Review Evolution Planet - Teori Evolusi yang Aneh Tapi Sangat Menghibur

Game Review - achmadfaizal - Sep 23, 2015

  1. Tổng

    8.3/10

    Graphic
    Sound
    Game Play

    Playtoko.com - Apa kamu percaya dengan teori evolusi yang dituturkan oleh Charles Darwin? Suka atau tidak, Evolution Planet mengadaptasi teori evolusi tersebut dan mengemasnya dalam game match 3 puzzle yang sangat menghibur. Siapa tahu katak benar-benar dapat berevolusi menjadi dinosaurus.

    [​IMG]

    Lagi-lagi game kasual . Lagi-lagi game puzzle . Lagi-lagi game match 3 puzzle . Yam au bagaimana lagi, jenis game ini memang masih terbukti yang paling banyak diminati dan dimainkan bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Lagipula jika kita melihat kodratnya sebuah game mobile memang pada dasarnya adalah sebuah video game yang portable dan berfungsi sebagai fitur hiburan tambahan di sebuah perangkat telepon genggam pintar alias smartphone.

    Game match 3 puzzle yang akan saya perkenalkan dan ulas kali ini berjudul Evolution Planet , yakni sebuah game mobile yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Play Wireless yang bermarkas di Madrid, Spanyol . Game mobile ini juga merupakan produk pertama mereka dengan produk lainnya yang akan menyusul berjudul Sleep Tight yang pendanaannya didukung oleh Kementerian Industri, Energi, dan Pariwisata dalam proyek pemerintahan Spanyol. Cukup menarik jika melihat pemerintah Spanyol yang ternyata juga mendukung industri game mobile di dalam proyek pemerintahannya.

    [​IMG]

    Berbeda dengan sejumlah game match 3 puzzle yang sudah ada, Evolution Planet berhasil menarik perhatian saya seketika setelah saya menyaksikan video gameplay trailernya. Secara penampilan awalnya mungkin memang terlihat biasa saja: sebuah game mobile dalam tampilan portrait, kotak-kotak puzzle, dan grafis penuh warna. Kamu tidak akan diminta menggeser permen-permen untuk menghancurkan es batu atau semacamnya, melainkan menempatkan para amoeba biru yang lucu di tempat yang terbaik agar ia berevolusi menjadi makhluk yang lain.

    Entah benar atau tidak, percaya atau tidak, setiap makhluk hidup mengalami proses evolusi. Kurang-lebih seperti apa yang digambarkan oleh Charles Darwin, dan hal tersebut diadaptasi di dalam game ini. Setiap 3 ekor amoeba biru yang sejajar atau berdekatan akan bergabung menjadi satu dan berevolusi menjadi jellyfish atau ubur-ubur (?), kemudian 3 jellyfish menjadi frog atau katak (?), dan 3 frog menjadi dinosaur (?). Mungkin game ini cocok dikatakan memiliki tema science-fiction, cukup dinikmati tak perlu ditanyakan.

    [​IMG]

    Sebenarnya cara dan aturan bermainnya sederhana saja, kamu cukup menempatkan sebuah makhluk (bisa jadi masih amoeba atau mungkin sudah dalam bentuk evolusi jellyfish) di kotak yang kosong. 3 ekor amoeba akan membentuk jellyfish, dengan catatan jellyfish akan muncul di kotak terakhir kamu menempatkan amoeba yang ketiga. Strategi menempatkan makhluk ketiga atau terakhir inilah yang menjadi tantangan tersendiri di dalam Evolution Planet.

    Dengan sistem permainan match 3 puzzle yang unik, Evolution Planet memiliki banyak level dengan beragam jenis tantangan yang berbeda di tiap levelnya. Ada level yang akan memintamu menciptakan sejumlah frog atau dinosaur saja, atau memintamu untuk membasmi makhluk parasit, atau membebaskan makhluk yang dikurung. Terkadang akan menjadi dilemma saat kamu harus memilih lebih baik segera menciptakan frog atau membasmi amoeba parasite terlebih dahulu, melihat makhluk yang tersisa tinggal sedikit.

    [​IMG]

    Untungnya sejauh yang saya mainkan, game puzzle ini tidak membatasi tantangan berdasarkan batasan waktu, melainkan pada batasan giliran jalan dengan sejumlah jenis makhluk hidup yang tersedia untuk ditempatkan di papan puzzle. Kamu juga tidak selalu harus menggunakan giliran jalan tersebut, ada juga level dimana kamu harus menggeser letak amoeba pembawa kunci untuk menyelamatkan teman dinosaur nya yang terkurung. Tapi, memindahkan makhluk akan membutuhkan sejumlah Gem sebagai syaratnya.

    [​IMG]

    Gems di Evolution Planet merupakan mata uang utama di dalam game free-to-play ini. Tanpa kamu sadari, kamu akan sering membutuhkan Gems untuk menggeser posisi para makhluk ketimbang menggunakan giliran yang terbatas. Semakin tinggi jenis evolusinya, maka semakin besar biaya Gems yang dibutuhkan. Sekali lagi untungnya game ini menyediakan level bonus Gems yang sangat berharga dan harus kamu manfaatkan sebaik mungkin. Dari level bonus Gems, kamu bisa dapatkan tambahan Gems sedikitnya +50 jika kamu gunakan kesempatan tersebut dengan baik.

    [​IMG]

    Selain untuk menggeser, Gems juga berguna untuk mengaktifkan power-ups di dalam game, contohnya seperti Undo. Perintah Undo ini sama seperti kamu sedang mengetik di Ms. Word, kamu dapat mengulang langkah yang sebelumnya kamu lakukan sebagai koreksi. Dengan Gems, Evolution Planet semakin memiliki banyak pilihan cara bermain, bermain dengan atau tanpa Gems. Strategi ini yang sebaiknya kamu kuasai dengan baik untuk nantinya menghadai Boss Level di penghujung pulau sebelum menyebrang ke pulau selanjutnya.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Secara keseluruhan, Evolution Planet dapat saya simpulkan sebagai game kasual yang sangat menghibur, meskipun teori evolusinya perlu dipertanyakan dan tidak sepantasnya diajarkan pada anak-anak. Alasan yang mendukung bahwa game ini menghibur adalah animasi game yang sangat fluid dan apik sehingga terlihat seperti buatan developer game kasual ternama seperti King , Rovio , dan Zynga . Selain itu jika kamu perhatikan scoreboard di setiap level, ada nama-nama ilmuwan dunia yang berkecimpung di teori evolusi dan sejenisnya seperti Charles Darwin, Rosalind Franklin, dan Jane Goodall. Nampaknya mereka tidak mau kalah skor denganmu dalam urusan game ‘evolusi’.
    asd

    Baca juga:


    evolution planet, match 3 puzzle, puzzle, kasual, casual, play wireless, spanyol, android, ios, game android, game ios, game mobile, game gratis, king, zynga, rovio

Share This Page