6 Tips Sederhana Untuk Menghemat Paket Internet Smartphone-mu

Tips Android/iOS - achmadfaizal - May 11, 2015

  1. Playtoko.com - Apa kamu sering kali mengeluh karena kuota paket internet bulananmu sudah habis sebelum waktunya? Mungkin kamu harus cek, simak, dan ikuti 6 tips sederhana untuk menghemat penggunaan data smartphone kamu di sini.

    [​IMG]

    1. Jangan pakai layanan data

    Ngenes ya kedengarannya, dan cukup ekstrim juga, tapi memang inilah cara pertama yang paling mudah. Karena memang pada dasarnya layanan data hanya dapat kamu atur melalui pengaturan aktif/non-aktifnya layanan data di smartphone-mu sendiri.

    [​IMG]

    Jika kamu memang ingin berusaha untuk irit, maka bepergianlah dan nyalakan wi-fi smartphone-mu. Layanan data akan sangat terasa borosnya jika kamu bepergian atau traveling ke tempat yang cukup jauh, terutama akibat akses data roaming yang mencari jangkauan sinyal terbaik di tempat baru yang kamu kunjungi. Maka dari itu, pergunakan fitur wi-fi sebaik mungkin. Kalau teknologi wi-fi smartphone-mu kurang kuat dalam menggaet sinyal hotspot di sekitar, gunakan saja aplikasi pembantu seperti WiFi Finder.


    2. Ngga usah sering upload foto di sosmed saat di luar
    Kamera 16 Megapixel di Samsung Galaxy S6 atau kamera iPhone 6 kamu memang dapat menangkap hasil foto dengan sangat-sangat sempurna. Tapi hasil fotonya tentu saja sangaaaaat besar ukurannya. Ukuran memori per gambar memang bergantung dengan jenis, pengaturan cahaya, dan warna dari objek yang kamu foto, akan tetapi ukuran 40MB per foto bukanlah hal yang langka lagi.

    [​IMG]

    Memang sih saat kamu mengunggah momen-momen yang jarang bisa kamu dapatkan bersama teman-teman atau saudara dan keluargamu sayang sekali jika tidak ‘dipamerkan’ ke sosial media . Dan memang biasanya jika akan di-upload ke sosmed seperti Path , Instagram , ataupun Facebook , ukuran fotonya pasti telah terkompres menjadi lebih kecil agar bisa dinikmati dengan mudah oleh para followers dan friends di akunmu. Tapi tetap saja jika kamu mengunggah lebih dari dua kali di tiga sosial media yang berbeda (dan kamu sering cek bolak-balik untuk lihat siapa saja yang sudah like, love, atau komentar) maka tak terasa kamu bisa-bisa sudah mengkonsumsi lebih dari 100MB data layanan.


    3. Jangan sering-sering streaming
    Tanpa kamu sadari saat kamu sedang asyik streaming konten media seperti musik di SoundCloud, kamu sudah memutar 20 lagu lebih dari berbagai akun yang berbeda dan saling berkaitan. Belum lagi jika kamu stream dengan kualitas tinggi (320 Kbps), bisa jadi kamu memakan data lebih dari 150MB selama satu jam saja. Atau buat kamu yang hobinya Youtube-ing, nontonin video-video konyol atau tutorial dari Youtuber favoritmu, sangat mungkin jika kamu menghabiskan 15MB data setiap menitnya dalam kualitas HD.

    [​IMG]

    Daripada harus streaming melulu – belum lagi dengan jaringan konektivitas provider di Indonesia yang kadang masih suka susah sinyal – lebih baik ubah investasi kebutuhan hiburanmu menjadi pembelian konten yang asli. Misalnya, membeli musik di iTunes atau beli apapun di situs favoritmu, pastinya akan lebih memudahkanmu kedepannya. Selain kamu tidak perlu streaming lagi, koleksi yang telah kamu miliki bisa kamu dengarkan atau nikmati lagi di lain waktu kapan saja dan di mana saja kamu mau.


    4. Berkomunikasi secukupnya
    Ada WhatsApp , LINE , Skype , aplikasi messenger mana yang paling sering kamu pakai? Hampir semuanya memang menawarkan fitur Free-Call atau ‘telepon gratis’ dan Video Call atau yang rasanya sayang banget kalau tidak digunakan. Karena fitur ini, banyak sekali pengguna smartphone zaman sekarang yang lebih cenderung berinvestasi pada pembelian paket data internet dibandingkan pulsa standar untuk pengguna provider pra-bayar. Alhasil paket data internet jadi lebih cepat habis padahal baru dipakai menelpon 5 orang saja.

    Sebagai alternatifnya, saya sarankan kamu untuk lebih sering menggunakan chat normal sewajarnya saja. Atau jika malas mengetik, gunakan saja voice note. Penggunaan voice note bisa menghemat hingga 1-3MB-an saja dibandingkan video call yang akan memakan 20MB lebih dalam jangka waktu yang sama.


    5. Tahan update aplikasi sampai kamu dapat wi-fi gratisan
    Seringkali di pagi hari, atau di tengah hari tepat pukul 12 siang kamu akan mendapatkan notifikasi berupa update aplikasi terbaru yang ada di dalam smartphone-mu. Saya sangat sarankan bagi kamu yang ingin irit, ubah setting-an di Google Play (untuk Android ) agar mematikan fitur auto-update atau pilih auto-update apps over Wi-Fi only. Sedangkan untuk pengguna iOS , biar lebih irit, kamu bisa matikan fitur Use Cellular Data pada setting iTunes Match.


    6. Pilih dan download aplikasi gratis dengan bijak
    Dengan segudang aplikasi dan game mobile gratisan yang tersebar baik di Google Play dan App Store, berhati-hatilah saat memilih konten yang ingin kamu unduh. Berdasarkan riset yang dilakukan William Halfond dan peneliti lainnya di Rochester Institute of Technology di Amerika Serikat dan Queen’s University di Kanada, pada sebuah smartphone Samsung Galaxy S2 yang telah dipasangkan alat pemantau, ditemukan bahwa aplikasi gratis melakukan berbagai macam aktivitas uploading dan downloading saat mereka memunculkan berbagai jenis iklan di dalamnya. Para peneliti menemukan bahwa aplikasi beriklan menggunakan 100% kali data lebih banyak dibandingkan aplikasi yang tidak beriklan. Menggunakan aplikasi/game gratis justru malah bisa memerasmu lebih banyak.


    [​IMG]

    Bagaimana bro, apa kamu pernah mengalami salahsatu pengalaman dari keenam tips sederhana di atas? Atau kalau kamu punya tips yang lebih jitu untuk berhemat layanan data, jangan sungkan-sungkan untuk share dengan Playtoko dan pembaca lainnya ya. Jadilah pengguna smartphone yang lebih pintar dan nantikan tips seputar gadget lainnya dari kami.

    Baca juga:


    android, ios, tips gadget, tips android, tips ios, tips iphone, tips smartphone, layanan data, whatsapp, line, skype, path, facebook, instagram, sosial media, tips hemat paket internet

Share This Page