Review Angry Birds Fight! - Semakin Cepat, Maka Semakin Kuat!

Game Review - achmadfaizal - Jun 15, 2015

  1. Tổng

    7/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Apa kamu suka game puzzle yang ngga biasa dan bertempo cepat? Kamu harus coba mainkan game terbaru dari Rovio, yaitu Angry Birds Fight!. Dengan sentuhan Kiteretsu, pertarungan birds dan piggies semakin seru!

    [​IMG]
    Kerjasama Rovio dan Kiteretsu dengan unsur Jepang

    Sejak perkembangan game mobile makin bertumbuh pesat, makin banyak juga jenis game yang bisa kita temui. Dahulu jenis genre game mungkin memang hanya terpatok di satu alur saja, misalnya seperti game puzzle Tetris, ya puzzle saja, atau game RPG Final Fantasy, ya RPG saja dengan gameplay turn-based combat yang klasik. Bila dibandingkan dengan keadaan masa kini, kita bisa temukan semakin banyaknya game-game mobile yang hybrid. Misalnya seperti action RPG, strategi RPG, puzzle adventure, dan masih banyak jenis-jenis baru lainnya.

    Salahsatu jenis hybrid di kalangan game mobile yang (katanya) paling banyak peminatnya adalah yang digabungkan dengan puzzle. Contohnya seperti puzzle RPG yang diusung oleh Rovio untuk produk game terbarunya, Angry Birds Fight! . Bekerjasama dengan developer asal Jepang, Kiteretsu Inc. , game mobile yang akan saya bahas kali ini jauh berbeda dengan berbagai judul franchise game Angry Birds lainnya yang sudah ada. Meskipun misi utamanya masih mengalahkan para babi hijau piggies, tapi kali ini kamu akan melakukannya dengan cara yang lain.

    [​IMG]

    Senjata utama yang akan kamu butuhkan untuk mengalahkan para piggies di sini adalah kemampuanmu dalam bermain game match 3 puzzle secepat dan sebanyak mungkin kamu bisa. Kedengarannya mungkin memang biasa saja, seperti tidak ada bedanya dengan pendahulu jenis hybrid puzzle RPG yang pertama kali dibawakan oleh Puzzle & Dragons. Padahal sistem combat di dalam game gratis ini sangat berbeda, guys. Kalau biasanya setiap match yang kamu cetak akan menjadi serangan yang dilakukan oleh karaktermu, game ini justru akan menyimpan sebanyak mungkin match yang bisa kamu cetak sampai nantinya akan terkumpul menjadi kekuatan tambahan bagi karaktermu.

    Unik dan sulitnya Angry Birds Fight ! mulai terasa saat kamu mendapatkan pasangan untuk bermain. Ya, pasangan. Pada dasarnya kamu akan selalu melawan pemain lainnya yang juga menggunakan karakter birds sebelum nantinya kamu bisa menghadapi para piggies dengan pertarungan antar perahu. Setelah mendapatkan pasangan bertarung, selanjutnya kamu akan diberikan waktu terbatas selama 45 detik saja untuk memainkan match 3 puzzle di atas papan berukuran 7x7. Setiap match puzzle nantinya akan menambahkan status kekuatan serangan dan kekuatan bertahan karaktermu.

    [​IMG]
    Atas: saat bertemu masih akur; Bawah: saat sedang bertarung....

    [​IMG]
    Waktu habis! No more moves!

    Sebenarnya gameplay seperti ini pun tidak begitu baru secara konsep keseluruhannya. Kamu bisa temukan gameplay yang serupa dari game Zookeeper Battle yang juga merupakan produk game mobile dari Kiteretsu Inc. Keduanya menawarkan gameplay puzzle battle dengan sistem online dan pertarungan dimulai berdasarkan skor atau angka yang berhasil diraih dari match yang berhasil kamu cetak. Hanya saja bedanya Angry Birds Fight! memiliki unsur RPG yang lebih kental di dalamnya.

