Lima Tips Atasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Tips Android/iOS - droidxperia - Oct 31, 2014

  1. Playtoko.com - Kinerja gadget android lamamu mulai menurun? Lemot? Nggak bisa diandelin kayak dulu lagi? Jangn keburu dijual, dibuang atau ganti yang baru! Kita punya 5 tips atasi android lemot tanpa bantuan aplikasi sekalipun. Silakan dicoba..

    [​IMG]
    Lima cara sederhana ini bisa kamu lakukan sendiri dan hasilnya cukup memuaskan


    Android sejatinya hampir sama dengan OS pada komputer desktop. Seiring berjalannya waktu, kemampuan Android bakal lebih menurun ketimbang saat pertama kali beli. Bisa karena pemakaian yang sudah terlampau lama dan kuragnya perawatan, terlalu banyak aplikasi dan game yang terinstall sementara sisa memory sudah diambang batas, dan hal-hal lain yang menyebabkan kinerja android tak seprima dulu.

    Lalu apa yang harus dilakukan? Factory Reset? Gak usah buru-buru di-reset demi megembalikan kinerja android seperti sediakala. Karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan kembali kinerja android lamamu , bahkan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga sekalipun. Pengen tau banget? Yuk simak cara-caranya di bawah ini:


    1. Mematikan Animasi

    [​IMG]

    Apa hubungannya antara animasi dengan kinerja android? Pergerakan animasi yang indah dilihat tentunya membuat prosesor gadget androidmu bekerja lebih keras dan mau tidak mau akan mengorbankan fungsi yan lain. Di satu sisi, tampilan androidmu jadi lebih dinamis karena animasi. Namun di sisi lain, kinerja androidmu akan menurun dan membuatmu sedikit emosi karena lambatnya proses.

    Dengan mematikan animasi, maka ponsel perpindahan menu di gadget androidmu akan terasa lebih gesit. Untuk mematikan animasi silakan masuk ke setting > Developer options lalu matikan ketiga animasi Android yang digunakan oleh gadget androidmu. Ketiga animasi tersebut adalah Window animation scale, Transition animation scale dan Animator duration scale.

    2.Mematikan Live Wallpaper

    [​IMG]

    Selain dapat menghemat konsumsi daya, mematikan live wallpaper juga dapat membuat kinerja ponsel Anda jadi lebih cepat. Silakan masuk ke setting > display lalu ganti live wallpaper gadget androidmu dengan wallpaper biasa. Usahakan warna yang gelap karena bisa menghemat daya bateraimu juga. Tak ada salahnyakan, yang penting kinerja lebih wuzz wuzzz..

    3. Hapus aplikasi yang tak perlu

    [​IMG]

    Banyaknya aplikasi dan game Android yang gratis kerap membuat pengguna untuk tertarik menginstalnya meski sebetulnya tidak terlalu perlu. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di background maka akan semakin berat pula kinerja ponsel yang kamumiliki. Demikian pula jika ruang kosong atau free storage pada gadget androidmu tinggal sedikit maka performanya juga akan melambat. Untuk menyingkirkan atau uninstall aplikasi Android, kamu bisa melakukannya dengan masuk ke Play Store > My Apps dan memilih satu persatu aplikasi yang ingin dihapus. Jika kamu ingin menghapus aplikasi tanpa koneksi internet, kamu dapat melakukannya dengan masuk ke setting >App >All.


    4. Jangan terlalu banyak memasang widget di homescreen

    [​IMG]

    Widget pada Android adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sejenis ikon yang punya kemampuan untuk menyajikan sejumlah informasi. Widget juga dapat berupa shortcut dari sebuah aplikasi yang punya fungsi lebih kompleks. Dengan karakteristik tersebut, maka widget akan terus menerus berjalan di background. Nah agar performa gadget androidmu tetap gesit, mengurangi jumlah widget adalah langkah sederhana yang secara drastis akan mengurangi jumlah proses yang berjalan di background. Bagi kamu yang menggunakan gadget dengan sistem operasi Android KitKat, mematikan Google Now juga dapat secara efektif meningkatkan kinerja gadget androidmu lho..


    5. Pakai kartu microSD berkecepatan tinggi ( Class 10 )

    [​IMG]

    Untuk meningkatkan kapasitas memori internal, pengguna biasanya dapat menysipkan kartu microSD ke slot yang disediakan. Selain dapat membuat memori terasa lebih lapang, penambahan kartu microSD ternyata juga dapat membebani kecepatan ponsel dalam memproses informasi yang diperlukan. Dengan menggunakan kartu microSD 10, gadget androidmu kini dapat membaca atau menuliskan informasi kedalam kartu memori dengan kecepatan yang lebih tinggi.

    Gimana, mudah dan simpel kan cara-cara diatas? Kinerja Androidi kembali optimal dan kamu bisa menahan uang tabunganmu untuk membeli gadget baru. Kalo yang lama masih bisa setia, kenapa harus beralih ke yang baru? Selamat mencoba!
    GL Tools, Aplikasi Ajaib untuk Mengoptimalkan Kinerja GPU di Gadget Android


    lima, cara, tips, atasi, android, lemot, lag, lelet, tanpa aplikasi, animasi, live wallpaper, hapus aplikasi, uninstall, widget, homescreen, micro SD, SD Card, class 10, kinerja

Share This Page