Aplikasi Penghemat Baterai di Android, Butuh atau Nggak Sih?

Tips Android/iOS - droidxperia - Sep 23, 2014

  1. Playtoko.com - Pernah menginstall apilkasi penghmeat baterai seperti Juice Defender, 2X Battery saver, dll di gadget Androidmu? Apakah berpengaruh? Sebeanrnya butuh atau nggak sih install aplikasi penghemat baterai seperti itu? Yuk kita bahas disini..

    [​IMG]
    Udah install bermacam aplikasi penghmeat baterai , kok gak ada perubahan ya? Butuh atau nggak sih aplikasi seperti itu?


    Aplikasi penghemat baterai di Android , butuh atau nggak sih? Pernahkan kamu berpikir untuk menginstall aplikasi penghemat baterai pada perangkat Android supaya daya tahan baterainya lebih lama? Yes, saya yakin sebagian besar pengguna Android pernah berpikir demikian mengingat perangkat dengan sistem operasi Android memang terkenal akan penggunaan baterainya yang boros. Berbagai keluhan yang dicelotehkan pengguna Android paling umum ya berbunyi, "Kenapa baterai gadget Androidku tetap boros meski sudah menggunakan aplikasi peghemat baterai? Kenapa?" Dan saya cuma bisa geleng-geleng kepala.

    Dan mungkin kalian juga berpikiran yang sama. Lantas, aplikasi penghemat baterai itu tidak terlalu berpengaruh secara signifikan dengan pengoptimalan konsumsi daya baterai di gadget Android?Perlukah kita menggunakan aplikasi penghemat baterai pada Android? Saya akan meluruskan pertanyaan ini menjadi lebih rasional dan semua pengguna Android atau smartphone lainnya harus tahu hal ini. Lebih tepatnya, "Kapan kita membutuhkan aplikasi penghemat baterai dan kapan kita tidak membutuhkannya?" Karena semua ini kembali lai pada yang namamnya kebutuhan.

    Kita memerlukan aplikasi penghemat baterai JIKA :

    1. Kita bukanlah pengguna smartphone yang aktif


    [​IMG]

    Nah kalo kamu adalah orang yang setiap harinya gak pegang gadget Android, buka social media , foto-foto selfe, dengerin musik hingga bermain game dalam waktu yang lama, maka ada baiknya kamu menginstall aplikasi penghemat baterai. Kenapa? Dalam keadaan jarang diaktifkan, aplikasi macam ini akan sangat efektif untuk membantu meningkatkan atau memperpanjag waktu standby baterai karena aplikasi macam ini akan menutup paksa aplikasi lain yang berjalan di background sehongga penggunaan baterai dapat diminimalisir dan akan berdampak pada bertambahnya waktu standby baterai pada perangkat.

    2. Kita tidak membutuhkan fitur dari smartphone

    [​IMG]

    Seperti yang kita ketahui, fungsi atau fitur utama dari sebuah smartphone adalah sebagai alat yang akan memberitahukan notifikasi pada beberapa akun online, sehingga pengguna dapat memperoleh info terkini tentangnya. Jika anda bukan termasuk orang yang aktif di dunia online, maka penggunaan aplikasi penghemat baterai akan sangat dianjurkan. Hal ini karena alikasi penghemat baterai sering kali mematikan fitur - fitur smartphone termasuk soal konektivitas (internet & WiFi) agar tidak cepat menguras daya baterai. Dan biasanya mereka akan memastikan tidak ada aplikasi lain yang akan berjalan di background sehingga dapat memaksimalkan daya tahan atau waktu standby pada perangkat Android anda.


    Kita TIDAK memerlukan aplikasi penghemat baterai JIKA :

    1. Kita adalah smartphone addict

    [​IMG]

    Jika kamu adalah sartphone addcit yang setiap hari tidakbisa lepas dari gadget dan hiburan di dalamnya, kamu sepertinya tidak memerlukan yang namanya aplikasi penghemat baterai di Android. Ciri dari smartphone addict adalah mereka yang merasa tidak bisa lepas dari smartphone nya selama beberapa menit saja. Dengan demikian secara otomatis perangkat akan sering diaktifkan atau digunakan oleh sang pemilik. Sedangkan aplikasi penghemat baterai tidak akan efektif pada perangkat yang sering diaktifkan, bahkan cenderung membuat baterai lebih boros karena mereka terus berjalan di background. Sehingga tentu saja aplikasi semacam ini sangat tidak diperlukan.

    2. Kita membutuhkan fitur penuh dari sebuah smartphone

    [​IMG]

    Bagi kamu yang sengaja membeli perangkat smartphone untuk keperluan bisnismu atau mempermudah aktifitas social media mu, penggunaan aplikasi penghemat baterai sangat tidak dianjurkan. Mengapa? Karena aplikasi macam ini justru akan mengganggu dan mengurangi kenyamanan kita dimana ia akan mematikan konektivitas dan berbagai fitur lainnya di background sehingga akan menghambat pemberitahuan yang seharusnya kita dapatkan secara real time.
    Jadi perlu atau tidaknya menggunakan aplikasi penghemat baterai tergantung dari kebutuhan kita sendiri karena di satu sisi ia akan memberikan waktu standby yang lebih pada baterai sehingga kita tidak harus sering - sering mencari outlet atau colokan listrik untuk charging, namun disisi lain ia akan mengurangi atau menghambat fitur - fitur pada smartphone itu sendiri yang akan membuat sebagian orang merasa tidak nyaman.


    Gimana, sudah paham kan? Silakan sesuaikan dengan kebutuhanmu dan putuskan unutk memakai atau tidak memakai aplikasi penghemat baterai di Android. Dan yang terpenting, jangan terlalu kecaduan menggunakan gadget. Masih banyak aktivitas harian lainnya yang lebih penting dan bermanfaat ketimbang seharian menatap layar gadget kesayanganmu itu.


    aplikasi, penghmeat, baterai, battery, saver, android, butuh, nggak, addict, smartphone, fitur, social, media, standby, background

Share This Page