Google Play Store Punya Fitur Baru Bernama Teacher Approved, Apa Itu?

Game News - droidunj - Apr 17, 2020

  1. Dengan fitur ini, para guru bisa ikut kontribusi untuk menjaga anak muridnya dari aplikasi yang kurang bermanfaat di smartphone Android. Gimana cara kerjanya?

    [​IMG]

    Kita tau di kondisi sekarang ini yang harus menuntut apapun dikerjakan di rumah memang cukup membosankan. Untuk para pelajar, waktunya megang smartphone jadi semakin sering ketimbang baca buku pelakaran dan tentu aja perang orang tua di sini sangat penting untuk mengawasi anaknya dalam berinternet di smartphone.

    Nah saat buka Google Play Store, kadang kita sebagai orang tua masih kebingungan apakah apps yang diakses sama anak itu baik atau engga dan sebelumnya Google juga udah nambahin sebuah fitur bernama Parental Control dimana orang tua bisa awasi anaknya saat mengakses Play Store. Nah untuk melengkapi fitur pengawsannya kali ini Google kembali nambahin fitur baru lagi yang dimana peran dari guru juga dibutuhkan dalam mengawasi anak anak saat mengakses aplikasi yang kurang bermanfaat.

    [​IMG]

    Banyak dari orang tua masih bingung dengan kualitas aplikasi yang ada di Play Store apakah aplikasi yang di download oleh anak-anak itu baik untuk seumurannya atau tidak , karena tidak semua orang tua jaman sekarang itu “melek teknologi” jadi orang tua pun butuh pendamping dan disinilah fitur “Teacher Approved” berfungsi.

    [​IMG]

    Sebenarnya ada tambahan Tab Kids untuk mempermudah pencarian aplikasi yang cocok untuk anak-anak. Banyak juga konten yg ada di play store, ada yg bertujuan hanya untuk hiburan, ada yang bertujuan untuk pendidikan, ada yang memancing rasa ingin tahu dan masih banyak lagi macam-macam aplikasi yang ada disana.

    Pihak Google sendiri juga kerja sama dengan guru di seluruh dunia termasuk penasihat utamanya, Joe Blatt dan Dr. Sandra Calvert. Jadi, nanti beberapa aplikasi akan dinilai dulu sama para guru, apakah layak untuk anak anak atau engga, kalo layak di appps tersebut bakal ada sebuah lencana "Teacher Approved"

    [​IMG]

    Btw, aplikasi tersebut dinilai berdasarkan pembatasan umur, kualitas user experience, reviewnya dan seberapa menyenagkannya. Nah dari pihak Google juga bakal nyediain info tambahan untuk apps yang udah punya lencana tersebut yaitu tentang apa alasan Google nambahin lencana tersebut di aplikasi tertentu supaya para orang tua nantinya bisa lebih paham apakah apps itu tepat untuk anak anak mereka.

    Cara untuk mencari aplikasi-aplikasi yang suda memiliki lencana tersebut adalah pilih saja Tab Kids, kemudian disitu akan ada aplikasi-aplikasi yang sudah memiliki badge. Untuk library aplikasinya mungkin blum terlalu banyak tetapi google akan pelan-pelan menambahkan aplikasi-aplikasi yang cocok dan aman untuk anak-anak. semoga info ini bermanfaat untuk semuanya.



    Sumber : Blog.google


Share This Page