Review Bubble Crash Saga - Serunya Segudang Konten Puzzle dalam Ukuran Minimalis

Game Review - achmadfaizal - Jul 15, 2015

  1. Tổng

    7/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Hanya berukuran sebesar 7 MB, kamu bisa ketagihan 7 hari 7 malam dengan game gratis ini. Mainkan serunya game puzzle shooter di bawa laut bersama bantuan ikan di Bubble Crash Saga! Apa kamu bisa menyelesaikan semua 200 levelnya?

    [​IMG]

    Setelah cukup sukses dengan game mobile perdananya Ayo Lari, tim pengembang Indofun Games kembali merilis sebuah game kasual yang cukup menarik. Sebuah game puzzle shooter yang diberi judul Bubble Crash Saga . Sesuai dengan namanya, kamu akan bermain dengan gelembung-gelembung dan bertujuan untuk memecahkannya secepat mungkin.

    Game puzzle shooter seperti ini tentunya sudah seringkali kita temukan di berbagai platform game, hanya judul, konten, dan fitur di dalam game-nya saja yang membedakan satu sama lain. Sedikit sejarah mengenai jenis video game ini, puzzle shooter pertama kali diperkenalkan oleh TAITO Corporation , pengembang game arcade asal Jepang, dengan game berjudul Puzzle Bobble (game arcade/ding-dong) di tahun 1994 yang kemudian dibawa ke Amerika Utara dengan judul Bust-A-Move . Selain itu untuk platform mobile ada Bubble Witch Saga yang cukup terkenal dari King yang juga telah memiliki satu sekuel.

    [​IMG]

    Sepintas mungkin terlihat sama saja dengan game puzzle shooter pada umumnya, namun Bubble Crash Saga memiliki beberapa keunikan tersendiri yang sayang jika kamu lewatkan. Pertama-tama dimulai dari jenis bubble yang akan kamu pecahkan. Kamu akan ditantang untuk memecahkan semua bubble yang tersedia di setiap levelnya dengan tujuh warna bubble utama, layaknya spektrum warna Mejikuhibiniu namun warna nila digantikan dengan warna biru muda. Seperti yang kamu ketahui, kamu harus dapat menembak peluru bubble agar terkena sasaran dan menumpuk hingga minimalnya tiga bubble dengan warna yang sama agar pecah. Dengan tujuh warna bubble yang tersedia dan warna peluru bubble yang acak, alhasil membuat game gratis ini terasa semakin menantang.

    Game puzzle pasti tidak akan jauh terlepas dari unsur power-ups, nah di dalam game mobile ini ada dua jenis power-ups uper unik yang dapat kamu temui dan gunakan, yakni Bubbles spesial dan sistem Pets. Untuk Bubbles spesial, ada 25 jenis bubble yang bisa kamu temukan secara acak di sepanjang permainan, mulai dari Bubble Bom yang akan menghancurkan bubble apapun yang diterjangnya hingga Laser Berputar yang akan mengeluarkan sinar laser 360 derajat yang dapat menghancurkan bubble apapun di sekitarnya.

    [​IMG]

    Sedangkan untuk sistem Pets, ada tujuh jenis ikan yang dapat membantu mempermudah permainanmu di Bubble Crash Saga. Berbeda jenis ikan maka berbeda pula efeknya, ada Ikan Rollback yang dapat mendorong tumpukan bubble kembali ke atas, ada Ikan Baja yang akan memberikanmu bubble baja tambahan, dan lain-lain. Pets bisa mulai kamu dapatkan secara berurutan setelah berhasil menyelesaikan level 3, 8, 10, 15, 20, 25, dan 30.

    Dengan tema secara keseluruhan dan latar tempat di bawah laut, tentunya sangat menyenangkan jika kamu telah berhasil mendapatkan bantuan para Pets ikan. Pets jenis Ikan Target nantinya pasti akan menjadi sahabat setiamu. Mengapa? Karena saya yakin kamu pasti akan merasakan kesulitan sebelum mendapatkan Ikan Target karena mortar penembak bubble tidak menyediakan target penanda ke arah mana bubble-mu akan ditembak. Sangat menyulitkan, apalagi setelah menghadapi boss ubur-ubur pertama di level 3 yang akan mengganggumu dengan melempar bubble tambahan ke tumpukan bubble di atas dengan warna yang acak.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Terlepas dari sulitnya Bubble Crash Saga di awal permainan, saya rasa kedepannya kamu akan langsung terpikat dan ketagihan menyelesaikan 200 level yang tersedia di dalam game gratis ini. Satu hal yang membuat saya salut dengan karya Indofun Games ini adalah bahwa seluruh kemasan game yang kaya dengan konten, fitur, dan grafis halus penuh warna ini hanya berukuran total 7 MB-an saja! Luar biasa! Jarang sekali ada game mobile yang sangat menghibur dengan ukuran game seminim ini.

    Dibalik ukuran game yang kecil, ada satu hal yang sebenarnya menurut saya agak mengganggu, yakni latar musik yang digunakan sangatlah repetitif. Mulai dari menu awal, pemilihan level, dan saat bermain, semuanya menggunakan latar musik yang sama dan berulang-ulang. Bahkan terkadang efek suara seperti tembakan dan pecahnya bubble tidak jelas terdengar akibat musiknya. Untungnya ada opsi di mana kita bisa mematikan musik namun tetap menyalakan efek suaranya.

    [​IMG]

    Bubble Crash Saga juga merupakan salahsatu dari sekian game freemium yang cukup ramah lingkungan. Maksudnya adalah hanya ada satu jenis mata uang yang berlaku di dalam game, yakni Emas. Emas ini nantinya akan bermanfaat untuk membeli power-ups bubble api (mirip seperti bubble bom) dan wave (untuk mendorong tumpukan bubble kembali ke atas). Harganya juga relatif sangat terjangkau, 400 Emas hanya dibanderol seharga Rp 8.800. Biar lebih praktis, kamu bisa gunakan metode pembayaran potongan pulsa apabila kamu menggunakan provider Telkomsel, Indosat, dan XL.

    [​IMG]

    Kesimpulannya, Bubble Crash Saga adalah game mobile yang klasik, ringan, dan cukup menantang namun tetap mengasyikkan. Game gratis ini saya rekomendasikan buat kamu yang sedang butuh hiburan bila sedang bosan dalam perjalanan mudik menuju kampung halamanmu tercinta. Walaupun kamu sedang kesulitan mendapatkan sinyal, tidak masalah, kamu juga bisa memainkan game ini secara offline. Jika bosan, coba saja icipi Ayo Lari yang tidak kalah serunya.

    Baca juga:



    indofun games, indonesia, ayo lari, puzzle, shooter, puzzle shooter, taito, bust-a-move, bust-a-move islands, bubble witch saga, king, android, game android, game mobile, game gratis, puzzle bobble, game offline, game kecil, game ringan, taito corporation, karya anak bangsa, bubble crash saga

Share This Page