? Download Indonesia Map sekarang juga!

    Download Indonesia Map
    [​IMG]

    Bagaimana bro, sudah ada aplikasi navigasi pilihanmu? Apapun pilihannya, pastikan kamu mengakses aplikasi tersebut di tempat dan waktu yang aman ya guys, zaman sekarang ini kita tetap harus selalu waspada dengan keadaan sekitar saat kamu mengoperasikan si aplikasi navigasi di smartphone kamu. Selamat bernavigasi dan semoga tidak tersasar!

    Baca juga:


    tips android, google maps, waze, here maps, nokia, windows phone, android, aplikasi navigasi, aplikasi maps, mapquest, maps.me, indonesia map, aplikasi android, aplikasi gratis, aplikasi android gratis

Share This Page