Review Age of Sparta - Peperangan Romawi Kuno yang 'Mata Duitan'

Game Review - achmadfaizal - Mar 2, 2015

  1. Tổng

    7.5/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Dari anime Saint Seiya menuju film 300, ada suguhan game gratis terbaru dari Gameloft bertema Romawi kuno dan mitologi Yunani yang ngga boleh kamu lewatkan, Age of Sparta! Simak ulasan selengkapnya di sini.

    Peperangan Romawi kuno antara negeri kerajaan Yunani dan Persia rasanya sudah tidak asing lagi bagi siapapun, baik tua maupun muda, perempuan maupun laki-laki, bagi gamer maupun bukan gamer. Kalau mengingat soal sejarah mitologi Yunani , hal paling pertama yang terbersit pada ingatan saya adalah anime Saint Saiya yang zaman dulu sempat tayang di salahsatu saluran channel televisi swasta di Indonesia setiap hari minggu (ketahuan deh betapa tuanya saya :3 haha). Karakter Seiya yang memiliki kekuatan menggunakan armor Pegasus seketika membuat saya jatuh cinta hingga membeli action figure-nya.

    [​IMG]

    Well, mungkin kalau dikaitkan dengan Saint Seiya dari segi seting waktunya terlalu jauh, mungkin hal yang paling berdekatan dengan game mobile yang akan saya bahas kali ini adalah film 300 yang dirilis pada tahun 2006 lalu. Ya, Age of Sparta , game strategi terbaru dari Gameloft ini cukup mendapat banyak perhatian dari kalangan media game sehingga tidak ada salahnya jika saya ulas juga dan kamu baca sebelum memainkan game gratis ini nantinya.

    Prajurit bertubuh kekar, jubah merah, helm emas berjambul bulu, dan tombak panjang nan runcing sudah melekat sebagai ikon prajurit khas kebangsaan Romawi kuno, seperti sosok King Leonidas yang bisa kamu lihat pada film 300. Kamu juga bisa temukan sosok seperti itu pada game strategi ini, bahkan bukan hanya sosok prajurit seperti itu yang bisa kamu gunakan sebagai pasukan menyerang, ada berbagai makhluk legendaris dari mitologi Yunani yang bisa kamu latih juga!

    [​IMG]

    Makhluk-makhluk legendaris yang saya maksud di sini adalah makhluk atau monster yang sudah tidak asing juga terutama bagi para gamer, seperti sosok sang Gorgon, Gryphon, Harpy, Chimera, dan makhluk buas, kuat, dan unik lainnya. Semuanya bisa kamu latih di Grounds of Ares, semacam barak tempat berlatihnya para prajurit sebelum turun ke medan perang, dengan menggunakan sejumlah koin. Di sini lah letak strateginya di mulai, seketika kamu akan diminta untuk memenuhi sejumlah quest bertubi-tubi (sengaja diberikan sebagai bentuk tutorial cara bermain) yang harus kamu penuhi.

    Mekanisme di dalam game ini bergerak secara berkesinambungan: bila ingin beperang maka membutuhkan prajurit > untuk melatih prajurit memerlukan koin dan waktu > untuk mendapatkan koin bisa didapat melalui bangunan produksi (Farm, Workshop, Market, dll.) > atau dapatkan koin dari hasil memenangkan peperangan. Kalau kamu pernah, suka, atau masih memainkan game RTS seperti Age of Empires dan yang masih booming sampai saat ini seperti Clash of Clans , kamu pasti akan mengerti dengan mekanisme game Age of Sparta.

