Review Adventures of Poco Eco - Kandidat Game Adventure Terbaik Tahun Ini

Game Review - achmadfaizal - Apr 14, 2015

  1. Tổng

    10/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Kamu suka game puzzle yang ngga biasa seperti Monument Valley? Dijamin, kamu akan suka dengan Adventures of Poco Eco, game adventure dengan kualitas tinggia baik secara visual maupun audionya!

    [​IMG]
    Itu dia, Poco Eco, yang kamu lihat sedang berdiri dengan kaset tape di dadanya

    Perkembangan industri video game di kalangan dunia kreatif yang independen memang ngga ada habisnya. Bukan hanya produk asal-asalan yang biasanya ditawarkan, namun kebanyakan di antara para studio indie mampu menghasilkan produk di platform yang sama namun dengan cita rasa yang jauh berbeda. Maksudnya adalah seperti game mobile Monument Valley yang dihadirkan oleh Ustwo di tahun lalu, kemasannya yang unik mampu menginspirasi industri gaming dan menjadi tren yang cukup banyak diikuti hingga saat ini.

    Memang sih, risikonya sangat tinggi. Biasanya game indie hanya akan menghasilkan dua pendapat yang sangat kontras: sangat disukai dan tidak bisa terlupakan, atau tidak disukai dan tidak dipedulikan sama sekali. Namun nampaknya Possible Games berhasil mendapatkan impresi yang pertama berkat game adventure terbarunya yang berjudul Adventures of Poco Eco . Studio developer asal Hungaria tersebut kali ini bekerjasama dengan musisi dari negara yang sama, Iamyank , dalam pembuatan game mobile yang akan saya bahas kali ini.

    [​IMG]

    Sebelum saya mulai membahas game premium ini, saya ingin sampaikan beberapa hal yang menjadi acuan utama pada kesan-kesan yang saya rasakan saat mulai bermain dari awal hingga tamat. Untuk impresi awal, saya sudah jatuh cinta dengan game mobile ini. Interface-nya cukup apik, tidak banyak basa-basi, tidak perlu tutorial, namun gameplay-nya dapat mudah dimengerti. Sehingga semakin lama bermain kamu akan menemukan semakin banyak hal untuk dipahami lebih lanjut kedepannya, baik untuk gameplay maupun alur ceritanya. Ingat, game ini memiliki genre utama adventure, sehingga alur cerita di dalam game sebenarnya adalah pondasi utama yang membangun game ini secara keseluruhan.


    Game mobile dengan musik terindah yang pernah ada
    Sesuai dengan judulnya, kamu akan berperan sebagai Poco Eco, seorang manusia kaset tape yang mengembara seorang diri demi menghidupkan kembali suara dan musik yang telah lama hilang dari tempat tinggalnya berada. Poco tentunya tidak hidup seorang diri, ada banyak makhluk sejenis lainnya yang juga merasa terpuruk akibat derita kesunyian yang mereka alami. Di sini, saya sudah bisa merasakan kesan heroik pada karakter utama dan jujur saja plot seperti ini cukup menggugah rasa penasaran mengingat bahwa Poco bukanlah pahlawan super yang memiliki kekuatan ajaib atau semacamnya.

    [​IMG]
    Instrumen musik dimana-mana

    Kembali mengenai kisah pencarian musik dan suara yang hilang, hal ini sebenarnya berkaitan erat dengan judul LP (Long Play) terbaru dari Iamyank yang berjudul serupa, yaitu Lost Sounds . Lagu-lagu yang terdapat di dalam LP tersebut merupakan musik yang dijadikan backsound pada keseluruhan isi game ini. Alhasil, terciptalah game mobile dengan kualitas musik dan efek suara terindah yang pernah saya temukan. Mungkin jika dibandingkan dengan game rhythm memang tidak seberapa, tapi feel game adventure ini terasa sangat berbeda berkat kualitas musik yang dirancang dengan seriues oleh musisi ternama.

    Dan jika kamu berhasil menyelesaikan semua 14 level di dalamnya hingga tamat, kamu berkesempatan untuk mendownload Lost Sounds dengan gratis. Hal ini tentunya setimpal dengan harga yang perlu kamu bayarkan untuk membeli Adventures of Poco Eco yang dibanderol sekitar Rp 25.000-an. Lagipula bukan hanya pengalaman berupa musik indah yang akan kamu alami, namun jalan cerita di dalam game ini juga banyak dibumbui oleh puzzle yang menarik dan tentunya kualitas grafis yang tidak biasa.

