Review Chain Dungeons - Perkenalan Quest Drop dengan Puzzle RPG yang Penuh Warna

Game Review - achmadfaizal - Sep 2, 2015

  1. Tổng

    7.3/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Game puzzle memang banyak yang suka, kalau puzzle RPG? Pasti kamu akan suka dengan game gratis colorful yang satu ini, Chain Dungeons. Dengan segudang fitur seru di dalamnya, kamu bisa nikmati game ini dalam Bahasa Indonesia!

    [​IMG]

    Jangan mengeluh dulu kalau kamu masih sering menemukan game puzzle dengan berbagai macam modifikasinya di perangkat mobile. Memang sudah terbukti game puzzle memiliki daya tarik yang sangat tinggi baik di Google Play maupun App Store. Lagipula game mobile bergenre puzzle memang merupakan game yang mudah dimonetisasikan, harap maklum karena penerbit dan pengembang game juga membutuhkan pemasukan dari game gratis yang mereka tawarkan. Sudah gratis, game-nya dilokalisasikan juga dengan fitur pilihan Bahasa Indonesia, kurang apa lagi coba?

    Kalimat akhir di paragraf awal tadi kurang-lebih merupakan strategi yang digunakan oleh Quest Drop dalam memasarkan produk game mobile-nya. Baru saja terbentuk di tahun 2014 kemarin, penerbit game ini berfokus dalam memberikan layanan terbaik di kawasan Asia Tenggara sekaligus membuka kesempatan bagi para pengembang game untuk memperluas pemasaran produk game-nya di kawasan yang sedang berkembang pesat ini. Sebagai langkah awal, Quest Drop telah merilis sebuah game puzzle RPG berjudul Chain Dungeons yang akan saya ulas pada kesempatan ini.

    [​IMG]

    Mendengar nama Chain Dungeons rasanya memang tidak begitu asing di mata dan telinga. Wajar saja, sebelum game ini hadir sudah ada beberapa game puzzle RPG serupa dengan nama yang juga hampir serupa seperti Dungeon Link dari Gamevil dan Chain Chronicles dari gumi . Kedua judul game tersebut sudah terbukti laris di pasaran dan banyak mendapatkan tanggapan positif, maka tidak heran jika Quest Drop memulai peluang bisnisnya dengan formula produk yang serupa.

    Chain Dungeons (CD) bisa saya katakan memiliki konsep gameplay yang hampir mirip dengan Dungeon Link (DL). Utamanya, kamu harus bisa membuat garis yang mengubungkan antara karakter dengan monster dalam sebuah papan puzzle tentunya untuk mengalahkan monster tersebut. Bedanya, jika di DL kamu cukup membuat garis dari satu titik ke titik penutup dengan warna yang sama, di CD kamu boleh bergerak sebebas mungkin asalkan dapat membuat garis minimalnya 3 kotak dengan warna yang sama ( match 3 puzzle seperti game LINE Pokopang ).

    [​IMG]

    Semakin panjang garis yang bisa kamu ciptakan, maka semakin besar juga damage yang bisa kamu hasilkan berkat chain combo. Namun jika di sepanjang garis tersebut kamu tidak menemui monster sama sekali, maka garis tersebut tidak akan berguna. Ada pula sistem chain skill di mana jika kamu mencapai chain combo dalam jumlah tertentu, maka aka nada skill yang muncul secara otomatis. Uniknya, chain skill bisa datang dari karaktermu sendiri atau dari party monster yang kamu bawa.

    Party monster bisa menjadi keunikan dan kelebihan tersendiri yang ditawarkan Chain Dungeons dan tidak dimiliki DL dan Chain Chronicles (CC). Setiap kali berhasil menyelesaikan sebuah dungeon, maka kamu akan berkesempatan untuk mendapatkan coins, item, dan monster yang kamu tangkap di dungeon tersebut. Satu hal yang paling saya sukai dari sistem party monster ini adalah di mana kamu tidak akan maju menyerang musuh secara massal dengan 4 monster yang kamu bawa. Para monster baru akan membantumu menyerang jika kamu menciptakan garis pada warna kotak yang sama dengan elemen monster yang ada di dalam party.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Ya, ada sistem elemen ‘lebih kuat-lebih lemah’di Chain Dungeons, sebuah aturan klasik di dalam game RPG dan jujur saja saya sangat menyukainya. Ada empat elemen yang tersedia dengan aturan: Fire (merah) > Earth (hijau) > Lightning (kuning) > Water (biru) > Fire. Jika kamu dapat mengingat dan menerapkan aturan elemen ini, tentunya kamu bisa dapatkan permainan yang jauh lebih efektif. Lagipula ilustrasi monster di dalam game juga sangat mendukung dengan warna dominan monster yang menunjukkan jenis elemennya. Jadi, efek chain skill dari monster juga baru akan muncul jika combo chain kamu ciptakan pada warna kotak elemen monster tersebut.

    Selain chain skill ada pula Skill biasa yang dapat diaktifkan jika Skill bar masing-masing karakter atau monster telah terisi penuh. Biasanya Skill bisa kamu aktifkan saat berhadapan dengan Boss Battle di Room terakhir sebuah dungeon. Mirip seperti DL, di dalam satu dungeon terdapat sekitar 3 sampai 5 Room yang harus kamu lewati. Sistem game dungeon crawling seperti ini jelas sekali dibuat dengan tujuan agar kamu memainkan kembali dungeon yang sudah kamu lewati untuk leveling dan looting item-item yang kamu butuhkan.

    [​IMG]

    Fitur perkembangan karakter di Chain Dungeons cukup banyak sehingga layak sekali dikatakan sebagai game RPG. Level karakter akan meningkat secara otomatis seiring seringnya kamu bermain, sedangkan level monster harus ditingkatkan secara manual melalui fitur Strengthen dengan cara mengorbankan beberapa monster sebagai materialnya. Selain itu karakter utama juga bisa mengenakan senjata, headgear, dan armor untuk mendukung kekuatan serangan dan pertahanan secara keseluruhan. Di menu Armory kamu dapat craft atau membuat senjata, headgear, atau armor yang kamu inginkan dengan item material persyaratannya masing-masing.

    Untuk kualitas grafis dan suara saya rasa game gratis ini memiliki kualitas 2 dimensi yang standar saja. Cukup menghibur karena jelas sekali di setiap laman game yang kamu akses kamu bisa menikmati grafis yang colorful, animasi saat bertarung juga cukup baik. Dan seperti biasanya, game puzzle RPG biasanya memiliki gaya gambar chibi dan hal ini akan kembali ke selera masing-masing apakah kamu menyukai ilustrasi karakter dan monster yang cebol-cebol atau tidak.

    [​IMG]

    Secara keseluruhan saya dapat simpulkan Chain Dungeons sebagai perkenalan yang baik dari Quest Drop. Game puzzle RPG seperti akan mudah menarik minat dan disukai berbagai usia kalangan gamer walaupun biasanya akan terbatas minatnya pada gamer laki-laki saja (tapi tidak menutup kemungkinan jika ada gamer perempuan yang suka bermain game RPG). Monetisasi di dalam game gratis ini juga tidak terlalu matre, kamu bisa nikmati game sejauh dan selama yang kamu mau tanpa harus sering melakukan pembelian di dalam game (IAP).

    Link laman fanpage Facebook Chain Dungeons: facebook.com/ChainDungeons

    Baca juga:


    dungeon link, puzzle rpg, puzzle, rpg, line, garis, line pokopang, chain chronicles, gamevil, gumi, quest drop, chain dungeons, android, ios, match 3 puzzle, game android, game ios, game mobile, game gratis

Share This Page