Review Apocalypse Meow: Save the Last Humans - Game Bullet Hell Terindah di Luar Angkasa

Game Review - achmadfaizal - Aug 11, 2015

  1. Tổng

    8.7/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Buat kamu para pecinta anjing, kamu wajib mainkan kebaikan para human's best friend ini menyelamatkan para umat manusia di Apocalypse Meow. Bertempur melawan kucing? Siapa takut!

    [​IMG]

    Istilah cat person dan dog person mungkin memang tidak terlalu populer di Indonesia, tapi pada dasarnya memang jarang ada orang yang bisa menyukai, memelihara, dan merawat kedua jenis hewan perliharaan berkaki empat ini secara bersamaan. Kalau sekedar menyukai, siapa sih yang ngga suka anjing dan kucing, tapi kalau memelihara dan merawat keduanya pasti akan terasa cukup merepotkan. Selain itu sang pemelihara (atau bahkan breeder) pasti hanya akan fanatik pada satu pilihan saja: anjing atau kucing.

    Kalau dilanjutkan, perdebatan antara cat person dan dog person pasti tidak akan ada habisnya. Well, masing-masing pasti memiliki alasan yang kuat mengapa hewan peliharaan pilihan mereka jauh lebih baik dari yang lain. Namun terlepas dari hal tersebut, ada sebuah game mobile dari tim pengembang game SplitCell yang menggambarkan peperangan antara anjing dan kucing, yaitu Apocalypse Meow: Save the Last Humans . Kalau dilihat dari judulnya, justru umat manusia yang dirugikan dari peperangan kedua hewan mamalia tersebut. Kok bisa ya?

    [​IMG]
    Selamatkan para manusia yang terdampar di ruang hampa

    Dikemas dalam bentuk gameplay shooter , Apocalypse Meow : Save the Last Humans merupakan sebuah game arcade yang klasik dengan sentuhan gaya modern dan futuristik. Di sini kamu akan berada di pihak anjing yang disebut-sebut sebagai human's best friend (sahabat terbaik manusia) dan memiliki misi untuk menyelamatkan umat manusia yang tersisa. Ya, yang tersisa, bumi sudah dihancurkan oleh segenap umat kucing pemberontak yang sebenarnya tidak hanya meluluhlantahkan bumi namun hampir seisi galaksi bima sakti. Sambil menyelamatkan para manusia yang terdampar bebas di ruang hampa, kamu juga akan ditantang oleh serbuan pesawat tempur bangsa kucing.

    Peperangan yang dimaksud di sini adalah pertempuran di luar angkasa dengan menggunakan pesawat tempur dengan tembakan otomatis dan serbuan pesawat musuh yang bertubi-tubi disertai dengan peluru yang memenuhi layar - atau yang biasa disebut dengan istilah bullet hell . Jenis gameplay yang sangat digemari masyarakat Jepang ini memang cukup fenomenal. Eksistensinya sejak hadir pertama kali di Atari di era '80-an hingga kini konsep game bullet hell masih sering digunakan oleh para pengembang dan masih disukai banyak gamer.

    [​IMG]

    Sepintas saya langsung teringat dengan game Sky Force dari Infinite Dreams yang memiliki tingkat kualitas audiovisual setara dengan game gratis ini, hanya saja Apocalypse Meow: Save the Last Humans memiliki unsur tema sci-fi yang kental di dalamnya. Game gratis ini benar-benar menampilkan kualitas grafis yang mumpuni, gambar 3 dimensi, efek animasi, efek cahaya dari latarbelakangnya terasa benar-benar seperti sebuah perjalanan luar angkasa yang sering kita tonton di film-film sci-fi ternama seperti Star Wars dan Star Trek . Tidak mengherankan, sebelumnya SplitCell juga telah memiliki game mobile dengan kualitas yang setara yakni HexSweep.

    [​IMG]
    Jangan lupa upgrade pesawat agar lebih canggih

    Memasuki unsur gameplay utamanya, kamu akan diberikan pilihan pilot handal, Maverick dan Laika, yang dipandu oleh komandan anjing Centurion. Bukan hanya sekedar pilihan gender belaka, Maverick dan Laika masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Maverick memiliki pesawat dengan tingkat Health yang tinggi, sedangkan Laika memiliki Agility atau kelincahan yang lebih tinggi. Namun sebenarnya karakteristik ini hanya akan terasa di awal permainan saja.

    Seiring berjalannya permainan, kamu bisa rasakan fitur upgrade pesawat yang tentunya akan sangat mempengaruhi performamu dalam bermain. Kita dapat meng-upgrade Health dan Guns, serta memasang senjata tambahan lainnya seperti Side Guns dan Magnet. Selain itu ada beberapa senjata tambahan atau Payloads yang bisa kamu beli dan pasang juga. Upgrade ini bisa kamu beli dengan menggunakan Minerals yang kamu dapatkan dari setiap kali menjalani misi. Nah, di sinilah maksud karakteristik yang hilang karena pesawat Laika pun bisa ditingkatkan Health-nya hingga menyerupai pesawat Maverick.

    [​IMG]
    Kalau sudah selamatkan manusia, jangan lupa transfer mereka ke pesawat induk

    Sistem progres Apocalypse Meow: Save the Last Humans sebenarnya terasa cukup menyulitkan dan bisa jadi membosankan. Pasalnya, stage baru akan terbuka jika kita berhasil memenuhi sejumlah Achievement yang ditentukan. Achievement akan selalu muncul di setiap stage dan hanya bisa dipenuhi satu kali saja. Ada yang mudah dan ada yang sulit, pada dasarnya pasti sulit untuk bisa menyelesaikan keempat Achievement yang tersedia sekaligus dalam satu kali bermain. Bayangkan saja, bagaimana caranya memenuhi syarat menghancurkan 50 asteroid, 100 pesawat musuh, menyelamatkan 10 manusia dan tidak menerima damage sedikitpun sekaligus dalam satu kali bermain?

    [​IMG]

    Kesimpulannya, game bullet hell ini adalah game arcade shooter yang mengharuskan pemainnya untuk sering kembali bermain di stage yang sama dengan tujuan untuk memenuhi Achievement (untuk membuka stage baru) sehingga bisa mengumpulkan banyak Minerals untuk biaya upgrade. Mungkin kedengarannya akan terasa membosankan jika harus memainkan stage yang sama terus-menerus, namun Apocalypse Meow: Save the Last Humans memiliki kemasan audiovisual yang sangat harmonis, saya yakin siapapun pemainnya pasti akan mudah terpikat saat merasakan game ini sejak awal bermain.

    Baca juga:


    apocalypse meow, apocalypse meow: save the last humans, ios, game ios, game iphone, game ipad, game gratis, splitcell, hexsweep, star wars, star trek, bullet hell, arcade, shooter, sci-fi

Share This Page