Review Angry Birds Stella POP! - Puzzle Shooter a la Rovio bersama Stella dan Kawan-Kawannya

Game Review - achmadfaizal - Mar 18, 2015

  1. Tổng

    6.7/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Sudah coba game terbaru dari Rovio? Sekarang bukan lagi para birds yang akan kamu lemparkan, tapi bola warna-warni dalam game puzzle shooter dengan ketapel di Angry Birds Stella POP! Baca ulasan lengkapnya di sini.

    [​IMG]
    Walau sudah berubah gameplay, Gale tetap saja jadi musuh utama Stella dan kawan-kawan

    Siapa sih yang ngga tahu dengan franchise tokoh burung-burung bulat pemarah yang memiliki musuh utama para babi hijau? Yes, Angry Birds ! Game mobile-nya yang pertama kali dirilis 6 tahun lalu untuk perangkat iOS tersebut kini sudah sangat mendunia dan melahirkan berbagai jenis karakter baru baik dalam serial game maupun serial Angry Birds Toons-nya. Contohnya seperti karakter kawanan burung perempuan Stella yang pertama kali muncul pada game Angry Birds Stella tentunya tidak datang sendirian. Ia juga hadir bersama 5 karakter baru lainnya, yaitu Poppy, Luca, Willow, Dahlia, dan satu lagi karakter villain yang berkerjasama dengan para piggies, Gale.

    Tidak lama setelah perkenalan karakter di seri Angry Birds Stella, Rovio meluncurkan kembali game yang berisikan Stella bersama kawan-kawannya dengan judul Angry Birds Stella POP! . Dilihat sepintas, saya rasa setiap gamer pasti sudah tidak asing lagi dengan gameplay yang dikemasnya kali ini. Saya langsung teringat dengan game Puzzle Bobble 2 atau juga dikenal dengan nama Bust-A-Move buatan Taito yang dirilis di tahun ’90-an untuk PlayStation, PC, dan Game Boy. Berkat larisnya game puzzle seperti ini, sudah banyak sekali berbagai developer game yang menciptakan game mobile dengan gameplay yang serupa. Sebelum ditiru oleh Rovio, sudah ada judul-judul yang lebih terdahulu seperti Bubble Witch Saga dan Bubble Witch 2 Saga dari King yang sudah didownload lebih dari 50 juta kali di Google Play! Atau kalau kamu ingin mencoba game originalnya, kamu sudah bisa mainkan Bust-A-Move Islands di perangkat Android dan iOS kamu.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Anyway, kembali pada Angry Birds Stella POP ! yang menjadi bahasan kali ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Pertama-tama tentu dari segi gameplay-nya, well, tidak hal yang terlalu berbeda dari game puzzle shooter sejenisnya. Tugas utamamu adalah untuk menembak-nembakkan bola-bola warna-warni dari bawah untuk memeledakkan tumpukkan bola di atas, dan tentunya baru akan meledak jika bertumpukkan dengan warna yang serupa sebanyak minimal 3 buah. Dengan ciri khasnya a la Angry Birds, alat untuk menembakkan bola yang digunakan adalah ketapel, jadi bukan lagi para burung yang kamu lemparkan di sini. Bahkan di antara tumpukan bolanya juga kamu akan menemukan rintangan khas Angry Birds seperti balok kayu, balok es, dan bebatuan. Di samping itu kamu juga dimudahkan dengan garis/titik putus-putus yang menunjukkan arah tembakanmu nantinya, sehingga jika kamu ingin memantulkan bola dengan tembok di samping akan terasa lebih mudah.

    Supaya tidak terasa meniru, kamu bisa gunakan power-ups (atau Power Pop di dalam game) yang dimiliki masing-masing karakter birds yang sedang kamu gunakan di level yang sedang kamu mainkan. Power Pop di sini cukup beragam dan berbeda fungsinya tergantung masing-masing karakter. Contohnya seperti bola pink Stella yang mampu meledakkan beberapa tumpukan bola di satu area tanpa harus memiliki warna bola yang sama, atau bola biru Willow yang dapat merubah sejumlah warna bola dalam satu area menjadi warna yang sama dengan warna bola yang akan kamu lemparkan berikutnya. Untuk dapat mengaktifkan Power Pop ini kamu perlu melakukan beberapa kali combo hingga nanti muncul secara otomatis.

    [​IMG]

    Ada juga variasi berupa objektif yang berbeda di masing-masing levelnya. Pertama-tama kamu akan menemukan level dengan tujuan utama yang sama seperti serial game klasik Angry Birds, yaitu untuk menjatuhkan para babi piggies dari tumpukan balon di atas. Lalu ada juga level yang mengharuskan kamu untuk mencapai dan memeledakkan balon-balon yang terletak di lapisan ujung teratas agar kamu menemukan bola emas kecil bersayap (seperti peri) dengan jumlah yang disyaratkan. Kemudian ada level dimana kamu harus membebaskan sejumlah Critters, semacam makhluk fantasi yang terkurung di dalam gelembung, dengan memeledakkan bola-bola di sekitarnya. Dan yang terakhir ada level yang paling menyebalkan dimana babi piggy di tengah yang dikelilingi sejumlah bola dan ia beserta bola-bola di sekitarnya akan berputar jika kamu menembakkan bola ke arah pinggiran tumpukan bola tersebut.

    [​IMG]

    Untuk kualitas grafik dan animasi Angry Birds Stella POP! menurut saya cukup menghibur, atau bahkan sangat colorful bagi saya pribadi. Dan efek suara serta music sebagai backsound cukup harmonis, sangat menyenangkan dan cocok bagi adik atau keponakan kamu yang masih kecil. Apalagi mekanisme gameplay puzzle seperti ini mampu merangsang aspek kognitif pada perkembangan syaraf-syaraf otak untuk anak-anak usia golden years (usia balita). Asal tetap kamu awasi saja mereka saat bermain supaya ngga salah pencet dan malah membeli Gold di dalam game (penawaran IAP) dengan kartu kreditmu. Ngomong-ngomong soal IAP, kamu bisa membeli sejumlah Gold yang dapat berguna untuk membeli nyawa buat kamu yang ngga sabaran untuk menunggu agar nyawa terisi penuh kembali. Atau kamu juga bisa gunakan Gold untuk membeli bola-bola khusus seperti Rainbow Bubble yang berfungsi seperti Power Pop milik Stella.

    [​IMG]

    Overall, Angry Birds Stella POP! adalah game puzzle shooter yang tidak terlalu buruk di antara jajaran game-game serupa lainnya. Di dalam game terdapat 5 tema dunia dengan 15 level di masing-masingnya, sehingga ada 75 level yang bisa kamu mainkan dengan gratis sekarang juga. Kedepannya nanti Rovio masih akan menambahkan level-level baru pada update game berikutnya. Perlu diingat juga bahwa semakin jauh kamu bermain maka tingkat kesulitannya juga semakin meningkat, jadi jangan marah-marah sendiri ya kalau kamu kesulitan memainkan level 75. Selamat bermain!

    Baca juga:
    Download Angry Birds Stella POP! Android
    [​IMG]

    Download Angry Birds Stella POP! iOS
    [​IMG]


    angry birds, angry birds stella, angry birds stella pop, angry birds stella pop!, rovio, bubble witch saga, king, taito, puzzle bobble 2, bust-a-move, bust-a-move islands, puzzle shooter, android, ios, game android, game ios, game mobile, game gratis, game casual, casual

Share This Page