Cara Mudah Monitor FPS Saat Main Game di Android

Game News - droidunj - Apr 3, 2020

  1. Pengen ngecek hape kamu kuat main game di fps berapa? Ada kok caranya! Yuk simak di sini..

    [​IMG]

    Buat kalian yang hobi main game di hape, pasti udah familiar dong sama istilah yang satu ini yaitu FPS. FPS atau Frame per Second adalah jumlah gambar yg keliatan tiap detik. Biasanya untuk hasilkan pergerakan gambar yang halus, diperlukan frame rate minimal 10 fps di hape kamu.

    Nah FPS ini makin besar kalo kamu main game dengan grafis HD. Nantinya kamu bakal butuh sebuah app penghitung FPS atau biasa disebut FPS counter.

    Apa manfaat dari aplikasi tersebut, dan gimana sih cara nginstallnya?

    Cara Menampilkan FPS Counter di Android saat Main Game

    Aplikasi tersebut berguna untuk mengukur performa smartphone kamu saat bermain game atau mengoperasikan aplikasi berat.

    Kalo nilai FPS terlalu rendah sampe di bawah 30 fps, maka hape yg kamu pake terlalu maksain untuk main game tersebut. Beda kalo nilainya tinggi sampe capai ratusan fps, maka hape kamu udah canggih dan bisa dibuat untuk main game berat.

    Nah, salah satu aplikasi FPS Counter paling populer adalah Game Booster. Kamu bisa mendownloadnya di sini:


    Penasaran gimana caranya? Simak panduan berikut ini!

    Langkah - 1: Install Aplikasi Game Booster

    [​IMG]

    Pertama, kamu harus install app game booster di hape kamu. Kalo udah, buka appnya. Di halaman awal, kamu akan diminta untuk baca Term of Use. Nah kalo udah selesai, silakan centang di tempat yg udah disediakan. abis itu tekan Get Started.

    Langkah - 2: Klik Panel Sebelah Kanan untuk Atur FPS Monitor

    [​IMG]

    Nah abis selesai tekan Get Started, kamu akan dihadapkan pada layar kayak ini, dengan pengaturan panel kiri dan kanan.

    Karena pengaturan FPS monitor ini ada di panel kanan, pilihlah panel kanan. Nantinya kamu bakal nemuin beberapa opsi dimana salah satunya adalah pengaturan FPS Monitor.

    Langkah - 3: Aktifkan FPS Monitor

    [​IMG]

    Supaya kamu bisa melihat FPS Meter, kamu harus mengaktifkan tombol FPS Monitor yang ada di layar. Tekan Tombol Aktifkan.

    Nanti bakal muncul tombil peringatan "Unlock for Free". Silakan tekan aja, kamu akan liat iklan dalam durasi 15 sampe 30 detik. Tunggu dan jangan tekan appaun sampe iklan selesai


    Langkah - 4: Izinkan Akses Aplikasi di Smartphonemu

    [​IMG]

    Setelah iklan selesai, akan muncul notifikasi dari aplikasi Game Booster untuk mengakses smartphone mu. Jika sudah muncul, baca, lalu tekan Permit.

    Abis itu kamu akan menuju ke pengaturan utama hape kamu dimana kamu diminta untuk setujui permintaan app untuk akses fitur hape kamu. Tekan allowed atau sesuai dengan pengaturan hape masing masing.

    Langkah - 5: FPS Meter Sudah Muncul dan Siap Dicoba

    [​IMG]

    Setelah semua pengaturan sudah kamu Allowed, kamu bakal melihat FPS Meter muncul di pojok kanan layar smartphone mu.

    Nah, kamu kini bisa mencoba memainkan aneka permainan yang kamu gemari. Contohnya yang akan diperagakan di sini adalah PUBG Mobile.

    [​IMG]

    Setelah app-nya dinyalain, kamu akan lihat fps meter nunjukkin angka 60.2 fps yg artinya hape kamu masih bisa dikatakan mumpuni untuk main game bertemakan MOBA atau action kayak mobile legends dan call of duty.

    Jika kamu sudah selesai bermain game dan ingin menghentikannya, langsung saja tekan tombol stop pada aplikasi. Gampang, bukan?






Share This Page