Review Doraemon Gadget Rush - Ayo Ubek-Ubek Isi Kantong Ajaib Doraemon!

Game Review - achmadfaizal - Feb 16, 2015

  1. Tổng

    7.8/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Satu lagi game gratis terbaru dari Animoca yang wajib kamu coba: Doraemon Gadget Rush! Kali ini kamu memiliki misi untuk menemukan perkakas-perkakas canggih Doraemon yang hilang. Ingin tahu seperti apa serunya? Simak ulasannya berikut ini.

    [​IMG]
    "Hap hap hap, aku sayang sekali... Doraemon ..."

    Saya yakin mayoritas masyarakat di Indonesia pasti mengenal robot kucing biru asal Jepang, Doraemon. Manga hasil karya Fujiko F. Fujio ini bisa dikatakan sebagai karya seni yang abadi sepanjang masa. Bagaimana tidak, animenya saja masih berlanjut walau sudah lebih dari 3 dekade umurnya dan persebaran franchise-nya merata ke seluruh penjuru dunia. Sekarang kita bisa menjumpai berbagai hal yang berhubungan ataupun bergambarkan karakter-karakter kartun Doraemon.

    Sama halnya juga dengan Animoca , developer game asal Hong Kong ini juga ikut meramaikan franchise si robot kucing dari abad ke-21 dengan merilis game terbarunya yang berjudul Doraemon Gadget Rush . Sebelumnya mungkin kamu juga sudah pernah tahu dan mainkan game Doraemon Repair Shop dan Doraemon Repair Shop Season dari developer yang sama. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas serunya game Gadget Rush!

    [​IMG]

    Berbeda dengan 2 game sebelumnya, pada game baru ini walau kamu masih disuguhkan dengan kemasan game puzzle , namun kali ini kamu akan menghadapi gameplay match 3 puzzle yang sudah tidak asing lagi untuk kalangan game mobile . Bukan match 3 seperti Candy Crush Saga , namun lebih seperti game LINE Pokopang . Jadi inti utama game ini adalah untuk menciptakan skor setinggi-tingginya dengan cara slide pada minimal 3 ikon puzzle yang sama. Semakin panjang slide yang bisa kamu cetak, maka semakin besar skor yang bisa kamu raih. Dan sesuai dengan namanya, Rush, semakin cepat kamu membuat slide maka pertumbuhan skor juga semakin besar dengan bonus combo.

    Di dalam game diceritakan bahwa Doraemon kehilangan perkakas-perkakas super canggihnya yang disimpan di dalam kantong ajaibnya tersebut, dan kamu ditantang untuk bisa mendapatkan kembali semua perkakas Doraemon yang tersebar di seluruh penjuru kota. Masih dengan alasan judul Rush pada game, kamu tidak memiliki waktu yang banyak, kamu harus bisa menciptakan slide puzzle secepat mungkin hingga waktu hitung mundurnya habis.

    Hal utama yang membuat game ini unik dan membuat berbeda dengan game match 3 puzzle lain sejenisnya, kamu tidak akan bermain dari level ke level, melainkan kamu akan bermain secara endless alias tiada hentinya hingga kamu bisa selalu menciptakan skor yang lebih tinggi dari waktu ke waktu. Contohnya seperti ini: untuk mendapatkan perkakas masa depan yang pertama kamu harus berhasil mencetak skor minimal 10.000, untuk yang ke-2 semakin tinggi dengan skor minimal 20.000, dan seterusnya. Totalnya ada 42 perkakas super canggih dari abad ke-21 yang harus kamu temukan.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Ada sedikit unsur RPG yang membuat game ini terasa lebih menyenangkan. Saat memulai permainan, di bagian atas layar kamu akan melihat Doraemon atau karakter lainnya yang berhadapan dengan robot musuh di sebelah kanan dengan bar nyawa di bawahnya. Jadi setiap kali kamu menciptakan slide puzzle, si Doraemon akan menyerang robot musuh dan mendapatkan skor. Apabila kamu bisa mencetak minimal 7 slide puzzle berturut-turut, kamu bisa dapatkan bonus skor yang lebih besar dengan pertanda Fever dan seketika suasana layar jadi lebih terang dan musiknya semakin membuatmu geregetan.

    Selain Fever, di Doraemon Gadget Rush kamu juga bisa mempersiapkan petarung kamu sebelum memulai permainan (masih dengan sentuhan unsur RPG), terdapat sejumlah karakter yang bisa kamu dapatkan seperti Nobita, Shizuka, Giant, Suneo yang berbintang 5 hingga karakter-karakter yang tidak terlalu dikenal seperti Haruo yang hanya berbinta 1. Dan di setiap akhir permainan kamu akan diberikan kesempatan Lucky Draw yang berisikan sejumlah Dorayaki dan perkakas canggih Doraemon yang sudah kamu buka. Namun sedikit menyebalkan karena awalnya saya kira jika saya sudah berhasil mencapai skor tertentu untuk membuka perkakas baru saya akan langsung mendapatkannya, nyatanya tidak. Kamu harus menguji keberuntunganmu dahulu untuk dapatkan perkakas baru sebagai senjata baru yang bisa menghasilkan damage dan skor yang lebih tinggi.

    [​IMG]

    Satu hal lagi yang lumayan mengganggu, yaitu adalah perlunya penggunaan power-ups di awal sebelum mulai bermain dengan membayarkan sejumlah Dorayaki atau lonceng kuning Doraemon (sebagai sistem mata uang di dalam game F2P yang berisikan tawaran IAP ini). Untuk menghindari mikrotransaksi dengan membeli Dorayaki dan lonceng lebih, mau tidak mau kamu harus rajin bermain agar bisa mengumpulkan banyak Dorayaki dari hasil Lucky Draw dan menggunakannya untuk membeli power-ups nanti.

    Terlepas dari hal-hal yang tidak mengenakkan di dalam game, saya tetap cukup terhibur dengan game Doraemon Gadget Rush ini. Selain gratis, kamu juga bisa memainkan game ini secara offline atau tanpa akses internet (sebaiknya online dan hubungkan dengan akun Google dan Facebook agar progress permainan kamu bisa dilanjutkan di perangkat smartphone yang berbeda). Dan saya rasa animasi dan efek suara di dalam game ini jauh lebih menyenangkan daripada LINE Pokopang dan game-game puzzle lainnya dari King , mungkin karena franchise Doraemon yang cukup jarang ditemukan dalam game mobile lain.

    [​IMG]

    Kalau kamu suka, klik link di bawah untuk download di gadget Android atau iOS kamu. Dan coba berikan kesan-kesanmu juga mengenai game ini dengan isi komentar ya. Apa kamu bisa mendapatkan 42 perkakas Doraemon yang hilang lebih cepat dari saya?

    Baca juga:

    Download Doraemon Gadget Rush
    [​IMG]


    doraemon, doraemon gadget rush, animoca, doraemon repair shop, android, ios, game android, game ios, game iphone, game ipad, game gratis, game mobile, game baru, puzzle, game puzzle, match 3 puzzle, game mobile gratis, game android gratis, free game, download game android gratis, tip main game, king, line pokopang, candy crush saga, endless

Share This Page