Begini Cara AOV Membentuk Lingkungan Bemain Game yang Baik

Game News - droidunj - Jul 6, 2018

  1. Bagaimana cara membentuk lingkungan bermain game yang baik ? Mari lihat bagaimana AOV berhasil melakukannya!

    [​IMG]


    Dalam waktu 2 tahun ini, seluruh dunia lagi ngetrend Mobile MOBA, dan AOV memang salah satu unggulannya. Keberhasilan AOV adalah dalam menyelesaikan tiga masalah terbesar yang dialami pengguna: kurangnya keadilan game (atau yang disebut dengan fairplay), pengalaman bermain yang monoton dan tempo bermain yang terlalu lamban. Pemain dengan rank apapun dapat menikmati keseruan dari game, inilah mengapa AOV bisa menjadi trend di seluruh dunia.

    Sertadibanding dengan game MOBA mobile lainnya, lingkungan bermain AOV memangjauh lebih bagus, baik dari banyaknya pemain yang AFK, ataupun bersikap toxic di dalam game, meskipun tidak bisa dihentikan secara sepenuhnya, tapi setidaknya AOV mampu mengendalikannya dengan cukup baik.

    Setiap type game yang berbeda, standar setiap game terhadap lingkungan bermainnya juga berbeda, tapi sebagai seorang developergame, menurutku, lingkungan game yang baik merupakan jaminan agar para pemain merasa asyik, inilah juga seharusnya berupa tujuan asli bagi seorang developer game. Sekarang mari kita lihat yuk bagaimana cara AOV melakukannya?


    Lingkungan game yang baik adalah yang memiliki hadiah dan hukuman yang jelas

    Dibanding dengan gamezaman duluyang cenderung main sendirian, tipe game sosialisasi seperti MOBA memberi kesempatan yang lebih banyak bagi para gamer untuk berinteraksi. Tetapi di saat yang bersamaan, kecurangan, perilaku kasar juga ikutan terjadi. Oleh karena itu, bagaimana merancang aturan yang dapat membuat para gamer berinteraksi secara baik dan benarakan menjadi sebuah hal dasar dalam merealisasikan proses sosialisasi yang positif.

    [​IMG]

    AOV dalam permainan MOBA-nya menambahkan sistem penilaian (skor gamer), skor gamer lebih dari 96 poin akan menambah bonus gold tambahan, kurang dari 85 poin tidak bisa bermain Ranked Match, dan jika lebih rendah dari 60 poin maka tidak dapat bermain Quick Match. Melalui cara hadiah dan hukuman ini, membuat para gamer mementingkan reputasi, nah dengan begitu dapat mengatur perilaku gamer dalam bermain, sekaligus menciptakan lingkungan yang harmonis.

    Supaya menjamin sistem penilaianyang jujur, AOV juga menghadirkansistem deteksi otomatis, di mana secara otomatis mendeteksi Bahasa, perilaku dan chatpara gamer. Ketika ada gamer yang AFK, toxic, bersifat negatif dan sebagainya, maka sistem akan memberi peringatan ke gamer, serta mengurangi poin gamer sebagai hukuman saat permainan selesai. Melalui model permainan ini, mengawasi gamer untuk serius dalam setiap match.


    Lingkungan permainan yang baik adalah ketika gamer dapat ikut serta dalam menjaga lingkungan permainan

    Lingkungan game yang baik bukan hanya pada design gamenya saja, tapi para gamer juga harus saling menjaga. Karena banyak game bukan game single player, yang membentuk tim dalam game juga bukanlah komputer, tetapi pemainyang sesungguhnya. Sehinga kepada mereka, gamenyabutuh memberi arahan yang benar, supaya mereka merasa terlibat dalam peran menjaga lingkungan permainan.

    Demi menjaga lingkungan permainan, AOV bukan hanya memiliki sistem pendeteksi yang real time, tetapi juga ada sistem reportyang melaporkan antar gamer. Saat permainan berakhir, gamer bisa menyukai ataupun melaporkan teman timnya,. Ketika laporan gamer terbukti benar, AOV akan mengurangi nilai gamer yang dilaporkan tersebut, serta memberikan nilai tambah ke gamer yang melaporkan, supaya gamer tersebut merasa dihargai oleh pihak resmi.


    Lingkungan permainan yang baik membuat gamer memperoleh pengalaman bermain yang terbaik.

    Dari sudut pandang design game, membentuk sebuah lingkungan bermain yang baik, pada dasarnya untuk membuat para pemainmerasa seru, membentuk interaksi antara pemaindengan game dan juga sesama pemain.

    [​IMG]

    Dalam hal ini, AOV mementingkan peningkatandalam sistem matching, supaya gamer dapat menemukan tim yang cocok. Dalam permainan AOV terdapat 5 positioningdan 6 role, sistem tidak dapat menentukan pilihan hero gamer, tetapi AOV dapat membantu dengan menggabungkan pemain yang mempunyai role yang berbeda dalam satu tim, dengan begitu lebih mudah dalam membentuk tim yang seimbang.

    Di samping itu, AOV juga membantu matchmakingmelalui rankyang serupa, teman tim yang standarnya serupa. Pertempuran antar tim yang sengit, kemenangan yang didapatkan dengan usaha, baru bisa menemukan kesenangan yang terbesar dari permainan ini.

    Meskipun tugas dasar developergame beraneka ragam, tetapi pada dasarnya, semua yang dirancang sesuai dengan keinginan dan perilaku gamer, serta dikembangkan dengan pemahaman mengenai perilaku interaksi dan sosialisai para pemain, supara mereka bisa mendapatkesenangan terbesar.

    [​IMG]

    Perancangan gameyang hebat seringkali tidak kita sadari, karena seringkali hanya berupa hal kecil yang terasa tidak seberapa. Namunjustru hal-hal kecil inilah, yang secara tidak langsung menjaga lingkungan bermain serta membentuk pengalaman bermain terbaik.


Share This Page