Opini: Apa Sih Pengertian Game Serius?

Game News - adibasir - Dec 5, 2014

  1. Playtoko.com - Dalam industri game ada satu istilah yang dipakai yaitu serious games atau game serius. Namun apakah pengertian asli dari istilah ini?

    [​IMG]

    Beberapa hari yang lalu, saya memberitakan sedikit mengenai game 'Bersihkan Wakil Rakyat' (bisa dibaca disini), dan dalam artikel tersebut saya menjelaskan singkat mengenai game serius atau serious games . Disitu saya mengutip bahwa "Game serius adalah game yang menjalankan perannya sebagai media, dan menyalurkan aspirasi sang pembuat kepada orang banyak." Kutipan tersebut saya ingat dari dosen saya ketika kuliah. Namun ternyata secara definisi, kutipan tersebut kurang lengkap atau mungkin terlalu spesifik.

    'Game serius' secara umum didefinisikan sebagai game yang lebih dari hanya sekedar perangkat hiburan. Terkadang kita ketika mendengar istilah 'game' maka yang langsung terlintas di kepala kita adalah 'hiburan'. Namun kita melupakan satu hal penting yaitu game adalah salah satu bentuk dari media interaktif, saya akan tekankan pada kata 'Media'. Kata media adalah bentuk majemuk dari kata latin medium yang berarti tengah, dalam dunia seni istilah ini didefinisikan sebagai perantara yang dipakai untuk menyalurkan ide, pesan atau aspirasi pembuat karya kepada penyimak atau audience.

    Kembali ke game, apabila kita melihat game sebagai media maka kita bisa bayangkan para developer sebagai pembuat karya dan para pemain sebagai audience. Namun apakah yang menjadi ide atau aspirasi yang ingin disampaikan dari developer untuk para gamer?

    Hal ini yang terkadang para developer pun melupakan. Game sudah berevolusi jauh dari zaman tetris hingga sekarang, bahkan pada zaman dahulu ada rumor bahwa tetris melambangkan komunisme, mungkin benar mungkin tidak, hanya developer orisinil dari game tersebut yang tahu. Inilah yang saya maksud dengan game sebagai media, kita bisa melihat peran game sebagai media dalam tiga bagian: sebagai penyalur cerita, sebagai penyalur hiburan, dan sebagai penyalur aspirasi atau ide. Satu hal yang harus diingat adalah dari semua yang diatas itu tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah, tidak ada yang lebih bagus daripada yang lain dan tidak ada yang lebih jelek daripada yang lain. Ketiga peran itu hanyalah fungsionalitas dari suatu game.


    [​IMG]
    Propaganda komunisme?


    Namun hal ini tidak hanya berlaku untuk suatu game, ini pun juga berlaku untuk dunia perfilman. Akan tetapi perbedaannya adalah, kebanyakan dari film harus menyuguhkan cerita yang sekaligus menghibur, memang pada intinya cerita yang bagus adalah cerita yang menghibur, dalam game pun begitu, tetapi satu keunggulan yang game miliki dari film adalah game bisa menyalurkan hiburan tanpa harus menyalurkan cerita.

    Namun apa yang terjadi dengan penyaluran ide? Penyaluran ide dalam game sebenarnya masih banyak terpakai pada beberapa kasus, namun itu semua tergantung dari kepekaan kita masing-masing terhadap ide tersebut. Mengapa game seperti seri GTA atau Manhunt sangatlah kontroversial? Apakah hanya karena mereka mengimplikasikan kekerasan, kejahatan, seks, narkoba, pembunuhan dan sebagainya? Mari kita coba 'bedah' game GTA V sebagai contoh.

    Bila kita aplikasikan 3 fungsionalitas yang saya jelaskan diatas kepada game GTA V kita bisa melihat sisi-sisi baru dari game tersebut. Yang pertama adalah menyalurkan cerita, jelas dalam GTA V terdapat cerita yang dalam, bahkan kita diberikan pilihan untuk menjalankan 3 karakter, masing-masing memiliki jalan cerita sendiri dan pada akhirnya cerita masing-masing itupun menyatu lagi membangun cerita utama yang lebih besar. Kedua yaitu penyaluran hiburan, sudah cukup jelas juga ya bahwa penyaluran hiburan di GTA V terdapat pada hal-hal yang dapat kita lakukan dalam game tersebut yang tidak bisa atau tidak boleh kita lakukan di dunia nyata. Dan yang ketiga adalah penyaluran ide, ini yang mulai sedikit ambigu karena sama seperti tetris tadi, yang benar-benar tahu ide dibalik game ini adalah sang developer itu sendiri. Namun dari observasi saya, ide yang bisa saya ambil dari game tersebut adalah bahwa sejelek apapun aksi-aksi dan kegiatan-kegiatan yang terjadi di dalam game tersebut, semua itu dapat dan mungkin sudah terjadi di dunia nyata.


    [​IMG]
    Yakin hal seperti ini ga bakal terjadi di dunia nyata?


    Menurut saya, alasan mengapa game seperti GTA V sangat kontroversial adalah bukan karena kontennya yang jelek dan tidak mendidik akan tetapi ide-nya yang mengimplikasikan bahwa kita dapat melakukan hal-hal seperti memukuli pelacur, minum alkohol sambil menyetir, memakai ganja sambil membawa senjata api dan sebagainya.

    Apakah pihak Rockstar salah dalam membuat konten seperti ini? Jelas tidak, pandangan bahwa game adalah suatu karya seni memperbolehkan para developer untuk membuat karya mereka sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Tergantung dari masyarakat bagaimana mereka menanggapi konten tersebut, dan sejujurnya game tersebut juga sudah mendapatkan rating dewasa di seluruh dunia dan apabila ada anak dibawah umur yang memainkan game tersebut apakah berarti itu kelalaian orang tua atau kurangnya kesadaran para pemain? Itu adalah isu yang berbeda. Bagaimana menurut kalian?


    Lihat juga:


    Opini, Game Serius, Serious Games, game, serius, serious, GTA V, GTA, Grand theft auto

Share This Page