Bermasalah Saat Membuka Clash of Clans di Perangkat iOS?

Q&A - achmadfaizal - May 21, 2015

  1. Playtoko.com - Apa kamu sedang mengalami masalah login ke dalam Clash of Clans di iPhone atau iPad kesayanganmu? Jangan khawatir, coba kamu ikuti tips dan trik cara mengatasinya di sini.

    [​IMG]

    Update terbaru dari sebuah game mobile tentunya adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para gamer. Sama halnya juga pada Clash of Clans , para clasher pasti selalu berantusias tinggi setiap kali ada update terbaru, bahkan sejak baru ada kabar bocorannya saja yang beredar yang biasanya diumumkan oleh Anoushka di forum Supercell dan pastinya dikabarkan oleh Playtoko.

    Selidik punya selidik, ternyata sejak update terbaru Clash of Clans yang menghadirkan bangunan baru, Air Sweeper (baca berbagai tips Air Sweeper di sini: xxx), ada beberapa keluhan dari pengguna perangkat iOS di mana mereka mengeluh bahwa mereka tidak bisa masuk ke dalam game. Ada juga beberapa yang berkeluh bahwa game-nya crash setiap kali dibuka. Apa kamu mengalami hal yang sama?

    Kalau iya, mungkin kamu kurang beruntung... Tapi jangan khawatir, kamu bisa atasi masalah ini dengan beberapa tips dan trik di bawah ini:

    1. Periksa kembali waktu dan tanggal. Apakah pengaturannya sudah benar? Kadang-kadang, tergantung dengan koneksi internet kamu juga, kamu tidak akan bisa masuk ke dalam game jika pengaturan waktu dan tanggal perangkat iOS kamu tidak tepat.

    2. Coba ubah koneksi internet. Coba ubah posisimu untuk dapatkan koneksi data dengan sinyal 3G+/HSDPA+ (atau 4G jika providermu mendukung koneksi LTE) atau coba gunakan Wi-Fi dan cari koneksi Hotspot yang paling stabil.
    Pastikan bahwa koneksi yang kamu gunakan tidak memblokir Port 9339, kamu dapat mengetes hal ini melalui website: http://portquiz.net:9339/. Jika kamu tidak bisa terhubung dengan cara ini, mungkin sebaiknya kamu melakukan pengaturan ulang pada router Wi-Fi yang kamu gunakan dan buka Port 9339.

    3. Reset semua pengaturan network kamu. Caranya, buka Settings > General > Reset > Reset Network Settings.

    4. Apakah iPhone/iPad kamu sudah kepenuhan isinya? Coba buka Settings > General > Usage dan pastian kamu masih memiliki sedikitnya sisa 100MB kosong di storage agar bisa menjalankan Clash of Clans dengan lancar.

    5. Restart perangkat iOS kamu. Coba restart dengan cara tahan tombol Power beberapa detik, kemudian saat pilihan Power Off muncul, geser tombol ke arah kanan untuk menonaktifkan iPhone/iPad kamu. Kemudian tahan kembali tombol Power untuk menyalakan perangkat iOS kamu. Jika masih belum bisa juga, coba lakukan langkah nomor 2.

    6. Ubah DNS kamu di dalam Settings > WiFi menjadi 8.8.8.8 (menggunakan Google DNS).

    7. Kalau masih belum bisa terhubung ke dalam game juga setelah mengikuti keenam langkah di atas, mungkin kamu harus melakukan factory reset (Erase all Content and Settings) pada perangkat iOS-mu. Atau coba lakukan link device dengan memindahkan akun Clash of Clans kamu sementara ke perangkat Android sebelum memulai factory reset di iPhone/iPad kamu.

    [​IMG]
    Pikir dua kali sebelum melakukan hal ini dan tanggung sendiri risikonya ya

    Bagaimana bro, apa kamu sudah bisa login/masuk ke dalam game Clash of Clans lagi dengan normal? Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara untuk mengatasi satu problema. Kalau masih belum bisa juga, coba sampaikan keluhanmu secara mendetail dengan isi komentar di bawah ini, mudah-mudahan tim Playtoko bisa membantumu =D
    Keep clashing!

    Baca juga:


    clash of clans, tips clash of clans, clash of clans ios, iphone, ipad, tips coc ios, clash of clans iphone, clash of clans ipad, tips login coc, ios, strategi, game mobile, game gratis

Share This Page