Review 1942 Pacific Front - Game TBS Perang Dunia 2 Yang Bisa Menghabiskan Waktumu!

Game Review - adibasir - Mar 4, 2015

  1. Tổng

    7.3/10

    Graphic
    Sound
    Gameplay

    Playtoko.com - Game turn-based strategy militer dari HandyGames ini merupakan sequel dari game 1941 Frozen Front. Tetapi apakah game ini dapat membawakan suasana baru? Simak ulasan saya!

    [​IMG]

    Game Turn-Based Strategy mungkin tidak sepopuler sub-genre-sub-genre lainnya dari genre strategi. Tetapi bukan berarti bahwa sub-genre turn-based strategy tidaklah seru atau tidak diminati karena hingga saat ini, masih banyak sekali game turn-based strategy yang diminati banyak pemain seperti serial Civilization karya Sid meier. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa turn-based strategy adalah salah satu game tertua yang muncul dalam bentuk catur yang sudah dimainkan dari abad pertengahan.

    Dalam beberapa artikel yang lalu, saya menjelaskan bahwa salah satu daya tarik dari game turn-based strategy adalah bagaimana kita merencanakan setiap langkah yang akan kita lakukan dan memperkirakan apa yang musuh kita akan lakukan untuk melawan langkah tersebut dan setelah itu menentukan langkah apa yang kita akan lakukan untuk menangkal langkah dari lawan kita yang melawan langkah awal kita. Dan itu hanyalah satu kemungkinan dari sekian banyaknya kemungkinan.

    Game 1942 Pacific Front adalah game Turn-Based Strategy dari HandyGames yang baru dirilis pada bulan Februari kemarin untuk iOS dan Android yang dapat kalian download secara gratis. Game ini adalah sequel dari game HandyGames sebelumnya yaitu 1941 Frozen Front yang juga merupakan game Turn-Based Strategy namun peristiwa dalam game itu terjadi di teater perang Eropa sementara game ini terjadi di teater perang Pasifik.

    Game ini menggunakan dasar hexagon atau segienam sebagai dasar mekanisme pergerakan. Hexagonal tile juga dipakai dalam game Civilization V dan memang terbukti lebih enak untuk dimainkan karena pergerakan antar unit pun terasa lebih leluasa dan memberikan suatu aspek strategi yang lebih ekspansif terutama dalam game dimana kita harus memimpin banyak unit dan pasukan. Dalam game ini pun terasa seperti demikian. Unit-unit dapat kita tata dengan rapih sesuai dengan kemampuan unik mereka masing-masing.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    Unit-unit yang ada dalam game ini pun terasa cukup nyata dan historikal. Nama-nama tank, pasukan infanteri dan kapal-kapal yang ada dalam game ini semua ternamakan sesuai dengan nama aslinya. Dan dari setiap kali kita memilih para unit akan ada semacam suara yang khas seperti game-game strategi layaknya tentara yang melapor kepada atasan mereka. Meskipun ini suatu hal kecil, tetapi menurut saya ini akan menjadi suatu nilai plus bagi para pemain yang mencintai hal-hal berbau militer seperti saya sendiri.

    Tampilan dari game ini sekilas terlihat cukup bagus. Gambar dari masing-masing unit terlihat cukup realistis meskipun tidak sesuai skala asli. Grafis dari suasana level pun juga terlihat cukup mendetil dan dapat memberikan suasana tropis layaknya berada pada sebuah pulau di samudra Pasifik. Tetapi semua nilai plus tersebut hilang seketika saat saya melihat animasinya. Pada intinya, animasi dalam game ini benar-benar terasa seperti tidak diusahakan sama sekali. Misalkan, pergerakan tank tidak memperlihatkan perputaran dari tank tersebut dan hanya terasa layaknya sprite statis yang dipindahkan. Efek dari game ini pun juga tidak terlihat memukau sama sekali bahkan sampai memberikan suatu kesan yang membosankan pada pengalaman bermain secara keseluruhan.

    Secara keseluruhan, game ini sebagai suatu game gratis merupakan suatu game yang cukup menyenangkan untuk dimainkan, terutama untuk para pecinta game strategi bertema militer. Tetapi memang pada akhirnya kualitas tersebut jatuh dalam segi grafis terutama animasi dari game ini. Apabila anda merupakan seorang pemain yang tidak peduli dengan aspek grafis dalam suatu game maka saya akan menyarankan untuk mencoba game ini.


    1942 Pacific Front
    [​IMG]

    Lihat juga:


    1942, Pacific, Front, 1942 Pacific Front, WW2, Perand Dunia 2, HandyGames, Handy, Games, iOS, Android, Strategy, Turn-Based, Action, War, Tanks, Army, Infantry, Warships

Share This Page