Review Angry Birds 2 - Dua Kali Lipat Kerennya, Dua Kali Lipat Bikin ‘Angry’-nya!

Game Review - achmadfaizal - Jul 31, 2015

  1. Tổng

    8.2/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Meskipun tidak ada Stella, tapi ada karakter baru, Silver, yang menghiasi Angry Birds 2. Bukan hanya karakter baru saja, ada banyak hal baru mulai dari sistem penilaian, sistem kartu, boss level, dan fitur-fitur baru lainnya yang ngga boleh kamu lewatkan dari game sekuel yang paling dinantikan ini.

    [​IMG]

    Rovio hampir selalu tidak membuat saya kecewa dengan berbagai jenis produk game yang diterbitkannya, terutama untuk franchise game Angry Birds . Angry Birds Space , Angry Birds Transformers , dan Angry Birds Epic adalah tiga judul yang menurut saya memiliki gameplay yang unik, berbeda, dan paling berkesan dari seri-seri lainnya. Tapi, seri utama game ketapel burung ini juga tidak kalah menarik kok, apalagi sekuelnya Angry Birds 2 kini sudah bisa kita download dan mainkan dengan gratis di perangkat Android dan iOS .

    Masih dengan konsep gameplay yang sama, di Angry Birds 2 kamu akan kembali bermain ketapel dengan karakter birds sebagai pelurunya. Setiap birds juga tentunya memiliki kekuatan yang berbeda, seperti Red yang dapat mengeluarkan hembusan udara, Chuck yang dapat menukik tajam, The Blues yang dapat memecah diri menjadi tiga, dll. Hal ini bukan hanya sekedar bantuan atau power-ups di dalam permainan, justru kamu harus memikirkan strategi yang baik: karakter birds mana dulu yang sebaiknya digunakan pada tembakan pertama, kedua, dst.

    [​IMG]

    Berbeda dengan game pendahulunya di mana para birds sudah berjejer di belakang ketapel, sehingga urutannya untuk digunakan sudah ditentukan oleh game. Sedangkan di Angry Birds 2, para birds dan spell dikemas dalam bentuk kartu dan kita bisa pilih kartu mana yang ingin digunakan terlebih dahulu. Jika kartu habis tetapi belum semua babi hijau dikalahkan, maka kamu gagal dan tidak ada fitur restart seperti pada seri game Angry Birds lainnya.

    Jelas sekali bahwa sekuel keduanya ini terasa semakin serius, meskipun tidak masuk ke dalam kategori game mid-core, namun game ini terasa sedikit kompleks bila dikategorikan sebagai game kasual . Pasalnya, kini di setiap level tidak hanya ada satu lokasi saja yang akan kamu temui, minimalnya ada dua lokasi bad piggies yang harus berhasil kamu kalahkan. Maka hal ini berkaitan erat dengan jumlah kartu yang masih kamu miliki, apakah dapat mencukupi untuk menyelesaikan level tersebut atau tidak.

    [​IMG]

    Untungnya, ada sistem penilaian baru yang terinspirasi dari sistem penilaian olahraga golf. Jika kamu berhasil membasmi semua bad piggies hanya dengan satu kartu saja (baik birds ataupun spell), maka kamu akan mendapatkan penilaian Strike, dua kartu dinilai Birdie, tiga kartu dinilai Par, dst. Sistem penilaian yang baru ini akan mempermudah permainanmu di mana bila kamu mendapatkan Strike di lokasi pertama, maka kamu berkesempatan untuk mendapatkan kartu gratis di lokasi kedua.

    Karena tidak ada fitur restart, maka setiap langkah yang kamu lakukan akan sangat berpengaruh pada nyawamu untuk bermain. Kehabisan kartu akan dianggap sama seperti give up yang berarti kamu gagal dalam menyelesaikan level tersebut dan nyawa dikurangi satu. Kedengarannya memang cukup rumit dan harus saya akui, Angry Birds 2 memang terasa dua kali lipat bikin ‘Angry’-nya.

