Cara Mudah Melacak Smartphone Android yang Hilang dengan Android Device Manager

Tips Android/iOS - droidxperia - Jan 21, 2015

  1. Playtoko.com - Kehilangan smarthone kesayangan itu nyeseknya nggak terkira. Apalagi jika itu dibeli dengan uang tabuangnmu sendiri. Sebelum menyesal, yuk antisipasi! Dengan bantuan Android Device manager kamu bisa melacak smartphone Androidmu secara real time. Simak caranya disini yaa..


    [​IMG]

    Pernahkah kamu kehilangan smartphone kesayangan? Dicuri atau memang lupa menaruhnya dimana. Semoga para pembaca di Playtoko belum pernah kehilangan smartphone yaa. Namun tidak ada salahnya jika kita mengantisipasinya dari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga di Android . Ada banyak aplikasi di Play Store untuk melacak smartphone yang hilang , baik itu yang gratis atau berbayar. Selain untuk melacak lokasi, aplikasi tersebut juga dapat berfungsi untuk menghapus data-data di smartphone dari jarak jauh sehingga kamu tidak perlu khawatir data-data pribadimu dimanfaatkan oleh si pencuri atau orang yang menemukan smartphone Androidmu.

    Melihat banyak kasus kriminal tentang pencurian ponsel yang makin tinggi dari waktu ke waktu membuat Google segera menciptakan layanan untuk menemukan smartphone yang hilang.Namanya Android Device Manager . Layanan ini tersedia built-in dalam Android yang terintegrasi dengan akun Gmail, Google Maps & Play Services. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengontrol smartphone yang hilang, menguncinya dan mengubah password , atau menghapus data-data yang ada di dalam smartphone. Caranya tentu saja login lewat smartphone teman, dengan menyiapkan kode cadangan saat login dan melakukan dua kali klarifikasi. Jika tahapan ini selesai, maka selanjutnya pengguna dapat melanjutkan misi untuk menemukan smartphone yang hilang.

    Dengan adanya Android Device Manager yang disediakan secara langsung oleh Google, maka kamu tidak perlu repot-rpot mengnstal aplikasi pelacak lainnya di Play Store. Kurang lebih fungsinya sama. Bahkan Android Device Manager bisa dbilang lebih akurat karena terinterasi dengan emua layanan Google yang terpasag di smartphone Android kita.

    Lalu bagaimana sih cara menggunakannya? Yuk kita bahas lebih lengkapnya disini:

    1. Aktifkan Android Device Manager di smartphone Androidmu. Caranya, Cari icon Google Settings di Android kamu, lalu pilih Security-Android Device Manager. Centang pada bagian Allow Remote Lock and Factory Reset.

    [​IMG]

    2. Pastikan jika kamu sudah Sign In akun Google-mu di smartphone Android milikmu menggunakan Akun Google yang Aktif, dan tentunya bisa Login kembali. Ini merupakan kunci utamaya, jadi apabila tidak ada Akun Google yang terhubung, tentunya cara ini tidak akan ada gunanya lho. Lanjut yaa..

    [​IMG]

    3. Sekarang buka Website www.google.com/android/devicemanager di web browser PC atau smartphone lain. Kemudian Login menggunakan Akun Google yang sudah dihubungkan dengan smartphone Android kamu

    4. Selamat datang di Android Device Manager! Akan ada nama smartphone Android yang terhubung dengan akun Google-mu disana. Untuk melacak Android yang hilang, kamu klik Icon GPS yang ada di Ponjok kanan popup. Jika kamu lupa mengaktifkan GPS Android kamu tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, kamu masih bisa me-resetnya dengan menekan tombol " Erase ", Dengan begini Pengaturan Pabrik akan menyetel GPS untuk menyala, sehingga Android dapat kembali ditemukan. Jika berhasil, maka akan muncul Informasi lokasi beserta peta dimana Android kamu berada.

    [​IMG]


    5. Oh iyaa, dengan Android Devices Manager kamu tidak hanya bisa mendapatkan Informasi Lokasi. Demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan, Kamu juga dapat mengunci Android dengan Password, serta jika merasa ponsel masih disekitar kamu tapi Android dalam keadaan silent, kamu bisa menggunakan Fitur Ring yang akan set voume full di smartphone Androidmu dan menderingkannya. Dengan begitu Android akan mengeluarkan suara penuh.

    [​IMG]


    Gimana, cukup mudah bukan caranya? Tak ada salahnya untuk selalu waspada sebelum kamu menyesal jika smartphone Androidmu sudah jauh meninggalkanmu dibawa orang lain. Jika Google sudah menyediakan layanan secanggih ini, mengapa masih lirik aplikasi pihak ketiga lainnya? Selamat mecoba =D


    cara, mudah, melacak, smartphone, android, hilang, android device manager, google, akun, password, maps, peta, gps, lkasi, dering, ring, lock, erase, jarak jauh, temukan

Share This Page