Opini: Game Casual vs Game Hardcore

Game News - adibasir - Dec 3, 2014

  1. Playtoko.com - Dalam industri game banyak sekali yang menyebut-nyebut bahwa suatu game itu kasual, suatu game itu 'hardcore'. Tetapi apakah benar bisa segampang itu dikategorikannya?

    [​IMG]

    Kamu mungkin pernah dengar dari seseorang kalimat-kalimat seperti "game ini game casual " atau mungkin "gw cuma main game-game hardcore ". Kalimat-kalimat seperti itu sering diucapkan di kalangan gamers, terutama bagi mereka yang besar dengan game-game konsol. Bagi mereka game-game konsol adalah game untuk para hardcore gamers, sementara game-game mobile hanyalah game casual .

    Pertama-tama, mari kita ulas lebih dalam mengenai pengertian game casual dan game hardcore. Satu hal yang selalu menjadi moto game casual yaitu "Easy to Learn, Hard to Master", Mudah untuk dipelajari, sulit untuk dikuasai. Apabila kamu melihat balik game-game arcade klasik kamu akan menyadari bahwa ini merupakan salah satu prinsip yang terus dipakai dari zaman Tetris sampai sekarang. Tentu ada juga faktor keterbatasan tekhnologi yang membuat prinsip ini menjadi suatu kebutuhan pada zaman itu. Akan tetapi sekarang dengan adanya smartphone sebagai suatu platform dan kesuksesan yang tercapai oleh game-game casual seperti Angry Birds, Fruit Ninja dan Flappy Bird, membuat game-game casual menjadi suatu trend tersendiri.

    [​IMG]
    Angry Birds bisa dibilang sebagai salah satu pendorong tren game casual untuk smartphone

    Sementara salah satu intisari dari game Hardcore adalah bahwa itu membutuhkan komitmen yang lebih besar bila dibandingkan dengan casual. Game-game hardcore kebanyakan untuk konsol dan PC karena sekarang kemampuan dari platform-platform tersebut sudah memungkinkan para developer untuk membuat suatu game yang memiliki kedalaman yang lebih ekspansif. Game-game hardcore kebanyakan adalah game seperti RPG, Shooter, dsb.

    Namun apakah benar bahwa salah satu tipe diatas lebih baik dari yang lain? Tidak juga, ada beberapa orang yang hanya menyukai game casual, ada orang yang hanya menyukai game hardcore , dan ada juga orang yang dapat menikmati keduanya. Masing-masing jenis game memiliki karakteristik sendiri, karena memang hampir tidak mungkin apabila misalkan kita sedang menunggu makanan, dan kita memainkan MMORPG untuk melakukan raid atau party. Dan itu adalah salah satu keunggulan game casual daripada game hardcore.

    [​IMG]
    Lagi antri? Ga mungkin selama itu buat nge-raid...

    Dan salah satu nilai plus lagi dari game casual adalah dengan memakai smartphone sebagai platform yang sempurna untuk game casual. Karena smartphone hampir selalu dibawa kemana-mana oleh banyak orang dan sering menjadi satu-satunya perangkat elektronik yang ada pada kita ketika sedang menunggu sesuatu. Inilah salah satu alasan mengapa di google play store dan app store terdapat banyak sekali game-game casual bergenre arcade. Dan mengapa banyak sekali game-game tersebut menggunakan sistem chapter yang terbagi menjadi stage-stage kecil.

    Pada intinya, menurut saya antara game casual dan game hardcore tidak bisa dibandingkan, masing-masing memiliki karismanya tersendiri, dan memang masing-masing diarahkan untuk pasar yang berbeda, tetapi bukan berarti bahwa apabila kamu menyukai game hardcore maka kamu tidak dapat menikmati game casual, bahkan menurut saya ada beberapa game casual yang setara dengan game-game hardcore. Bagaimana menurut kalian semua?

    Lihat juga:


    Kasual, hardcore, game casual, game hardcore, casual, hard core, game smartphone, opini

Share This Page