Cara Mudah Cek IMEI yang Akurat di IOS dan Android

Game News - droidunj - Oct 21, 2019

  1. Ternyata ngecek IMEI di hape android itu gampang banget! Mau tau?? Yuk simak di sini!!

    [​IMG]

    Sekarang ini pemerintah udah menandatangani peraturan yang mengatur tentang pepmblokiran hape ilegal di Indonesia lewat nomor IMEI yang ada di hape kalian. Nah dalam peraturan ini, pemerintah sarankan untuk cek nomor IMEI yang ada di hape kamu, apakah udah kedaftar atau belum, karena dengan mengetahuin informasi ini seenggaknya kamu tau kalo hape kamu udah terdaftar atau belum di database pemerintah.

    Yaps, mungkin hal ini gak gitu guna buat kamu yang emang beli hape resmi masuk Indonesia. Tapi sebaliknya, hal ini begitu berarti untuk kmau yang beli hape gak resmi alias ilegal di Indonesia. Yaa meski begitu, kamu semua tetep wajib ngecek sendiri sendiri untuk cari tau apakah hape kamu udah terdaftar atau belum. karena ada beberapa kasus di mana meskipun beli hape yang masuk resmi tapi tetep aja belum terdaftar di database pemerintah.

    Dengan mengechek nomor IMEI ini, setidaknya kalian tahu kondisi ponsel yang kalian gunakan, apakah sudah terdaftar atau belum pada database milik pemerintah. Jangan khawatir, untuk kalian yang masih bingug bagaimana cara chek nomor IMEI ini, kami akan memberikan langkah-langkah untuk chek nomor IMEI pada ponsel kalian.

    1. Untuk Android
    [​IMG]

    Nah di sini ada 3 cara yang bisa kamu pake kalo pengen tau nomor IMEI kamu.

    a.Melalui Papan Dial Number
    Ini adalah langkah termudah yang bisa kamu terapkan yang bisa digunakan untuk semua ponsel android.

    • Masuk ke Dial Number (pencet icon tombol telefon)
    • Kemudian ketikan *#06# > setelah itu akan muncul papan informasi yang menyajikan IMEI ponsel kamu
    b.Melalui Pengaturan
    Nah untuk langkah ini, mungkin akan sulit untuk sebagian pengguna, karena tiap merk ponsel agak sedikit berbeda peletakan menu ini.

    • Masuk ke Menu pengaturan
    • Pilih tab About Phone
    • Kemudian pilih status
    • Setelah itu, akan terdapat informasi mengenai ponsel kamu, seperti IMEI dll.
    c. Lihat Pada Kardus Ponsel

    Okeee dari semua cara di atas, cara ini paling gampang yaa kan, tapi yaa cuma berlaku untuk kamu yang masih nyimpan kardus pas kamu beli hape itu.
    • Ambil kardus ponsel kalian
    • Kemudian lihat pada bagian belakang, akan ada informasi yang menerangkan informasi ponsel kalian.


    2. Untuk iPhone

    [​IMG]

    Pada ponsel-ponsel keluaran dari Apple akan terdapat beberapa perbedaan untuk mengechek nomor IMEI yang bisa digunakan, namun tentu saja cara ini akan berbeda dengan ponsel-ponsel berbasis Android. Namun, walaupun berbeda cara chek IMEI pada Iphone juga termasuk mudah.

    a. Melalui Casing Bagian Belakang.
    Cara ini merupakan cara termudah yang bisa kamu gunakan, karena terlihat sangat jelas secara fisik.

    • Lihat pada bagian belakang ponsel
    • Cari tulisan IMEI yang ada di bagian bawah ponsel.
    Khusus untuk cara ini, hanya berlaku pada Iphone keluaran lawas saja yaitu seri iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 5C, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus.

    b. Melalui Tempat Kartu Sim
    Cara ini juga tak kalah mudah dengan cara diatas, namun untuk cara ini akan sedikit menggunakan tenaga dan alat berupa sim Ejector, berbeda dengan cara pertama.

    • Ambil SIM Ejector
    • Keluarkan kartu Sim kamu
    • Kemudian tengok pada tempat slot Sim, disitu aka terlihat nomor IMEI pada ponsel kamu.
    Cara ini bisa digunakan pada semua seri iPhone yang telah dikeluarkan oleh Apple.

    c. Melalui Menu Pengaturan
    Cara ini merupakan cara yang juga digunakan pada ponsel Android, namun ada sedikit perbedaan yang mungkin kamu dapat.

    • Masuk Pengaturan
    • Pilih Umum
    • Pilih Mengenai
    • Cari nomor seri perangkat Anda.
    Langkah-Langkah Chek Nomor IMEI

    Nah kalo udah dapetin tuh nomor IMEI, proses selanjutnya adalah cek nomor IMEI hape kamu di situs milik Kementerian Perindustrian untuk mengetahui apakah hape kamu terdaftar atau enggak.

    • Masuk ke laman milik Kemenperin klik disini
    • Masukan nomor IMEI yang sudah kamu dapatkan tadi pada kolom pengisian
    • kemudian klik gambar lup untuk mulai mengecheknya
    Kamu akan mendapatkan hasil dimana jika kamu terdaftar akan terdapat pesan, jika IMEI telah terdaftar pada database kemenperin. Namun, apabila tidak, kamu akan mendapatkan pesan sebaliknya.


Share This Page