    [​IMG]
    Total ada 14 level yang tersedia


    Kualitas grafisnya akan membuatmu tercengang!
    Kalau berbicara soal kualitas grafis, asalkan sebuah game mobile memiliki tampilan 3 dimensi yang halus pasti akan langsung dibilang sebagai game HD atau game berat atau apapun yang berkesan mengagung-agungkan. Dan saya rasa hal itu wajar saja, toh para gamer zaman sekarang ini mayoritas memang lebih cenderung menyukai game dengan minimalnya bertampilan 3D.

    Begitu juga dengan Adventures of Poco Eco, kualitas grafisnya perlu diacungi 2 jempol. Namun bukan hanya soal tampilan 3D yang menarik perhatian saya, ada hal lain yang jarang diberikan game mobile lainnya yang ditawarkan oleh game ini. Yaitu perputaran sudut pandang kamera yang tidak kaku, walaupun desain karakter dan dunia yang tidak terlalu halus (agak blocky dan bertekstur kaku) namun kamu tidak akan terus menerus diberikan tampilan TPS (third-person shooter) yang monoton. Sudut pandang kamera akan terus bergerak secara dinamis mengikuti kontur bangunan yang ada di sekitar Poco dan menyesuaikan dengan posisi Poco berada. Kamu bisa lihat beberapa screenshot di bawah ini sebagai contoh sudut pandang dinamis yang saya maksud:

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    Keren banget! Mungkin kedengarannya agak lebay, tapi saya merasa seolah-olah menjadi sutradara dalam petualangan Poco sambil menaiki helicopter dari jarak jauh. Saat bermainpun, objek-objek di sekitar Poco bukanlah sekedar objek mati yang berfungsi sebagai hiasan atau dekorasi. Beberapa objek sengaja dibuat serumpun dan jika disentuh akan menghasilkan efek suara tersendiri. Memang tidak ada hubungannya dengan inti gameplay, tapi lumayan bisa dijadikan hiburan tambahan jika kamu tidak ingin atau sayang jika cepat-cepat menamatkan Adventures of Poco Eco.


    Possible Games bisa menjadi saingan terberat Ustwo
    Game ini tentunya bukanlah game mobile pertama yang dirilis oleh Possible Games, sebelumnya sudah ada beberapa judul game yang diproduksinya namun memang belum cukup mampu menarik banyak perhatian gamer dan media game. Terlepas dari pengalaman yang dimilikinya dari beberapa game yang sudah ada, game adventure ini saya rasa bisa menjadi salahsatu kandidat terkuat untuk mendapatkan predikat Game Adventure Terbaik di Tahun 2015. Segala unsur kekuatan yang ada di dalamnya terharmonisasi dengan baik, petualangan, puzzle, musik, efek suara, grafis indah, dan sudut pandang yang dinamis membuat game ini terasa semakin hidup.

    [​IMG]
    Kemerian saat Poco berhasil mengumpulkan semua Lost Sounds

    Dan jika dibandingkan dengan game pembentuk tren di tahun 2014 lalu, saya rasa Adventures of Poco Eco pantas jika dibandingkan dengan Monument Valley dari Ustwo. Terutama dalam segi gameplay puzzle-nya yang ringan hanya dengan sentuhan satu jari, dan juga dengan tingkat kesulitan puzzle-nya itu sendiri yang setara. Monument Valley mungkin memiliki kelebihan tersendiri dengan tampilan ilusi optiknya dan perubahan bentuk artistekur bangunan puzzle yang dinamis dan cukup mengejutkan. Sedangkan game ini lebih memiliki kekuatan dari segi kualitas suara, musik, dan sudut pandang yang dinamis. Untuk segi alur cerita dan perubahan atmosfir di tiap level dari kedua game tersebut saya rasa sama kuatnya.

    [​IMG]

    Jadi, kesimpulannya adalah kamu wajib coba download dan mainkan Adventures of Poco Eco sekarang juga. Ukurannya game-nya memang agak cukup besar (320M8-) namun harganya tidak semahal Monument Valley. Kamu bisa saja menyelesaikan game ini seharian, atau bisa kamu cicil 1 level dalam 1 hari sehingga kamu bisa menikmatinya selama 2 minggu. Kurang-lebihnya silakan coba dan nilai dengan pendapat kamu sendiri. Mudah-mudahan saja kamu suka dengan gaya musik yang disuguhkan oleh Iamyank.

    Baca juga:
    Download Adventures of Poco Eco, Android
    [​IMG] [​IMG]

    Download Adventures of Poco Eco, iOS
    [​IMG]


    adventures of poco eco, puzzle, android, ios, game android, game ios, game iphone, game ipad, game mobile, game premium, possible games, monument valley, iamyank, hungaria, ustwo, lost sounds, lp

Share This Page