Apakah Mengubah Bahasa Berpengaruh Terhadap Loot?

Q&A - achmadfaizal - Apr 29, 2015

  1. Playtoko.com - Apa kamu pernah dengar rumor tentang mengubah bahasa di Clash of Clans akan berpengaruh terhadap loot saat farming? Ada yang bilang benar, ada yang bilang hanya isu belaka. Temukan jawaban sesungguhnya di sini!

    Hai clasher, apa kamu pernah coba mengganti bahasa di dalam game kamu?

    [​IMG]

    Mungkin kamu pernah mendengar rumor yang menyebutkan bahwa mengganti bahasa di Clash of Clans akan mempengaruhi jumlah loot yang bisa kamu farming dan juga akan memberikanmu banyak pilihan base yang terabaikan?

    Rumor ini memang cukup populer dan mulai tersebar sejak akhir tahun lalu ketika server Clash of Clans sedang mengalami semacam 'masalah' pada sistem loot dan banyak diprotes oleh clasher dari seluruh dunia. Sejak saat itu, ada beberapa (atau mungkin banyak) yang berpendapat bahwa dengan mengganti bahasa atau lokasi dapat memberikan pilihan base dengan loot yang berlimpah untuk diserang, dan bahkan katanya loot tambahan dari hasil Clan War juga semakin meningkat. Mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini termasuk golongan yang mempercayainya.

    Supaya fakta atau kebenaran dari rumor ini tidak mengawang-awang, saya akan membahasnya lebih lanjut.


    Mengubah bahasa
    Oke, jadi pertama-tama jika kamu membuka menu Settings di dalam game, maka kamu dapat mengubah 'bahasa di dalam game' secara manual. Ingatlah bahwa dengan cara ini hanya akan mengubah bahasa di dalam game dan tidak akan merubah Global Chat.

    Bahkan jika kamu mengubah setting bahasa menjadi bahasa Jerman, bukan berarti kamu tergabung ke dalam chat para clasher di Jerman. Contoh yang paling nyata adalah walaupun kamu mengubah bahasa menjadi bahasa Perancis, kamu masih akan bertemu dengan clasher dari Indonesia, hanya saja bahasa tampilan di dalam game yang berubah menjadi bahasa Perancis. Saya yakin, bahasa yang kamu temukan di dalam obrolan di Global Chat didasarkan oleh lokasi dimana kamu login Clash of Clans dan tentunya hal tersebut ditentukan oleh IP kamu secara geografis.

    [​IMG]
    Saat masih pakai bahasa Inggris, Leaderboard Local: ID (Indonesia)

    [​IMG]
    Setelah diubah menjadi bahasa Perancis, Leaderboard Local tetap ID (Indonesia)

    Mengubah lokasi
    Kalau yang satu ini lebih rumit. Saat kamu menginstall game Clash of Clans di perangkat Android-mu, maka lokasi yang terdeteksi bergantung pada akun Google yang kamu gunakan untuk mendownload game di Google Play store. Sama halnya jika kamu menggunakan perangkat iOS , maka bergantung dengan App Store mana kamu mendownloadnya dan Apple ID yang kamu gunakan.

    Hal ini berarti menandakan bahwa kamu tidak akan bisa mengubah lokasi kamu untuk game CoC , bahkan jika kamu bepergian ke luar negeri pun tidak akan mengubah status lokasimu. Kalau kamu benar-benar ingin mengubah lokasimu di dalam game, kamu bisa saja menuliskan email yang ditujukan ke bagian dukungan teknis Supercell seperti jika kamu ingin mengubah email kamu untuk game CoC (bisa kamu baca selengkapnya di sini: Cara Mengubah Email Untuk Clash of Clans). Bisa jadi permintaanmu diterima dan dikabulkan, atau diabaikan atau ditolak. Lagipula saya rasa tidak ada manfaatnya juga mengubah lokasi selain berubahnya Leaderboard lokal.


    Tidak terlalu berpengaruh
    Di sinilah inti utama artikel ini. Ada beberapa alasan yang mendukung bahwa sebenarnya mengubah bahasa ataupun lokasi tidak akan mempengaruhi seberapa banyak loot yang bisa kamu rampas.

    Bukti nyata yang pertama adalah saat kamu mendapatkan pasangan lawan untuk Clan War. Pada dasarnya, sistem pemasangan perang antar Clan ini adalah global, jadi dimanapun Clan kamu berada, kamu akan tetap selalu mendapatkan pasangan Clan lawan secara acak dari segala penjuru dunia.

    [​IMG]

    Jika dari sistem Clan War saja sudah global, logikanya sistem matchmaking pada perang antar pemain pun (1-lawan-1) diaduk merata dari berbagai clasher di seluruh dunia. Karena memang pada intinya pasangan lawanmu ditentukan oleh seberapa banyak trophy dan di League mana dirimu berada agar mendapatkan lawan yang kurang-lebih seimbang.


    Mengapa orang-orang berpikir rumor ini benar?
    Beberapa orang yang mencoba rumor ini pada dasarnya... beruntung. Atau mungkin mereka memang mencobanya dengan strategi yang tepat, misalnya mencari lawan di jam-jam yang strategis seperti jam 2 dini hari, jam 6 pagi, jam 6 sore, atau jam-jam lainnya saat orang-orang masih tidur terlelap atau sedang sibuk berada di perjalanan. Saya sendiri pun saat pertama kali coba mengubah bahasa (waktu itu saya ubah ke bahasa Perancis), saya memang mendapat banyak sekali base yang berlimpah hartanya dan tampak seperti diabaikan. Namun saat saya ingat kembali, saya melakukan hal tersebut jam 4 dini hari, hahaha. Jadi wajar saja jika rumor ini banyak dipercaya ampuh mengubah loot. Padahal tidak.

    Baca juga:


    clash of clans, bahasa, lokasi, coc, tips clash of clans, rumor clash of clans, android, ios, strategi, game mobile, game gratis, tips main game

Share This Page