    [​IMG]

    Sampai saat ini mungkin kedengarannya tidak terlalu mencolok dan menarik, semua proses ini akan terus berlangsung tiada henti sampai entah berapa lama kamu bisa bertahan dengan game ini. Tapi tenang saja, saya tidak akan membuatmu kecewa akibat membaca ulasan ini. Sistem strategi saat berperang di dalam game ini cukup menarik, meskipun kamu tidak memiliki kendali penuh terhadap semua pasukanmu. Dengan kata lain, strategi atau lebih tepatnya taktik yang kamu atur berlangsung sebelum penyerangan dimulai. Kamu akan diberikan 5 spot untuk menentukan jenis prajurit mana saja yang akan terlibat pada pertempuran yang akan berlangsung nantinya. Nantinya masing-masing spot ini akan berhadapan dengan spot prajurit musuh di depannya. Hal ini sangat penting karena setiap prajurit memiliki jenis tersendiri, yaitu Agile (ikon pedang), Tough (ikon perisai), Magic (ikon petir), dan Premium (ikon matahari).

    Jenis-jenis prajurit ini tentunya perlu kamu ketahui dan ingat dengan baik karena nantinya akan berpengaruh dengan kemudahan dalam bermain. Ada sistem suit (gunting, batu, kertas) yang berlaku pada jenis-jenis prajurit ini: Agile > Tough > Magic > Agile; dan Premium kuat terhadap segala jenis prajurit. Sistem peraturan jenis prajurit ini seketika mengingatkan saya dengan game Blood Brothers dan Blood Brothers 2 dari DeNA yang menggunakan sistem yang serupa. Dan saya rasa di sinilah letak keunikan tersendiri yang ditawarkan oleh Gameloft di Age of Sparta di samping permainan pembangunan kota yang tiada henti.

    [​IMG]
    Sistem matchmaking di dalam game ini cukup adil

    Berbicara mengenai pembangunan kota, hal ini justru yang sangat mengganggu bagi saya. Ya maklum saja, game ini adalah game gratis alias F2P (free-to-play) yang memiliki sistem mata uang berlapis-lapis demi segala jenis kebutuhan di dalam game. Mulai dari koin biasa, gems, hingga social currency atau mata uang sosial yang hanya bisa kamu peroleh dengan cara menyerbu kota pemain lain setelah berhasil mengalahkan pasukan prajuritnya (bermain PvP) atau dengan cara membantu pasukan pemain lain yang sudah menjadi teman pada daftar Alliances (fitur ini akan tersedia setelah kamu mencapai level 10). Tidak ketinggalan juga dengan sistem energi atau di dalam game ini diberi nama Faith yang harus dibayarkan agar bisa bertarung melawan musuh di mode Campaign atau melawan pemain lainnya.

    Sebenarnya sih tidak ada masalah yang begitu berarti pada sistem mata uangnya, karena game seperti Clash of Clans pun juga memiliki sistem mata uang yang hampir serupa. Namun terkadang terasa menjengkelkan saat kita membutuhkan jenis prajurit yang kuat namun kamu hanya bisa membeli/melatih dengan sejumlah mata uang sosial yang cukup sulit diperoleh. Karena pada ujungnya gems lah yang mampu mempermudah sistem mata uang ini.

    [​IMG]
    Kamu juga memerlukan proteksi agar kota kamu tidak diserang saat kamu tidak online

    [​IMG]

    Dengan ukuran game yang tidak terlalu besar, gaya gambar, efek suara, dan animasi yang cukup baik saya rasa tidak ada salahnya jika kamu coba mainkan Age of Sparta. Selain gratis, saya rasa game ini cukup baik sebagai pengganti hobi kamu bermain game RTS di perangkat Android atau iOS jika kamu sedang bosan dengan Clash of Clans. Ataupun jika kamu memang menyukai anime, film, komik, ataupun game bertema Romawi kuno. Selamat bermain!

    Baca juga:

    Download Age of Sparta
    [​IMG]


    strategi, age of sparta, gameloft, 300, saint seiya, rts, game strategi, romawi, romawi kuno, yunani, persia, mitologi yunani, pegasus, clash of clans, blood brothers, blood brothers 2, dena, game mobile, game gratis, android, ios, game android, game ios, game iphone, game ipad

Share This Page