Nge-Charge Hape di Mobil Ternyata Bahaya! Kenapa?

Game News - droidunj - Jun 25, 2019

  1. Apakah kamu sering mengisi baterai HP di mobil? Ternyata ada dampak buruknya, loh. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

    [​IMG]


    Siapa di sini yang sering ngisi batera hape nya di dalam mobil? Udah tau kan kalo kebiasaan sepele ini berbahaya bagi hape dan keselamatan kamu? Nah adanya USB atau socket lighter di dalam mobil tentu aja bisa difungsikan menjadi berbagai hal, seperti pake port USB untuk transfer lagu.

    Tapi ternyata kebiasaan ngisi baterai hape via USB atau socket lighter ini bisa berdampak buruk untuk hape dan juga aki mobil lho. Llau apa aja efek buruknya dan gimana caranya untuk ngisi baterai dengan benar di mobil? Simak ulasannya di sini!

    1. Merusak Baterai HP

    [​IMG]

    Penggunaan USB di mobil bisa merusak baterai hape. USB yang disediakan pada banyak mobil cuma bisa ngalirin output 0.5A. Jumlah listrik yang diberikan oleh USB ini sangat dikit klao dibandingin sama kapasitas optimal pengisian baterai hape pada kisaran 2A

    Pada kasus tertentu, charging dengan USB tidak dapat mengisi baterai HP kamu. Baterai akan terus terkuras saat kamu menggunakannya, walaupun terhubung dengan USB. Nah sedangkan untuk penggunaan socket lighter sebagai sumber listrik karena output yang sangat besar bahkan bisa 10A.

    Mengisi baterai HP dari output listrik yang lebih besar dari seharusnya dapat menyebabkan korsleting yang akan merusak komponen penting HP. Efek terburuknya bisa bikin hape meledak. Meskipun kasus kayak gitu jarang terjadi dan tergantung dengan situasi saat hape di-charge.

    2. Membuat HP Panas

    [​IMG]

    Pada umumnya mobil yang diparkir di bawah terik matahari yang bikin temperatur dalma mobil jadi panas. Khususnya di bagian mobil tertentu yang kena sinar matahari langsung.Nah kalo kamu sering nyimpan hape di daerah dasbor mobil sambil isi baterai, itu akan menyebabkan hape jadi cepat panas.

    Bukan cuma pengaruh cas, tapi juga sinar matahari langsung yang terpancar ke hape. Ada banyak kasus hape yang meledak di mobil terjadi karena temperatur hape yang terlalu panas. Dan aliran listrik yang masuk ke baterai hape gak seimbang ynag bikin baterai terpicu untuk meledak.

    3. Menguras Kapasitas Aki

    [​IMG]

    Aki atau accumulator merupakan komponen penyimpanan arus listrik pada mobil yang digunakan untuk menyalakan segala komponen listrik di mobil. Nah saat mesin mobil keadaan mati aki yang tanggung jawab untuk ngasih asupan listrik kepada mobil. Salahs atunya port usb dan socket lighter dimana kedua port ini bisa bikin aki terkuras cepat.

    Nah kalo kamu gak mau nyawa aki berkurang dengan cepat, so hindari nyalain segala multimedia atau penggunaan listrik apapun pada mobil. Apalagi kalo aki udah sekarat, ngisi baterai hape dalam keadaan mobil mati itu bukan hal yang tepat untuk kamu lakukan.


Share This Page