Review Beast Bound - Jangan Lewatkan Koin Receh Sepeserpun!

Game Review - achmadfaizal - Jun 23, 2015

  1. Tổng

    8.5/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Game RPG memang identik dengan monster dan pedang tajam. Tapi bagaimana dengan game yang banyak koin recehnya? Coba kamu kumpulkan banyak harta karun dan tebas banyak monster di Beast Bound!

    [​IMG]

    Role playing games atau RPG ngga selalu harus dalam bentuk fantasi modern dan penuh dengan dewa-dewi ata teknologi tinggi layaknya Final Fantasy. Sebuah game RPG juga bisa terasa menyenangkan dengan unsur gameplay yang unik dan music yang asik seperti pada game Beast Bound . Dirilis oleh JB Gaming , game ini merupakan produk game mobile pertama dari developer yang berbasis di Amerika Serikat ini. Penampakannya secara sekilas memang terlihat seperti game yang kekanak-kanakan berkat tampilannya yang colorful. Tapi saya rasa game gratis ini perlu diulas lebih lanjut lagi agar kamu tahu isi aslinya seperti apa.

    Pertama-tama mari kita bahas gameplay-nya, saya bisa sebutkan tiga kata sebagai penilaian untuk game ini: unik, simpel, dan aneh. Keunikannya dapat jelas terasa berkat tampilan game yang isometrik , diambil dari sudut pandang kamera 30 derajat, dan berkesan agak blocky karena lahan daratannya yang dibuat per blok. Lahan kotak-kotak ini yang kemudian membuat game terasa simpel atau sederhana. Cukup dengan sentuh satu blok mana yang ingin dituju, maka karaktermu akan bergerak ke arah tersebut; ada sedikit sentuhan gaya roguelike untuk sistem penjelajahannya. Dan juga aneh, karena jarang sekali ada game dengan penampilan seperti apa yang saya deskirpsikan di atas memiliki gaya bertarung turn-based yang klasik.

    [​IMG]
    Banyak koin receh dimana-mana

    Di Beast Bound, kamu akan berperan sebagai pemburu di sebuah pulau yang kaya akan sumberdaya alam, bernama Manaden. Bersama dengan partner seekor kucing cerewet yang dapat mengapung, Cappie, kamu memiliki tugas untuk menumpas semua monster buas yang tersebar di seluruh pulau. Selagi berpetualang ke seluruh penjuru pulau, kamu akan banyak menemukan koin, banyak sekali. Jangan sampai lewatkan koin-koin recehan yang kamu temui, semua koin tersebut akan sangat berharga nantinya dalam menunjang perbekalan di dalam menyelesaikan tugasmu.

    Sebagai game RPG, tentunya ada sistem pekembangan karakter di dalamnya. Si pemburu ini akan mengalami kenaikan level berkat experience yang kamu raih dari setiap kali bertarung. Dengan naik level, karaktermu akan memiliki kekuatan serangan dan pertahanan diri yang semakin meningkat. Kamu juga bisa memakaikan senjata pada si pemburu agar efek serangannya bertambah. Namun kustomisasinya hanya sampai di sana. Kamu dapat mengubah penampilan si karakter namun hanya warna dan wujudnya yang berganti, namun tidak akan memberikan dampak bagi pertahananmu.

    [​IMG]
    Kamu harus menemukan bangunan ini untuk mendapatkan buku tiket sakti

    [​IMG]
    Sayangnya tidak bisa berkepala botak

    Kembali pada fitur gameplay-nya, sebelum mencapai tujuan yang diinginkan, kamu bisa lakukan grinding dan leveling di Beast Bound layaknya game RPG pada umumnya. Grinding dan leveling akan terasa sangat berguna saat kamu mulai memasuki map baru dan bertemu dengan jenis-jenis monster yang baru dan lebih kuat tentunya. Uniknya, jika kamu mundur memainkan map awal yang lebih mudah, justru kamu akan mendapatkan banyak item yang dijatuhkan oleh monster yang kamu kalahkan, tidak seperti saat kamu pertama kali bertemu dengannya. Selain itu, ada banyak juga peti harta karun dan boks hadiah yang tersebar secara acak dan dijaga jalannya oleh beberapa monster sebelum kamu dapat meraihnya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena kamu bisa meraih lebih banyak koin dan experience sebelum kamu sampai di depan harta karun.

    [​IMG]

    Untuk sistem pertarungannya sendiri dengan gaya turn-based, bisa dibilang tidak seperti gaya turn-based yang begitu klasik. Kamu tidak perlu menunggu ada opsi aksi yang muncul seperti attack, defense, item, dll. untuk memberikan perintah pada karaktermu. Hanya dengan sentuh pada monster yang ingin kamu serang, maka si pemburu akan memukulnya dan mengeluarkan efek suara pop-thwack yang menyenangkan untuk didengar. Saat giliranmu tiba, kamu dapat langsung menyerang atau menggunakan item yang kamu miliki dengan membuka isi tas terlebih dahulu. Dan saat giliran musuh tiba, kamu bisa menahan serangannya dengan cara sentuh pada si pemburu sesaat sebelum musuh menyerang. Bertahan sangat efektif mengurangi damage yang dihasilkan oleh musuh, dan cukup mudah juga untuk dipelajari timing-nya yang tepat berkat efek suara yang ditimbulkan musuh sebelum menyerang.

    [​IMG]
    Workshop saya masih tidak beda jauh dengan Bantar Gebang, sampah semua isinya

    Tidak hanya bertarung dan berkelana, di Beast Bound juga ada fitur Workshop yang harus kamu ketahui. Ceritanya, ada sebuah rumah kosong tak terurus yang sudah tak dipakai lagi, dan Cappie mengusulkan agar kita menggunakan rumah tersebut sebagai tempat untuk berkreasi lebih. Intinya, di dalam Workshop kita dapat membuat item-item yang bermanfaat saat berpetualang seperti potion. Dan di dalam fitur Workshop ini kamu dapat menjual item-item yang kamu miliki dan menjajakannya ke pemain lainnya secara online; kamu juga bisa berkunjung dan berbelanja di Workshop pemain lain. Atau kamu juga bisa menata ruang Workshop dengan berbagai furnitur dan objek pemanis ruangan. Hanya saja sayangnya keadaan awal Workshop sangatlah berantakan dan akan memerlukan banyak uang untuk membersihkan sampah-sampah di dalamnya.

    [​IMG]

    Beast Bound adalah satu dari sekian game RPG free-to-play yang tetap bisa kamu enjoy mainkan tanpa harus membeli mata uang atau item premium di dalamnya. Semua quest yang diberikan pada dasarnya dapat kamu selesaikan dengan mudah, hanya perlu kesabaran dan waktu lebih saja agar kamu tidak sering mati saat bertemu dan melawan monster. Secara pribadi saya juga sangat menyukai musik yang digunakan sebagai backsound game gratis ini. Ada kesan retro yang menenangkan pada musiknya. Biar kamu betah main game ini lebih lama, saya sarankan gunakan headphone saat bermain.

    Baca juga:



    beast bound, jb gaming inc., turn-based, android, ios, game android, game ios, roguelike, isometrik, game mobile, game gratis, jb gaming

Share This Page