Empat Cara Mudah Mengatasi Bootloop di Hape Android

Game News - droidunj - Jan 27, 2019

  1. HP kamu mengalami bootloop atau menyangkut di logo saat restart? Ini dia cara mengatasi bootloop di Android dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri!

    [​IMG]

    Pernah gak sih hape androidmu nyangkut di logo saat lagi menyalakan hapenya?? Kalo pernah, itu namanya bootloop ya sob. Kondisi dimana hape kamu gagal masuk ke dalam sistem android, dan hal ini akan terus ngulang sampe kamu memperbaikinya. So, gimana cara memperbaiki bootloop itu? Nah di sini mimin punya cara mudah gimana mengatasi bootloop di hape android kamu tanpa harus dibawa ke counter hape. Hmmmm penasaran gimana caranyaa? Yuk simak caranya di sini..

    Di sini mimin punya 4 cara yang dapat kamu lakukan coba untuk mengatasi bootloop pada HP kamu, cara ini dapat kamu lakukan sendiri tanpa harus dibawa ke Costumer Service atau counter HP. Ini dia caranya:

    1. Restart HP

    [​IMG]

    Hal pertama yang bisa kamu lakukan kalo bootloop nya masih level ringan, biasanya sih itu terjadi karena kesalahan pengoperasian data tanpa melewati recovery mode. Caranya sendiri gampang kok, yaitu melakukan restart hape dengan cara mematikan hape kamu, lepas baterai, kartu SIM dan SD card. Nah tunggu hape kamu seenggaknya 15 menit.

    Pasang lagi baterai, SIM dan SD card terus nyalain lagi deh hape kamu. Kalo masih enggak bekerja. coba gunakan cara yang kedua ini.

    2. Wipe Cache Partition

    [​IMG]

    Cara kedua ini adalah dengan melakukan wipe cache pertition. Apa itu? Ini adalah cara yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit yang bernama bootloop. Cara ini bisa kamu lakukan tanpa takut kehilangan semua data hape kamu yaaa. Caranya sendiri gampang banget kok, masuk aja ke recovery mode pada hape kamu dan pilih wipe cache partition lalu tekan Yes. Cara untuk masuk ke recovery mode tiap hape juga beda-beda lho, berikut ini adalah cara masuk ke Recovery Mode di sebagian merek hape.

    • Samsung: Home + tombol power atau Home + Volume Up + Power
    • Huawei: Tombol power + Volume up
    • LG: Home + Volume Up + Power
    • Asus: Power + Volume Up hingga muncul logo, lepas tombol Power sambil terus menekan Volume Up.
    • HTC: Power + Volume Down + Power
    HP kamu akan kembali ke halaman utama jika berhasil. Kalau masih bermasalah, maka kamu harus melakukan Factory Reset guys. Caranya di bawah ini.

    3. Factory Reset

    [​IMG]

    Cara mengatasi bootloop paling ampuh yang dapat kamu lakukan adalah melakukan Wipe Data atau Factory Reset HP kamu melalui Recovery Mode.

    Secara teknis cara ini akan mengatur ulang software sistem dan membuatnya seperti pertama kali dipasangkan sistem. Saat kamu berada di menu Recovery Mode, pilih Factory Reset lalu pilih Yes.

    Sistem akan memproses secara otomatis, biarkan HP kamu melakukan Factory Reset tanpa diganggu. Setelah berhasil, HP kamu seharusnya akan masuk ke halaman Home.

    4. Flashing ROM

    [​IMG]

    Btw ini adalah cara paling rumit dan terbilang berat untuk mengatasi penyakit bootloop di hape android kamu. Cara ini juga cuma bisa dipake kalo hape kamu mengalami masalah bootloop yang serius. Biasanya masalah bootloop kayak gini karena salah install custom rom atau salah update OS ke dalam hape android kamu. Cara yang mesti dilakukan yaa harus flashing ROM yang sesuai dengan hape android kamu.


    Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk flashing rom yang sesuai.


Share This Page