5 Hal yang Bikin Clasher Ketagihan Main Clash of Clans

Funny - achmadfaizal - May 18, 2015

  1. Playtoko.com - Sudah lebih dari 2 tahun lamanya beredar, Clash of Clans memang ngga ada matinya. Kira-kira hal apa saja sih yang bikin Clasher ketagihan memainkannya? Apa kamu punya kesenangan tersendiri dengan game gratis ini?

    Hai, clasher ! Apa kamu pernah merasakan bosan dengan Clash of Clans ?

    [​IMG]

    Kalau rasa bosan saat bermain game sih nampaknya wajar saja, manusiawi kok. Tapi di samping rasa bosan yang dirasakan para gamer, saya yakin, pasti lebih banyak gamer yang memiliki alasan khusus sehingga mereka masih asyik bermain Clash of Clans. Bayangkan saja bro, sejak tanggal 2 Agustus, 2012, silam hingga kini Clash of Clans masih saja bertengger di peringkat teratas kategori Top Grossing baik di Google Play maupun App Store. Apa game mobile ini ada sihirnya?

    Ngga mungkin lah, sudah tahun 2015, sudah ngga zamannya lagi kita percaya dengan hal-hal takhayul seperti sihir, santet, dan semacamnya. Dan selidik punya selidik, tim Playtoko melakukan survey kecil-kecilan ke beberapa clasher untuk menanyakan hal apa saja sih yang membuat mereka betah memainkan game strategi ini. Setelah disimpulkan, berikut ini kami dapatkan 5 hal utama yang bikin para clasher ketagihan bermain CoC .

    1. Saat bisa meratakan base lawan dengan troops murah
    Game/game mobile adalah permainan, maka dalam setiap permainan pada dasarnya ada kekalahan dan kemenangan. Tidak mungkin semua orang yang terlibat di dalam permainan bisa menang semuanya secara bersamaan. Nah, sekarang pertanyaannya adalah: siapa sih yang ngga senang kalau bisa menang?

    [​IMG]

    Apalagi (khususnya) kalau di CoC kamu bisa memenangkan battle dengan menggunakan troops yang murah, pasti kamu senang juga, kan? Ambil saja contoh sederhana seperti farming hanya dengan menggunakan troops murah seperti BARCH (Barbarian & Archer) dan bantuan Spell, tujuan utamanya hanya ingin merampas harta lawan sebanyak mungkin, eh ternyata malah bisa meratakan base lawan hingga 100%! Kalau sudah begini, setiap clasher pasti ngga akan bisa berhenti bermain dan terus-terusan farming dengan strategi jitu seperti pada video di bawah ini:



    2. Penasaran dengan fitur baru saat naik level Town Hall

    Berlanjut dengan hal yang lebih spesifik, yaitu tujuan dalam bermain. Selain untuk mendapatkan kemenangan, pastinya ada hal lain yang ingin kamu dapatkan dari sebuah game, kan? Salahsatu tujuan yang banyak disebutkan para clasher adalah untuk bisa meningkatkan level Town Hall-nya hingga mencapai level tertinggi, level 10. Dan memang bukanlah proses yang sederhana untuk bisa mencapai Town Hall 10 dalam keadaan base yang benar-benar matang (semua bangunan lainnya tidak prematur).

    Oke, kita sudah dapatkan inti dari alasan kedua. Tapi, mungkin saja kan kalau gamer bosan untuk bisa mencapai Town Hall 10 akibat proses yang sangat panjang? Ya, benar. Uniknya, Supercell cukup jenius mengatasi hal ini dengan cara membuka peluang baru, yaitu fitur-fitur baru berupa bangunan dan upgrade baru yang baru bisa didapatkan setiap kali Town Hall mencapai level baru. Banyak clasher yang mengatakan bahwa ada rasa penasaran dengan hal-hal baru apa saja yang akan mereka dapatkan di level Town Hall selanjutnya. Apa kamu juga merasakan hal yang sama?


