5 Rahasia Mutakhir di Clash of Clans (Part 2)

Base design - Strategy - achmadfaizal - Oct 23, 2014

  1. Playtoko.com - Hai clashers! Masih ada 5 rahasia mutakhir lagi dalam Clash of Clans yang harus kamu tahu dan coba pratekan bro. Penasaran? Langsung aja simak bahasannya berikut ini.


    [​IMG]

    Hai clashers, apa kabar base kamu hari ini? Apa kamu sudah tahu 5 rahasia mutakhir di dalam Clash of Clans ? Betapa masih banyak clashers di luar sana yang masih ngga ngeh dengan hal-hal kecil di bawah ini bro. Langsung aja simak 5 rahasia mutakhir di Clash of Clans part 2 berikut ini.

    1. Kurangi Trophies dengan heroes
    Kedengarannya mungkin konyol banget ya, tapi memang begini faktanya. Semakin lama kamu bermain lama-kelamaan pasti ada satu titik dimana kamu merasa jenuh, mungkin karena base kamu sudah terlalu kuat atau kamu sudah kesulitan untuk bisa berkembang lebih baik lagi. Karena pada dasarnya peperangan dalam Clash of Clans adalah 'membully' pemain yang lebih lemah dari kamu, setuju?

    Atas dasar ini kamu kemudian berpikiran untuk mencari cara agar jumlah Trophy yang kamu punya bisa menurun, dengan disengaja. Bahkan hal seperti ini banyak dilakukan clashers tingkat atas untuk memicu sesama pemain di dalam Clan kamu agar mereka bisa berkembang lebih cepat dengan cara menyerang base kamu. Atau banyak juga yang melakukan hal ini agar mereka kembali merasakan gregetnya perjuangan mengumpulkan Trophy di Clash of Clans.

    [​IMG]

    Nah untuk mengurangi Trophy dengan cara disengaja, tentunya kamu akan membutuhkan pasukan untuk menyerang demi kekalahan, dan pasukan-pasukan ini membutuhkan waktu dan elixir. Sebagai alternatifnya, gunakan saja unit heroes! Kamu bisa gunakan Barbarian King dan Archer Queen untuk mengurangi Trophy dengan gratis berulang kali. Mulailah pertarungan, luncurkan unit heroes kamu dan sudahi pertarungan sebelum ada damage apapun yang terjadi. Hasil pertandingannya kamu pasti kalah dan jumlah Trophy berkurang, unit heroes kamu juga tetao utuh! Jadi kamu bisa terus lakukan hal ini berulang kali tanpa harus menunggu waktu training dan habiskan elixir lagi.


    2. Biarkan unit hero kamu beristirahat
    Semenjak setelah update CoC versi 3.25 dan seterusnya, waktu regenerasi heroes yang dibutuhkan berkurang secara drastis. Namun tetap saja, untuk unit hero level 1, waktu 1 jam terasa sangat lama hanya untuk meregenerasi hit points hero kamu. Dan tentunya akan sangat menyebalkan kalau kamu baru saja melakukan banyak penyerangan, kemudian kamu offline sebentar, dan saat kembali online kamu lihat unit hero kamu sudah KO karena diserang clasher lain. Tenang saja, kamu bisa memperbaiki hal ini bro!

    [​IMG]

    Pada hero pedestal, tombol di tengah berguna untuk memerintah hero untuk "Guard" dan "Sleep". Saat tombol "Guard" yang sedang aktif, maka unit hero kamu akan menjaga base saat kamu offline, berisiko KO. Gunakan tombol "Sleep" agar unit hero kamu beristirahat dengan aman di pedestalnya saat kamu offline. Jadi saat kamu kembali online dan membutuhkannya, unit hero kamu sudah tersedia dalam keadaan teregenerasi secara maksimal.


    3. Simpan Campaign sebagai resources cadangan
    Kalau kamu sadari ada sebuah game tip saat loading screen yang mengatakan bahwa kalau kamu sedang butuh beberapa resources kamu bisa serang para Goblin pada game single player Campaign. Hal ini benar, tapi kalau kamu mainkan pada misi-misi awal hanya sedikit saja resources yang bisa kamu dapatkan. Namun kamu tetap bsia dapatkan hingga 4.8 juta gold dan elixir dari campaign, dimana 3 jutanya berasal dari 5 level terakhir di Campaign.

