Cara Memperbaiki Smartphone yang Bermasalah Pada saat di Charge

Tips Android/iOS - audryadrian - Mar 12, 2015

  1. Playtoko.com - Pengguna sering sekali mengeluh karena baterainya yang sering lowbat padahal penggunaan baru beberapa jam saja. Sekarang kalian tidak usah risau lagi, langsung saja lihat cara mengatasinya di sini.

    [​IMG]

    Pengguna Smartphone yang sudah lama menggunakan smartphonenya biasanya memilki permasalahan yang hampir sama yaitu baterai smartphone yang bocor atau smartphone yang bermasalah pada saat charging . Kali ini Playtoko akan membahas cara mudah untuk mengatisipasi dan memberi solusi untuk kalian agar smartphone kalian lebih sehat.

    1. Ketahui Permasalahannya

    Jika tiba-tiba smartphone kalian tidak terisi pada saat charge , ketahui permasalahannya terlebih dahulu. Jika sebelumnya kalian pernah mengupdate smartphone kalian atau menginstall aplikasi pada smartphone, Kemungkinan besar ada masalah pada update atau aplikasi tersebut. Atau jika sebelumnya smartphone kalian terjatuh, kemungkinan ada masalah pada baterai atau hardware pada smartphone kalian. Bisa juga Charger dan kabel USB yang sudah usang.

    2. Ganti Kabel USB

    Solusi pertama ang harus kalian lakukan adalah jika smartphone kalian bermasalah adalah coba mengganti kabel USB atau mengganti charger kalian. Biasanya permasalah yang sering terjadi adalah kabel USB yang sudah tidak bisa mengalirkan arus ke smartphone kalian dan bisa juga charger kalian yang sudah tidak bisa berfungsi lagi. Dan saya sarankan untuk sesegera mungkin menggantinya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

    3. Bersihkan Port

    Permasalah lainnya adalah kebersihan smartphone kalian, coba kalian cek port usb pada smartphone dan lihat apakah ada kotoran yang menumpuk. Jika ada kotoran tersebut coba sesekali kalian membersihkannya secara perlahan menggunakan tusuk gigi.

    4. Coba Lepas Baterai

    Faktor terburuk yang bisa saja terjadi pada smartphone kalian adalah baterai yang sudah tidak bisa digunakan. Saya sarankan sesegera mungkin untuk menggantinya, karena banyak kasus smartphone meledak karena kesalahan pada baterai.

    5. Colok ke Dinding

    Agar proses charge berjalan lebih baik coba colok charger kamu langsung pada stopkontak yang berada di dinding. Karena dengan begitu charger kalian akan mendapatkan aliran listrik secara langsung tanpa melalui penghubung lainnya seperti colokan yang memiliki memiliki cabang banyak.

    6. Matikan Smartphone Pada Saat di Charge

    Langkah paling ampuh adalah matikan smartphone kalian pada saat charge. Karena dengan kalian mematikan smartphone pada saat di charge, kinerja smartphone berada pada titik terendah sehingga arus listrik bisa dengan mudah diterima smartphone.

    Sebenarnya ulasan di atas sudah sering kita dengarkan namun banyak yang dari kalian yang tidak memperdulikannya. Padahal masukan di atas sangat penting guys, mulai sekarang coba ubah cara kalian dalam menggunakan smartphone. Minimal selalu menonaktifkan smartphone kalian pada saat charge. Dengan begitu kalian bisa meminimalisir kerusakan pada smartphone kalian pada saat charge.


    smartphone, ios, cara, tips dan trik, baterai, charge, charging, charger, android, usb

Share This Page