Opini: Mengulas Sedikit Tentang Pembajakan Game

Game News - adibasir - Jan 6, 2015

  1. Playtoko.com - Pembajakan game sudah beredar cukup lama, dan memang sangatlah menguntungkan untuk para pemain. Tetapi terkadang kita tidak menyadari dampak-dampak buruk dari pembajakan itu sendiri.

    [​IMG]

    Dalam industri game , selalu ada satu perihal yang masih menjadi perdebatan yaitu pembajakan videogame atau videogame piracy . Permasalahannya adalah bahwa pembajakan videogame sudah ada dari masa ketika konsol masih menggunakan kaset dalam bentuk cartridge.

    Sebelum saya memulai argumen ini, saya akan mengatakan bahwa saya juga dulu sering membeli game bajakan dan bahkan sampai saat ini pun dalam laptop saya masih ada banyak sekali game-game bajakan.

    Perumpamaan yang bisa saya berikan mengenai pembajakan game adalah seperti berikut: Bayangkan anda membuat suatu macam lukisan atau karya foto. Berhari-hari anda habiskan untuk memantapkan karya tersebut baik dari tahap-tahap pencarian inspirasi sampai tahap-tahap pemantapan detil-detil terkecil sehingga menjadi suatu karya indah yang patut dibanggakan.

    Namun sayangnya terjadi hal yang tidak diinginkan yaitu ada satu orang yang memakai karya anda dan difotokopi sebanyak mungkin dan dijual dengan harga murah atau bahkan cuma-cuma di pinggir jalan tanpa sedikitpun apresiasi terhadap anda sendiri.

    Tentunya anda akan merasa tidak senang karena orang tersebut tidak berperan apa-apa dalam proses pembuatannya tetapi mengapa dia bisa mendapatkan keuntungan dari situ? Bukankah keuntungan tersebut sepenuhnya hak anda? Tetapi saya yakin, di satu sisi kecil anda sedikit senang bahwa karya anda dilihat banyak orang dan mengharapkan bahwa para orang itu memberikan sedikit apresiasi terhadap anda sendiri.

    Kali ini bayangkan anda sebagai para game developers, para pembeli sebagai gamers, sang orang penjual sebagai pembajak dan karya tersebut adalah game bikinan anda.

    Yang harus kita ingat adalah bahwa setiap pembuatan game membutuhkan waktu, biaya dan tenaga sama seperti produk-produk lainnya. Memang dulu ketika saya masih muda belum ada banyak tempat dimana kita bisa membeli game-game orisinil terutama game PC, tetapi sekarang sudah banyak sekali metode-metode untuk membeli game orisinil apakah dari Steam, App store, Play store, dan bahkan beberapa toko retail pun sekarang sudah mulai menjual game-game orisinil.

    [​IMG]
    [​IMG]
    Maraknya pembajakan game di Indonesia

    Dan apabila kita pikirkan secara logis saja, rata-rata harga rokok satu bungkus adalah 15 ribu rupiah. Kebanyakan orang membeli satu atau dua bungkus sehari. Dalam seminggu sudah mencapai minimal Rp.105,000 yang kemungkinan bisa mendapatkan game indie di Steam atau game yang sedang diskon. Dalam sebulan sudah bisa mendapatkan satu game orisinil PC yang baru di toko retail.

    Dan yang paling penting adalah, dari setiap pembelian game orisinil uang itu akan tersalur kepada para developers sebagai bentuk satu apresiasi dari kita secara langsung.

    Menurut saya sekarang sudah saatnya para gamers Indonesia untuk memikirkan pembelian game orisinil, terutama terhadap studio-studio game lokal sebagai bentuk dukungan para gamers agar industri game di Indonesia bisa berkembang menjadi salah satu yang terbaik di Asia.

    Lihat juga:


    Opini, Pembajakan, Piracy, Game murah, Game gratis, Industri game, Game, Lokal, Orisinil, Bajakan, Ori, Dampak negatif pembajakan, Download game gratis, Game free, game download, game online

Share This Page