Review Deeply Absurd Chain - Siklus Hidup Si Cicak yang Unik dan Absurd

Game Review - achmadfaizal - Mar 4, 2015

  1. Tổng

    7.2/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Jarang sekali kita bisa temukan game match 3 puzzle yang unik sekaligus edukatif. Ingin tahu siklus kehidupan seekor cicak yang absurd? Simak ulasan Deeply Absurd Chain selengkapnya di sini!

    [​IMG]
    Setelah mati menjadi tulang-belulang, cicak ini bakal menjadi apa ya?

    Makhluk hidup yang pernah menghidupi planet bumi ini pastinya suatu saat nanti akan mati, namun jasadnya tidak akan pernah berhenti mengalami siklus kehidupan yang baru. Contoh nyata yang bisa kita rasakan sampai detik ini adalah bahan bakar, minyak, bensin, solar, dan berbagai jenis bahan bakar lainnya baik bagi kebutuhan rumah tangga maupun untuk kendaraan bermotor semuanya merupakan hasil wujud nyata dari siklus hidup makhluk-makhluk yang sudah lebih dari ribuan tahun umurnya. Saya sangat berterimakasih kepada game Deeply Absurd Chain untuk pesan ilmu pengetahuan alam yang dahulu pernah saya pelajari ketika masih berada di bangku sekolah dasar.

    Atau mungkin lebih tepatnya berterimakasihlah pada developer Lumarama yang telah membuat game gratis ini. Sejak tahun 2010, developer game kecil ini telah senantiasa berkarya untuk membuat game-game casual di platform flash hingga akhirnya mereka juga turut terlibat pada industri perkembangan game mobile , Android dan iOS . Game mobile lainnya yang boleh kamu icipi adalah Damn Little Town yang sempat mendapat predikat game mobile terbaik di bulan Juni 2014 oleh CNET.com.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Satu hal yang sontak membuat saya terpikat dengan game ini adalah tanda tanya yang ditampilkan pada gambaran siklus hidup sesosok hewan yang (mungkin) terlihat seperti cicak. Di tampilan awal game sebelum mulai bermain kamu akan melihat 5 objek awal yang nantinya akan menjadi objek-objek puzzle di dalam game. Intinya, kamu akan memainkan game match 3 puzzle yang berarti kamu harus memasangkan minimal 3 jenis objek puzzle yang sama untuk bisa menciptakan skor. Namun berbeda dengan game match 3 puzzle pada umumnya, objek puzzle yang kamu buat tidak akan menghilang, meledak ataupun mengeluarkan animasi super dahsyat berwarna-warni, melainkan mereka akan membentuk objek lainnya yang merupakan penggambaran perkembangan siklus hidup sang cicak.

    Berbeda juga dari game Candy Crush Saga atau game puzzle lain sejenisnya, bukan denganl swipe memindahkan objek puzzle yang sama agar bersebelahan yang digunakan untuk memasangkan objek puzzle, melainkan dengan cara menarik garis dari satu objek ke objek lainnya sepanjang mungkin agar bisa menciptakan skor yang tinggi di Deeply Absurd Chain. Dan mengenai objek puzzle yang berubah bentuk setelah dipasangkan, saya merasakan sistem mekanisme gameplay seperti game puzzle angka 2048 di dalam game ini, yang berarti objek-objek puzzle-nya akan terus terakumulasi tanpa henti alias endless .

    Well, kalau di 2048 batasan objek puzzle-nya adalah ketika si kotak-kotak angkanya mencapai angka 2048, lalu bagaimana dengan game ini? Nah, di sinilah letak keunikan game puzzle yang menurut saya super absurd! Dari bentuk seperti bongkahan batu > lalu akan berubah menjadi semacam telur > lalu menjadi embrio > anak cicak > cicak dewasa > rangka tulang-belulang cicak > telur lain > ...?

    [​IMG]

    Untuk bisa mengetahui perubahan dari siklus hidup si cicak ini, kamu harus temukan sendiri jawabannya! Unik sekaligus absurd banget, kan?

    Apabila kamu stuck tidak bisa memasangkan objek-objek puzzle lagi, kamu akan diberikan satu kesempatan gratis berupa undo atau mengulang langkah sebelumnya. Oh ya, setiap kali kamu bermain, kamu akan mendapatkan skor berupa points (pts) yang nantinya bisa kamu tukarkan untuk membeli upgrade berupa power-ups lainnya yang tersedia, yaitu magnet dan organizer. Untungnya, setiap pts yang kamu kumpulkan di setiap kali permainan akan terakumulasi, jadi semakin sering kamu bermain maka kamu akan semakin cepat kaya.

    [​IMG]

    Overall, saya sangat menikmati game unik dari Lumarama ini karena sangat puas sekali rasanya jika sudah memasangkan lebih dari 10 objek puzzle sekaligus dalam satu waktu sehingga menghasilkan banyak pts. Apalagi rasa penasaran untuk mengetahui siklus hidup selanjutnya yang masih belum terbongkar membuat saya tidak bisa berhenti memainkan Deeply Absurd Chain. Namun sayangnya ada satu kekurangan dari segi animasi dan efek suara yang kurang mencolok, ditambah lagi tidak adanya backsound musik yang membuat game ini terkadang terasa sangat sepi.

    Tidak ada salahnya jika kamu mau mencoba dan menyimpan game ini di perangkat Android dan iOS kamu. Selain gratis dan berukuran relatif kecil, game ini juga bisa kamu mainkan tanpa akses internet alias offline. Tetap stay tune di Playtoko untuk artikel tips dan trik game ini ya!

    Baca juga:
    Download Deeply Absurd Chain
    [​IMG]


    match 3 puzzle, puzzle, lumarama, deeply absurd chain, 2048, endless, endless puzzle, game match 3 puzzle, game puzzle, game casual, game kecil, game offline, android, ios, game android, game ios, game gratis, game mobile, game iphone, game ipad, candy crush saga

Share This Page