    [​IMG]

    Namun terlepas dari rumitnya dan semakin sulitnya game ‘kasual’ ini, Angry Birds 2 berhasil menampilkan kemasan dan tampilan yang sangat fresh bagi saya. Mungkin memang banyak pihak baik penggemar, media, atau pihak lainnya yang mengekspektasikan game ini dalam tampilan 3-dimensi, namun bagi saya pribadi justru tampilan 2-dimensi kartun seperti inilah yang menjadi karakter dan identitas utama sebuah game seri utama Angry Birds.

    Lagipula desain gambar, animasi, dan desain latarbelakangnya kini ditampilkan dengan rancangan yang lebih dinamis sehingga memberikan kesan yang sangat hidup. Kamu bisa ekspektasikan beragam kondisi cuaca yang akan kamu hadapi di setiap levelnya, terkadang akan nampak cerah, mendung, hujan, ataupun bersalju. Meskipun demikian hal ini tidak akan mempengaruhi performa tembakan ketapelmu karena tidak ada penerapan efek angina, kelembapan udara, atau apapun yang dapat membuat game semakin kompleks.

    Ngomong-ngomong soal latarbelakang, kamu akan menjumpai berbagai ornamen dan objek hidup di setiap levelnya. Ornamen atau objek yang saya maksud bisa berupa benda mati seperti kipas angin atau benda hidup seperti bunga raksasa. Awalnya saya kira objek-objek ini hanyalah sekedar pemanis di dalam Angry Birds 2 saja, akan tetapi ternyata objek ini sangat hidup dan seringkali cukup membantu. Contohnya seperti objek bunga raksasa, bunga ini akan menghisap benda apapun yang menyentuhnya, baik serpihan kayu ataupun birds yang jatuh, dan kemudian melontarkannya sesuai dengan arah posisinya. Terkadang berkat bunga raksasa ini saya bisa dapatkan Strike di lokasi awal.

    [​IMG]

    Selain peraturan game yang semakin kompleks dan visual game yang semakin menarik, tantangan yang diberikan Angry Birds 2 terasa semakin seru saat kamu mencapai boss level. Mengikuti jalan cerita yang disampaikan pada prolog, kamu akan seringkali menemui dan berhadapan langsung dengan King Pig dan antek-anteknya seperti Foreman Pig di beberapa level tertentu. Biasanya kamu akan menghadapi sang pemimpin bad piggies yang diantarkan oleh perahu melayang ini di setiap 10 level sekali atau setiap kali akan berpindah ke tema level yang berbeda.

    [​IMG]

    Berbicara mengenai level, versi awal rilis Angry Birds 2 (versi 2.0.1) telah menghadirkan 240 level di 9 tema level yang berbeda. Setiap tema memiliki 20-30 level yang disertai dengan perkembangan alur cerita dan fitur baru nantinya, seperti penemuan karakter birds lainnya dan jenis spell baru yang dapat kamu gunakan. Untuk spell, kamu bisa menggunakannya di setiap level kecuali pada boss level dan kartu spell bersifat terbatas. Kamu dapat meraih lebih banyak spell melalui Achievement atau membelinya dengan berlian. Berlian sendiri merupakan mata uang premium di dalam game yang juga berfungsi untuk memberikanmu kartu tambahan jika kamu sudah kehabisan kartu dalam memainkan sebuah level.

    Kesimpulannya, Angry Birds 2 adalah sekuel game mobile berkualitas yang patut kamu mainkan dan koleksi di smartphone dan tablet kesayanganmu. Ukuran game-nya relatif kecil dan bisa dimainkan secara offline alias tanpa akses internet. Selain itu kamu juga telah lihat dan baca banyak sekali hal baru yang bisa kamu jumpai di dalam game gratis ini, termasuk juga karakter birds baru yang bernama Silver! Kabarnya, Silver memiliki kekuatan spesial berputar di udara dan menukik secara tajam 180 derajat. Penasaran? Langsung saja download game ini dengan klik link yang sudah di sediakan di akhir artikel.
    Baca juga:



    angry birds 2, angry birds, android, ios, game android, game ios, game mobile, game gratis, rovio, slingshot, angry birds epic, angry birds transformers, angry birds space, kasual, casual, arcade

Share This Page