    [​IMG]

    Level-level terakhir di Campaign memang rasanya sulit, tapi setelah kamu upgrade unit kamu sekitar level 4-5, pasti kesulitan Campaign akan terasa lebih wajar. Ingat juga, tujuan Campaign ini adalah untuk farming resources di saat darurat, bukan untuk mendapatkan 3 bintang bro. Kalau kamu simpan 5 level terakhir di Campaign ini buat nanti, hal ini akan menjadi modal yang tepat untuk nanti meng-upgrade Town Hall level 9, Barbarian/Archer level 5, atau upgrade lain sejenisnya. Keadaan dimana kamu tetap bisa farming resources sambil base kamu dijaga oleh shield adalah keuntungan tersendiri dari tujuan disediakannnya Campaign di dalam Clash of Clans.


    4. Biarkan Town Hall kamu di luar
    Apa kamu menyimpan Town Hall kamu di kedalaman base dengan dikelilingi banyak unit pertahanan? Dan apa kamu pikir ngga ada alasan masuk akal buat kamu biarkan Town Hall kamu di luar tanpa perlindungan? Kalau kamu berpikir demikian maka kamu salah besar! Ada beberapa alasan mengapa banyak clashers menempatkan Town Hall nya di luar tanpa perlindungan. Tapi alasan utamanya adalah setiap kali base kamu diserang dan Town Hall kamu hancur, maka kamu akan dapatkan shield gratis selama sedikitnya 12 jam.

    [​IMG]

    Kalau kamu sedang berusaha untuk menyimpan banyak resources untuk upgrades (dan pastinya kamu sering melakukan hal ini, kan?) maka tentuya kamu ingin supaya base kamu tetap selalu terlindungi oleh shield. Kalau kamu ngga punya banyak uang, membeli shield rasanya ngga wajar (mahal banget). Jadi cara yang paling mudah adalah dengan cara mengalahkan diri dengan pintar. Terus gimana kabarnya dengan Trophy saya?" wajar saja kalau kamu khawatir akan hal ini. Banyak jalan menuju Roma bro, banyak cara mudah untuk kamu farming Trophy sebanyak-banyaknya. Ikuti saja Tips Mudah Farming Trophy Versi 1 dan Versi 2 dari Playtoko dan nantikan versi berikutnya yang ngga kalah mudah dan efektif.


    5. Elemen kejutan dari Traps dan Tesla!
    Supercell telah banyak menyediakan kamu dengan pilihan strategi untuk bertahan, namun sepertinya strategi yang paling kuat adalah elemen kejutan! Traps dan unit pertahanan Hidden Tesla ngga akan terlihat lawan saat mereka melihat base kamu. Dan selagi masih ada trick untuk mencari keberadaannya, musuh hanya memiliki waktu yang sedikit untuk mencoba mencarinya.

    [​IMG]

    Secara piskologis, banyak clashers yang susah untuk fokus mencari unit-unit tersembunyi seperti Traps dan Hidden Tesla sebagaimana mereka bertahan untuk tetap menyerang unit-unit pertahanan yang tampak. Gunakan kesempatan ini sebagai keuntungan kamu!
    TIPS: Buatlah desain base dimana kamu secara tidak langsung bisa memancing lawan untuk menyerang tembok yang lemah lalu habiskan unit mereka dengan bomb dibaliknya. Atau juga biarkan saja Town Hall kamu di luar tembok tapi lindungi dengan Hidden Tesla disekelilingnya untuk membuat elemen kejutan!

    Memang sih kamu ngga akan selalu menang bertahan dari setiap serangan, tapi kalau kamu pakai banyak elemen kejutan dengan bijak, setidaknya kamu bisa bertahan dengan keadaan Trophy kamu yang netral.


    Nah bagaimana bro menurut kamu tentan 5 rahasia mutakhir di atas? Apa ada hal-hal yang sudah biasa kamu lakukan? Atau kamu baru tahu semuanya? Jangan lupa gabungkan penggunaan rahasia mutakhir Part 1 juga supaya kamu diam-diam bisa menjadi clashers yang paling kece diantara teman-teman sesama clashers kamu bro. Pokoknya rahasia manapun yang kamu gunakan, tetap stay tune with Playtoko untuk tips dan trik, update game, dan berita seputar dunia mobile terikini lainnya!

    Baca juga tips dan trik Clash of Clans di bawah ini:


    clash of clans, coc, rahasia clash of clans, strategi rahasia clash of clans, strategi rahasia coc, rahasia coc, tips coc, tips dan trik coc, tips clash of clans, tips dan trik clash of clans, barbarian king, archer queen, traps, hidden tesla, hero, heroes, campaign, town hall

Share This Page