    Unsur RPG di dalam game gratis ini sangat terasa dengan atribut status kekuatan serangan (simbol pedang), kekuatan bertahan (simbol tameng), dan health points (simbol hati) masing-masing karakter. Ada Red, Chuck, The Blues, Bomb, Matilda, dan Stella yang bisa kamu miliki dan gunakan untuk bertarung. Dan tentunya kamu bisa menunjang atribut status para karakter birds dengan memakaikan 3 item, diantaranya senjata, pelindung kepala, dan aksesoris. Game ini terasa semakin lucu karena para burung bisa kamu pakaikan benda-benda yang nyentrik seperti panci penggorengan sebagai senjata, topi tennis sebagai pelindung kepala, dan kacamata hitam biar lebih gaul. Dan pemakaian item ini juga dibatasi dengan keadilan berupa kapasitas berat maksimal yang bisa ditampung oleh tiap karakter.

    [​IMG]
    Si Chuck udah kece banget, kan?

    Seiring jauhnya permainan kamu lalui, karaktermu juga akan berkembang layaknya game RPG pada umumnya. Ada sistem level bagi para birds agar status atribut mereka semakin bertambah, dan kapasitas beratnya juga bertambah agar bisa mengenakan item-item lainnya yang lebih kece dan lebih nyentrik. Beberapa item juga ada yang memberikan efek skill tertentu, biasanya untuk item aksesoris. Oh ya, kamu juga bisa meng-upgrade item yang kamu miliki untuk meningkatkan efeknya dengan membayarkan sejumlah koin.

    [​IMG]

    Kembali berurusan dengan para piggies, kamu belum akan diperbolehkan untuk berlanjut ke stage berikutnya jika kamu belum memenuhi persyaratan yang diminta di stage tersebut. Pada intinya, kamu harus bisa mencapai 100% di sebuah stage dengan cara bertarung dengan pemain lain dengan jumlah tertentu, barulah nantinya akan ada perahu piggies yang menantangmu untuk berduel. Saat bertarung dengan perahu, maka kamu juga akan menggunakan sebuah perahu. Sama dengan karakter per individu, perahu juga bisa kamu modifikasi dengan membeli dan mengganti dekorasi, layar, dan bagian dasar perahunya untuk menunjang status atribut si perahu. Nantinya salahsatu dari karakter birds yang kamu miliki akan berperan sebagai captain perahu, dan masing-masing captain akan memberikan efek tertentu dengan jenis bagian perahu yang kamu gunakan. Cukup kompleks.

    Berbeda dengan puzzle battle dengan pemain lain, justru battle antar perahu dengan piggies di Angry Birds Fight! terasa lebih mudah. Saya yakin, jika kamu sudah terbiasa dengan battle dengan pemain lain dan merasa terburu-buru untuk bisa mencetak match dan skor sebanyak mungkin, urusan melawan piggies terasa mudah seperti mudahnya membalikkan telapak tangan.

    [​IMG]

    Satu kesan yang saya rasakan dari gameplay match 3 puzzle semacam ini adalah rasa ‘terburu-buru’. 45 detik adalah waktu yang sangat singkat, dan bila tidak dipergunakan sebaik-baiknya pasti akan merugi nantinya. Karena terlalu fokus dengan mencari gambar mana yang bisa di-match, saya seringkali mengabaikan apa yang terjadi di bagian atas layar. Dan dengan gaya gambar yang cartoon-ish, ciri khas Angry Birds sangat terasa di dalam game gratis ini, kamu pasti akan menyukainya. Tapi mungkin juga bagi kamu penggemar setia Angry Birds akan merasa sedikit kecewa karena kalau biasanya serial franchise game Angry Birds bisa dimainkan secara offline, namun game ini hanya bisa berjalan dengan akses internet/online.

    [​IMG]
    Saat sudah sekarat tapi bisa menang itu rasanya.... :3

    Jika disimpulkan, Angry Birds Fight! adalah satu dari sekian game puzzle terbaik tahun ini yang wajib kamu coba. Meskipun rasanya sudah sangat tertinggal jauh dari para pemain di Jepang (karena game ini sudah jauh lebih awal dirilis di sana), tidak ada salahnya untuk tetap memainkan game gratis ini. Tapi jika kamu tidak menginginkan game puzzle yang terburu-buru atau lebih menginginkan game puzzle dengan tempo yang santai, mungkin game mobile ini kurang cocok bagimu.

    Baca juga:



    angry birds fight, angry birds fight!, rovio, kiteretsu, zookeeper battle, android, ios, puzzle, match 3 puzzle, rpg, puzzle rpg, game mobile, game gratis, game android, game iphone, game ipad, kiteretsu inc.

Share This Page