Ngeri, Hape Android-mu Bisa Di-Hack Melalui Pesan Gambar di WhatsApp

Game News - droidunj - Oct 4, 2019

  1. Beneran nih, cuma lewat gambar yang dikirim di WhatsApp, hape Android kamu bisa di-hack?? Yuk cari tau di sini.

    [​IMG]

    WhatsApp bisa dibilang salah satu apps chatting yang paling banyak dipake. Saking populernya, gak jarang ditemukan beberapa celah yang disusupi sama hacker. Terutama WhatsApp versi Android. Nah kabar ini pertama kali dilaporkan sama periset sekuritu yang dikenal dengan nama Awakened, dia mengatakan kalo dia udah menemukan celah keamanan di WhatsApp versi Android. Dan dia bilang kalo celah keamanan tersebut bernama double free yang manfaatkan pesan gambar GIF yang udah disisipi sama kode berbahaya.

    Dikatakan jika celah keamanan ini bisa memicu kerusakan memori perangkat dan bisa menimbulkan beragam skenario. Seperti aplikasi yang terblokir, kemudian kehilangan akses ke perangkat pengguna keseluruhan. Hingga, kemungkinan terparah adalah peretas bisa memanfaatkan celah ini untuk mencuri data pengguna.

    Dia juga jelaskan kalo celah keamanan ini bekerja dengan cara peretas akan kirimkan GIF yang udah disusupi sama kode berbahaya tersebut dan menunggu pengguna yang dikirimi gambar membuka pesan tersebut. Nantinya abis dibuka bugs ini akan serang dan bisa buka akses ke galeri gambar WhatsApp.

    Dikatakan kalo cuma Android versi 8.1 Oreo dan 9 Pie yang rentan akan serangan ini. Sedangkan versi Android yang lebih lawas gak akan terjangkiti. “Mustahil memicu bug ini di Android versi 8 dan sebelumnya, tapi aplikasi bisa rusak sebelum benar-benar diserang,” jelas Awakened.

    Setelah melaporkanya kepihak Facebook, Awakened kemudian mendapatkan sebuah pesan jika versi terbaru aplikasinya telah menambal celah keamanan dimaksud.



    “Eksploitasi bug bekerja di WhatsApp versi 2.19.230. Celah keamanan itu telah ditambal dengan pembaruan WhatsApp versi 2.19.244,” tulis Awakened, dirangkum Gamebrott dari The Hacker News, Jumat (4/10/2019).
    akibat celah keamanan ini.

    Nah maka dari itu, pengguna Android yang pake WhatsApp disarankan untuk segera perbaru apps WhatsApp ke versi terbaru. Nah saat ini belum ditemukan laporan pengguna akibat celah keamanan ini. “Temuan itu telah dilaporkan dan segera diperbaiki bulan lalu,” jelas salah satu perwakilan WhatsApp.


Share This Page