Cara Mudah Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN

Game News - droidunj - Apr 5, 2020

  1. Mau dapat token listrik gratis yang dibagikan pemerintah? Berikut adalah cara mendapatkan token listrik gratis beserta syarat dan ketentuannya!

    [​IMG]

    Sejak penyebaran virus corona di indonesia makin cepat dan meluas tiap harinya. hal ini tentu aja berikan dampak bagi perekonomian masyarakat terutama yang ada di lapisan bawah. So, untuk jamin kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi ini, pemerintah akhirnya mutusin untuk berikan bantuan berupa keringanan biaya tarif listrik. Alhamdulillah..

    Dan gak nanggung2 sih, dana sebesar Rp 3.5 Triliun juga disiapkan pemerintah untuk jalankan program tarif listrik gratis selama 3 bulan ke depan.

    Lalu, bagaimana sih cara untuk mendapatkan token listrik gratis? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel selengkapnya berikut ini!

    Melalui Kementerian ESDM, pemerintah menyatakan kalo token listrik gratis selama 3 bulan ke depan cuma diberikan kepada 24 juta pelanggan golongan 450 VA dan 7 juta pelanggan 900 VA (subsidi). Fasilitas listrik gratis ini juga bisa dinikmati untuk pelanggan prabayar dan pascabayar asalkan dengan ketentuan golongan yang udah disebutkan sebelumnya.

    Namun, menurut Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mekanisme penggratisan tarif listrik pelanggan kategori pascabayar dan prabayar tidaklah sama.

    Biar lebih jelasnya, mimin akan jelaskan per-kategori golongan pelanggan yang bisa kamu simak berikut ini:

    1. Pelanggan Golongan 450 VA Pascabayar & Pascabayar

    [​IMG]

    Untuk kamu pelanggan golonngan 450 VA baik pasca atau prabayar yang mau dapetin tarif listrik gratis, ada sedikit perbedaan dalam hal mekanisme penggratisannya. Pertama, untuk pelanggan golongan 450 VA pascabayar, berapapun jumlah pemakaian listrik selama 3 bulan ke depan akan gratis. Sementara bagi pelanggan golongan 450 VA prabayar, kamu bisa mendapatkan pembebasan tarif listrik selama 3 bulan ke depan dengan cara memperoleh token gratis.

    Tapi yaa karena masing masing pelanggan konsumsinya beda beda, maka besaran token gratis yang diperoleh yaitu sejumlah pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

    2. Pelanggan Golongan 900 VA (Subsidi) Pascabayar & Pascabayar

    [​IMG]

    Nah kalo pelanggan golongan 450 VA digratiskan listriknya selama 3 bulan ke depan, untuk pelanggan golongan 900 VA bersubsidi pemerintah akan berikan keringanan diskon 50%. Mekanisme pemberian diskon 50% nya juga dibedakan berdasarkan kategori pascabayar dan prabayar.

    Bagi pelanggan 900 VA pascabayar, nantinya jumlah tagihan listrik setiap bulannya selama 3 bulan ke depan akan diberikan diskon sebesar 50%. Sementara untuk pelangggan 900 VA prabayar bisa dapet token listrik gratis sebesar 50% dari jumlah pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

    [​IMG]

    Untuk lebih jelasnya mengenai masing-masing cara mendapatkannya, kamu bisa simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

    1. Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat Website PLN

    [​IMG]

    Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk dapetin token listrik gratis selama 3 bulan ke depan adalah melalui website resmi PLN. Caranya simak di sini ya!

    Langkah 1 - Kunjungi website PLN
    Langkah 2 - Masuk ke menu pelanggan
    • Abis itu kamu masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.

    Langkah 3 - Masukkan ID pelanggan
    • Lanjutt, kamu masukkan ID pelanggan atau nomor meter ke kolom yang udah disediakan.
    • Kalo berhasil, maka token gratis pun akan muncul.
    Langkah 4 - Masukkan nomor token gratis ke meteran
    • Yang terkahir, tinggal masukkan nomor token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan

    2. Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat WhatsApp

    [​IMG]

    Gak cuma lewat website PLN, kamu juga bisa dapetin token listrik gratis dengan cara kirim pesan di aplikasi WhatsApp.

    Untuk caranya, kamu bisa simak langkah-langkah selengkapnya berikut ini.

    Langkah 1 - Buka aplikasi WhatsApp

    Langkah pertama, kamu buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp di HP.

    Langkah 2 - Chat ke nomor yang ditentukan
    • Lanjut, tinggal kirim chat baru ke nomor 08122-123-123 dan ikuti petunjuk yang diberikan termasuk salah satunya memasukkan ID pelanggan.
    • Nah kalo semua instruksinya sudah dilakukan, maka selanjutnya kamu akan menerima balasan berupa nomor token gratis.

    Langkah 3 - Masukkan token gratis ke meteran
    • Langkah terakhir, tinggal masukin nomor token gratis yang sudah didapat tadi ke meteran sesuai dengan ID pelanggan. Selesai!


Share This Page