    3. Interaksi di dalam Clan dan Global Chat
    Setelah asik dengan perkembangan atau progres permainan sendiri di dalam Clash of Clans, jangan lupakan fitur sosial di dalam game ini. Ya, fitur sosial, banyak sekali developer, publisher, media, dan pihak-pihak lainnya yang berhubungan dengan game banyak yang mengatakan bahwa fitur sosial di Clash of Clans lah yang membuat game ini semakin tersebar luas dan tidak bisa dilepas oleh clasher.

    Apalagi kalau sudah tergabung di dalam sebuah Clan. Khususnya jika kamu bergabung dengan sebuah clan yang aktif, pasti kamu akan senantiasa membuka CoC untuk mengecek keadaan dan mengorganisir Clan baik sesudah maupun setelah Clan War berlangsung. Atau mungkin kamu bukan tipe clasher yang menyukai Clan, masih ada fitur Global Chat yang sangat bermanfaat untuk bisa berdiskusi dan mendapat teman baru. Asalkan kamu jago berbahasa Inggris, siapapun bisa menjadi teman yang baik dari Global Chat di game gratisan ini.


    4. Player dengan level tertinggi memiliki kebanggaan tersendiri

    Di dalam proses mengejar kemenangan, tentunya ada banyak persaingan. Dan bisa dibilang bahwa persaingan di Clash of Clans pasti ngga ada habisnya. Maka untuk dapat memberikan sebuah bentuk penghargaan lebih bagi clasher yang giat mengejar kemenangan, ada fitur Leaderboard yang senantiasa diperbarui agar kita dapat memantau siapa saja yang sedang menduduki peringkat teratas. Baik peringkat teratas secara global maupun lokal, pastinya bukanlah hal yang mudah untuk bisa mencapai posisi tersebut. Diperlukan adanya jiwa bermain yang kompetitif agar bisa menyabet posisi Admiral di atas sana. Kurang-lebih 15% mengatakan hal demikian, apa kamu setuju?

    [​IMG]


    5. Asik dimainkan saat menunggu atau menghabiskan waktu

    Last but not least, sebuah game, terutama game mobile, memang sudah selayaknya menjadi sebuah hiburan yang cocoknya dimainkan saat kita mati gaya. Mati gaya di sini maksudnya adalah seperti saat kamu sedang menunggu seseorang, sedang mengantri lama, sedang dalam perjalanan jauh atau di dalam transportasi umum dan terjebak macetnya ibukota Jakarta.

    Clash of Clans, meskipun kelihatannya rumit, padahal mampu memberikanmu kesempatan untuk bermain secara bersegmen. Apa maksudnya bersegmen? Maksudnya adalah kamu bisa memainkan game ini dalam jangka waktu yang berbeda-beda tanpa harus membuka game ini selama berjam-jam. Bukti nyata yang utama adalah saat kamu mempersiapkan troops untuk farming ketika kamu dalam perjalanan pulang menuju ke rumah, dan sesampainya di rumah semua troops kamu selesai terlatih maka kamu siap untuk berperang. Hal sederhana seperti ini secara tidak langsung membuat banyak clasher tetap setia bermain strategi di mana saja dan kapan saja mereka inginkan.

    [​IMG]

    Bagaimana bro, apakah ada hal yang kamu rasakan sama seperti hal-hal di atas? Atau mungkin kamu memiliki alasan tersendiri, coba ceritakan saja pada kami. Cerita yang menarik nanti akan berkesempatan besar untuk dituliskan ceritanya dalam artikel Clash of Clans selanjutnya dari Playtoko. So, tulis dan share cerita kamu di komentar artikel ini dan tetap menjadi clasher sejati ya!

    Baca juga:


    clash of clans, coc, clasher, android, ios, strategi, game gratis, game mobile, game android, game ios, game iphone, game ipad, supercell

Share This Page